Indo Blog Net

Kuliner

Pisang Goreng Manado, Kuliner Manado yang Bikin Nagih

pisang goreng manado

Makan pisang goreng dengan sambal? Memang rada aneh terdengar bagi orang Jakarta.  Tetapi bagi orang Manado, mencocol pisang goreng dengan sambal sudah menjadi sensasi tersendiri yang tidak kalah nikmatnya dengan pisang goreng lainnya.

Bagi penyuka pedas, sepertinya menantang banget menikmati sensasi pisang goreng dengan sambal.  Apa sih keistimewaan pisang goreng Manado ?

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang identik dengan pisang goreng kebanyakan. Cara pembuatannya pun sama. Pisang yang dipilih adalah pisang kepok yang terkenal manis, berdaging tebal, terasa kenyal dan kesat.

pisang goreng manado

Nikmatnya pisang kepok ini memang tidak dimakan secara langsung, tetapi harus diolah dulu. Masyarakat kita umumnya mengolah pisang kepok selain untuk pisang goreng, juga untuk kolak, kue bolu dan  keripik pisang. Nah dari pisangnya aja sudah enak ya :).

Baca juga: Gurihnya Bubur Manado yang Kaya Gizi

Tinggal adonannya nih. Biar gurihnya mantap, pisang kapok yang sudah diiris tipis pipih dan melebar seperti kartu remi  ini dimasukkan ke dalam adonan yang terdiri dari tepung  terigu, sedikit  tepung tapioka, baking powder, gula pasir, garam, vanili.

Agar ketika dimakan terasa kriuk-kriuk, biasanya adonan pisangnya dicampur sedikit es batu atau air dingin. Kemudian goreng deh dengan api sedang dalam minyak yang penuh biar matangnya sempurna.

Lantas sambalnya? Ini adalah bagian terspesial. Karena, sambalnya bukan sambal biasa. Tetapi,  sambalnya khas Manado yang terbuat dari perpaduan  ikan roa dan bumbu sambal.

Baca juga: 10 Camilan Indonesia yang Ternyata adalah Jejak Kuliner Belanda

Ikan Roa merupakan sejenis ikan terbang ini  yang  telah diasap hingga kering. Kandungan gizinya banyak banget, diantaranya mengandung omega 3, menurunkan kolesterol, menstabilkan kadar gula darah, dan anti kanker juga.

Ikan Roa ini  disuir, dan diuleg, kemudian disangrai tanpa minyak goreng hingga beraroma. Setelah  itu, dipadukan dengan bumbu sambal diantaranya cabai rawit merah, tomat, bawang merah, bawang putih, gula, garam dan minyak sayur.

Bahan-bahan sambal ini diuleg halus dan ditumis dulu sampai matang, baru setelah itu  ikan roa yang sudah disangrai tersebut dimasukkan.  Oseng-oseng keduanya sampai kelihatan kecoklatan dan agak mengering. Siap deh disajikan.

Baca juga: Hai Millenial, 5 Tempat Wisata Ngehits di Manado Ini Bikin Kamu Malas Pulang

Biasanya masyarakat Manado menikmati pisang goreng dengan segelas kopi hitam atau Saraba (susu jahe).  Kebayang kan rasanya, nano nano. Ada manis legis pisang, gurihnya ikan Roa, dan asam pedasnya sambal.

Pisang goreng Manado banyak dijumpai hampir di setiap tempat di kota Manado dan sekitarnya. Tempat-tempat favorit menikmati kuliner Manado diantaranya ada  di sepanjang jalan Tituwengan Sel, Jalan Sam Ratulangi, Jalan Wolter Mongisidi, Jalan Ahmad Yani, Jalan Sudirman dan sebagainya. Kawasan kuliner tersebut biasanya ramai pada jam-jam makan siang atau malam hari.

Orang bersuku Minahasa senang dengan cita rasa pedas. Bukan hanya soal selera, tetapi pedas bagi orang Manado rupanya mengandung makna filosofis yang indah, yaitu bagaimana hidup harus bisa bertoleransi terutama pada hal-hal yang menyakitkan. Pedas mengandung makna simbolis, suasana yang tidak nyaman tetapi harus dijalani dan dinikmati.

Makanya tidak heran, saking gemarnya pedas, cocolan sambel saja belum cukup loh, mereka masih mencampur lagi dengan cabai utuh atau iris. Kecuali dessert, sangat jarang kamu temui hidangan Manado yang tidak bercabe. Wahhh kalau begini, siap-siap badan melar ya. Karena biasanya, makan pedas, bikin porsi makan bertambah.

Sumber gambar : Sherly Tatoda, Quora
kartina Ika Sari
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top