Kesehatan

Phobia! Penyakit yang Mengganggu Kehidupan

Kemaren, teman gue curhat kalo dia  sangat Phobia dengan ruangan sempit atau tertutup, atau istilahnya Claustrophobia. Dia cerita, suatu hari, dia datang ke kos-an temannya di dekat kampus. Ini kali pertama dia datang ke kosan temannya itu. Sebelum tiba ke kosan temannya, teman gue ini harus melewati jalan sempit seperti lorong dan gang. Melihat dia harus melintasi lorong dan gang itu, dia langsung cepat-cepat melintasi lorong itu sambil memejamkan mata. Jantungnya berdetak sangat kencang kala itu. Lolos melewati lorong, dia juga harus menarik nafas dalam-dalam sebelum melewati gang sempit. Tak henti-hentinya dia berdoa agar bisa melewati gang kecil itu. Detak jantungnyaberdetak lebih kencang dan nafasnya sesak.

Gang dan lorong yang dia lewati seolah-olah sangat sempit dan hendak menghimpitnya. Padahal kita tahu, yang namanya gang atau lorong ukurannya tentu tidak sempat-sempit banget. Ya, minimal berukuran satu hingga 1.5 meter. Bagi dia itu sangat sempit dan membuat nafasnya nyesak.

Kemudian, cerita mengalir lagi, dia pernah juga sesak nafas ketika berada di dalam kamar mandi. Waktu itu dia belom sadar kalau dia berada di ruang sempit itu. Eh, saat sadar, dia langsung panik dan mencoba membuka pintu kamar mandi dengan paksa. Sangkin paniknya, engkol kunci jadi rusak karena digoyang-goyang dan ditarik-tarik dengan paksa. Ditambah lagi saat itu pintu kamar mandinya rada-rada ngadat. Jadi deh dia dihinggapi rasa panik  yang luar bias. Sangkit paniknya dia menjerit minta tolongampe menjerit gitu deh…Kayak orang hendak diperkosa gitu deh.

Nasib teman gue ini sama seperti Woody Allen, aktor dan sutradara Hollywood yang juga ngisi suara di film animasi “Antz”, rela nyetir mobil bermil-mil lebih jauh untuk nyari jalan alternatif supaya nggak lewat terowongan. Masalahnya dia seorang Claustrophobic alias takut ruang sempit atau ruang tertutup.

Hmmm…

Kalo bicara soal Phobia, sepertinya banyak ragamnya ya. Setiap orang pasti punya rasa ketakutan atau phobia terjhadap sesuatu benda atau apa pun itu. Seperti gue, gue sangat takut sama ketinggian dan berada di tengah-tengah laut. Kalo sedang berada di ketinggian rasanya jantung berdetak lebih kencang. Anehnya lagi, seperti ada dorongan untuk melompat ke bawah. Itu sebabnya gue tidak suka berada di ketinggian.  Begitu juga kalau sedang berada di tengah laut. BAyangan gue pasti gue akan hanyut dan dibawa arus hingga ke dasar laut. Iamjinasinya langsung yang serem-serem.

APA SIH PHOBIA ITU ?

Secara umum, Phobia adalah rasa ketakutan kuat (berlebihan) terhadap suatu benda, situasi, atau kejadian, yang ditandai dengan keinginan untuk ngejauhin sesuatu yang ditakuti itu. Kalo sudah parah, penderitanya bisa terserang panik saat ngeliat hal yang dia takutin. Sesak nafas, deg-degan, keringat dingin, gemetaran, bahkan sampe nggak bisa menggerakkan badannya. 

APA PENYEBABNYA?

Penyebab Phobia juga macem-macem. Analisa yang pertama karena adanya faktor biologis di dalam tubuh, seperti meningkatnya aliran darah dan metabolisme di otak. Bisa juga karena ada sesuatu yang nggak normal di struktur otak. Tapi kebanyakan psikolog setuju,Phobia lebih sering disebabkan oleh kejadian traumatis. 

KARENA BUDAYA

Masih ada juga penyebab lainnya yang dianalisa oleh psikolog, yaitu Phobia juga bisa terjadi karena budaya. Seperti di Jepang, Cina dan Korea, masyarakatnya takut banget sama angka 4 (Tetraphobia) sedangkan di Italia takut sama angka 17 yang dianggapnya angka sial! Memang nggak rasional, tapi bener bener terjadi!

SELEBS YANG TERKENA PHOBIA

Beberapa selebritis dunia itu ternyata juga dihinggapi phobia yang cukup mencengangkan. Seperti R. Kelly, Whoopi Goldberg dan Dalai Lama, termasuk kategori Selebrities with Aviophobia, yaitu Phobia terbang. Mereka sangat takut jika hendak berpergian naik pesawat terbang. KAlau boleh memilih, mereka lebih senang jika tidak terbang.

Kim Basinger, Rose McGowan dan si bintang Home Alone, Macaulay Culkin adalah penderita Agoraphobia, yaitu takut sama tempat umum dan keramaian. Aneh juga ya, ada seleb yang Phobia-nya kayak gitu? Padahal mereka public figure yang sering berhadapan dengan orang ramai. Ternyata mereka memiliki ketakutan yang parah yang tidak diketahui banyak orang.

Penyanyi dan pencipta lagu, John Meyer punya 14 track di albumnya “Room for Squares”. Padahal track ke 13 nggak ada suara apa-apa alias hening selama 0,2 detik dan nggak ada title-nya di cover album. Kemungkinan besar, John Meyer pengidap Triskaidekaphobia, takut sama angka 13!

Masih tentang Triskadeikaphobia. Adolf Hitler juga penderitanya. Pesawat tempur NAZI yang tadinya ber-nomer seri HE-112 diganti menjadi HE-100 untuk menghindari adanya seri HE-113. And, do you notice, nggak ada mobil yang ber-nomer 13 di arena Formula 1 (F1). Mobil nomer 13 dihilangkan setelah ada dua pembalap meninggal memakai nomer tersebut.

Phobia apakah yang Anda memiliki?

Image source: pixabay.com

Very Barus

Seorang penulis buku, blogger, fotografer dan Videografer. Menyukai dunia traveling dan adventure. Telah menjelajahi beberapa daerah dan negara di Asia. Mendaki beberapa gunung di indonesia Dan sangat menyayangi dan melindungi binatang dan tangan-tangan jahil manusia.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, sahabat Indoblognet 😁 Selamat beraktivitas dan menjalani hari penuh berkah, aamiin
.
Sahabat, tau gak kalian, kalau saat ini menulis content yang hanya berupa tulisan rasanya jadi kurang menarik, khususnya untuk konten sosmed ya guys 😀 Karena saat ini konten yang menarik perhatian  audiens adalah konten yang dikemas dalam bentuk infografik (yaitu konten dalam bentuk visual: tabel, gambar, animasi, dll)
.
Berdasarkan survey, konten infografik mendapatkan like dan share yang lebih banyak 3X lipat dibandingkan konten yang hanya berupa tulisan 😉 Nah, yuk ah belajar meningkatkan kualitas kontenmu dengan mencoba berbagai bentuk infografik 😀
.
#indoblognet #mbcommunication #infografik #konten #tipscontent #trending #popularpost #viralcontent #socialmedia

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top