Indo Blog Net

Ekonomi

Kegiatan Produktif dan Inspiratif dalam Peringatan Hari Nasional UMKM 2019 di Yogyakarta

Kegiatan Produktif dan Inspiratif dalam Peringatan Hari Nasional UMKM 2019 di Yogyakarta

Kegiatan Produktif dan Inspiratif dalam Peringatan Hari Nasional UMKM 2019 di Yogyakarta. Event yang inspiratif melibatkan semua usia.

Bagikan Jika Bermanfaat

Mengingat banyaknya kuantitas dan luasnya  jangkauan UMKM di Indonesia, pada tanggal 3-6 Agustus 2019 Jogja Community Creative Center, Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta menyelenggarakan Harnas UMKM dengan tema “Membangun UMKM Berkarakter dan Berdaya Saing Global menuju Ekonomi Kerakyatan Yang Kreatif dan Berkelanjutan.

Dalam rangka memperingati Hari Nasional UMKM. Hayo, pada tau nggak nih Hari Nasional UMKM jatuh pada tanggal berapa? Hari Nasional UMKM itu setiap tahunnya diperingati tanggal 12 Agustus lho.

Sejak jauh hari, Kementerian Koperasi dan UKM telah bersinergi dengan Media lokal dan pelaku usaha UMKM itu sendiri dalam mensosialisasikan pentingnya UMKM dapat meng-upgrade pengetahuan dan produktivitas mereka. Pada acara forum diskusi Standarisasi dan Sertifikasi KUMKM Naik Kelas tanggal 24 Juli 2019.

FGD dengan Dinkop UKM

FGD dengan Dinkop UKM, ABDSI dan pelaku UMKM DIY 

HarNas UMKM

Dalam event memperingati HarNas UMKM 2019 di Hall Gedung PLUT DIY yang berlangsung mulai tanggal 3 Agustus sampai dengan 6 Agustus 2019. Banyak acara keren di event ini, ada bazar UMKM, Barista Battle, lomba menari, menyanyi, Seminar, training singkat dan sosialisasi batik, booth platform digital dan masih banyak lagi.

belajar membatik dengan para pengunjung HarNas UMKM 2019

Acara belajar membatik dengan para pengunjung HarNas UMKM 2019 di Yogyakarta

Menikmati Produk Minuman UMKM

Di event Harnas UMKM 2019 ini saya tertarik mencicipi Thai Tea dari LINTRING Coffee. Salah satu UMKM yang berpartisipasi dan unjuk gigi dengan produk minuman kopi yang lagi trend di Indonesia saat ini Saya thai tea ini enak dan susunya berasa banget.

Bagi saya rasa thai tea yang saya nikmati dari LINTRING Coffee ini sangat perfect! Harganya juga sangat terjangkau lho, cukup Rp. 13.000 aja.

LINTRING Cofee ini adalah salah satu UMKM yang baru saja melakukan soft opening tanggal 1 Juli 2019 yang lalu. Saat ini tercatat sebagai UMKM yang tengah mempersiapkan diri untuk dapat mengenalkan produk mereka. Salah satunya dengan mengikuti event Harnas UMKM 2019 ini. Lokasi Outlet mereka berada di Jalan Soepomo No. 30 Umbulharjo Yogyakarta.

lintring coffee

Produk Thai Tea dari LINTRING Coffee

Melihat Beragam Produk Kerajinan Tangan

Selain itu, dalam event ini juga inspiratif sekali terutama bagi kamu pecinta kerajinan. Kamu bisa mencoba berbagai pernak-pernik atau cincin lucu. Di stand ini menjual cincin yang terbuat dari tembaga yang dikolaborasikan dengan beragam manik dan bebatuan cantik.

Harganya juga sangat terjangkau. Saya bisa mendapatkan cincin unik ini yang dibanderol mulai dengan harga Rp. 10.000,- hingga ratusan ribu rupiah saja, tergantung dari bahan dan bentuk nya. Unik dan murah kan?

kerajinan cincin dengan lilitan tembaga dari UMKM

Kerajinan cincin dengan lilitan tembaga dari UMKM di Harnas UMKM 2019 di Yogyakarta

Pameran Platform Digital

Selain stand makanan, minuman dari umkm, di Harnas UMKM 2019 ini juga ada stand platform digital yang berisi tentang platform, aplikasi, software, tool, plugin, bahkan untuk pelaku usaha ada stand Pendaftaran Merek juga. Ada stand dari Botika, Avana, Restku, Jurnal, OORTH dan masih banyak lainnya.

Botika, menyediakan aplikasi commerce yang bisa diunduh gratis di google playstore dengan nama Chatbotika.

suasana pengunjung saat berinteraksi di stand Botika

Suasana pengunjung saat berinteraksi di stand Botika.

Ada Lomba yang Seru Juga

Selain pameran, dalam acara HarNas UMKM 2019 ini ada tema hari Millenials Day pada tanggal 3 Agustus 2019. Dimana diadakan Final Lomba Karaoke Jogja #InsanAsyik Idol yang diikuti oleh 8 Finalis yang telah melalui penyaringan dalam babak semifinal tanggal 25 Juli bekerjasama dengan UMKM LINTRING Coffee.

Pemenang dari lomba ini hadiahnya langsung diberikan oleh pihak Dinas Kemenkop DIY, ABDSI, dan pihak Lintring.

Tidak hanya pengunjung dewasa saja yang memeriahkan event ini, tetapi juga melibatkan semua usia termasuk anak-anak. Pada hari minggu tanggal 4 Agustus 2019 dalam tema Kids Day Harnas UMKM 2019. Salah satunya adalah lomba menggambar dan mewarnai dengan tema Aku Wirausaha Hebat yang bekerjasama dengan LINTRING Coffee dalam pelaksanaanya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan anak mulai sejak dini dengan dunia wirausaha. Sehingga diharapkan anak Indonesia kedepannya semakin banyak yang ingin berprofesi sebagai wirausaha dan menjadi UMKM bangsa yang go global.

Hasil karya mereka dibuat mini pameran di halaman Gedung PLUT DINKOP DIY pada event HarNas UMKM 2019 ini.

pameran hasil karya menggambar dan mewarnai di Harnas UMKM 2019

Mini pameran hasil karya menggambar dan mewarnai di Harnas UMKM 2019 dengan Tema Aku Wirausaha Hebat! Art For Harnas UMKM 2019

Nah, asyik..seruu..yang pastinya Produktif dan Inspiratif sekali ya event HarNas UMKM 2019 ini. Bagi kamu yang belum sempat hadir, besok masih ada hari terakhir lho untuk mengunjungi event tahunan ini. Langsung aja ke PLUT DINKOP DIY Jl. Hos Cokroaminoto No. 168 Yogyakarta atau bisa langsung klik website ini untuk info event lainnya di HarNas UMKM 2019.

Semoga tiap tahunnya acara Harnas UMKM semakin meriah, produktif, inspiratif bagi pelaku UMKM dan juga pastinya bagi pengunjung. Dan..ingat ya HarNas UMKM serentak kita peringati setiap tanggal 12 Agustus.

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • 5 Langkah untuk Menjadi Influencer 🤑🤑
.
Saat ini profesi sebagai influencer tak bisa lagi dipandang sebelah mata lho, karena sudah banyak mereka yang sukses menekuni bidang pekerjaan yang satu ini
.
Tentunya butuh usaha sungguh sungguh dan juga kegigihan untuk sukses. Mulai darimana?? Dari sini, Friends! 😉
.
1⃣ Find your NICHE – a field that you’re good at. Whether it’s travelling, beauty, parenthood, cooking, or crafts, your blog needs to have a clear direction. Make sure you choose a niche where you are an expert – only then your blog will have value 💛
.
2⃣ Create a CONTENT STRATEGY for your profile. What exactly do people want to see in your blog? How often will you post? Who are the readers of your posts? Answering these questions will allow you to create a content strategy for up to 3 months
.
3⃣ Remember to post REGULARLY. If you make people wait for days between your posts, soon your followers will turn their attention to bloggers who regularly deliver new content. Even if you can’t be online 24 hours a day and 7 days a week, you can always schedule your posts 🤓
.
4⃣ ENGAGE with your audience. People love Instagram bloggers who are easy to reach. Of course, when you have hundreds of thousands of followers, answering every comment and direct message is hardly possible. But when you’re only getting there, it’s best to be open to your audience 👌
.
5⃣ PROMOTE your blog. You will not get any lucrative deals with brands and other bloggers if no one knows who you are. In addition to working on growing your audience, you also need to get your blog out there for brands and other influencers to see you. Participate in forums, group events, themed internet communities, and comment other people’s posts to get yourself noticed
.
Credit: socialbuzzhive.com
.
💌 For BUSINESS INQUIRIES, please email to mitrabranding@indoblognet.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top