Menulis Yuk

Perhatikan 5 Hal Ini Agar Pakaianmu Tak Jadi Penghalang Wudhu

 

Pakaian tergolong salah satu dari kebutuhan manusia selain pangan dan papan. Jika dulu hanya digunakan untuk menutup dan melindungi tubuh dari beragam kondisi cuaca, lambat laun fungsinya bertambah. Dalam perkembangannya pakaian juga digunakan untuk menunjukkan kedudukan, status, atau identitas diri. Tak pelak, memakai baju tertentu mampu menaikkan gengsi seseorang.

Lalu bagaimana dengan kaum muslim? Rupanya Al Quran sudah mengatur bagaimana harusnya berpakaian, sebagaimana tersebut dalam surat Al A’raaf ayat 26:

“Wahai anak cucu Adam! Sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu…”

Dari ayat itu jelas bahwa Allah mewajibkan kaum muslim baik laki-laki maupun perempuan untuk menutup auratnya. Bagi kaum pria batasan auratnya terletak antara pusat hingga lutut. Sementara wanitanya wajib menutup seluruh bagian tubuhnya, kecuali muka dan telapak tangan. Bagi perempuan masa kini tak perlu repot memilih baju-baju dan hijab syari. Beragam model sudah tersedia. Tak sulit mau memilih yang mana, tinggal sesuaikan dengan budget-nya. Dan satu hal yang tidak boleh kita lupa modelnya tidak menyulitkan seorang muslimah kala hendak beribadah.

Tetapi, karena terpancang pada keindahan atau kecantikan si baju dan hijab seringkali kita melupakan ikhwal “tidak menyulitkan beribadah” itu. Alhasil pakaian yang kita kenakan justru menghalangi kita untuk wudhu dengan benar. Ada sebuah kasus dimana baju yang menutup aurat itu memiliki lengan yang sempit. Hingga muslimah kesulitan mengangkatnya saat hendak berwudhu. Alhasil ia hanya mengusap tangannya hingga sebatas lengan baju yang bisa disingsingkan. Dalam kaus lainnya, karena model hijabnya, seorang muslimah hanya mengusap bagian wajah yang terbuka saja saat berwudhu. Tentu hal ini kurang tepat. Agar baju dan hijab tidak menjadi penghalang berwudhu yang benar, berikut ini lima yang hal yang harus Anda perhatikan:

1. Pilihlah pakaian berlengan longgar

Hindari pakaian yang memiliki lengan sempit. Dengan model lengan macam ini Anda akan kesulitan menggulung lengan. Berbeda dengan pakaian berlengan longgar yang memungkinkan Anda menyingsingkan lengan sampai ke siku. Dengan demikian Anda tidak kerepotan saat membasuh tangan dengan air wudhu. Basuh dengan benar, yaitu usap dengan air kedua telapak tangan hingga ke siku.

2. Jika terpaksa memakai model baju yang lengannya sempit

Beragam model seperti seragam di pemerintahan atau kantor-kantor, memiliki model lengan yang tidak terlampau lebar. Sehingga sulit untuk menggulungnya secara maksimal. Jika itu terjadi, sebaiknya wudhu saja di dalam kamar mandi. Lepaskan pakaian Anda dan gantung di dindingnya lalu lakukan wudhu sebagaimana biasa. Baru setelah itu kenakan pakaian Anda kembali.

3. Pakailah model jilbab yang sederhana

Jilbab segitiga dengan cara penyematan sederhana akan lebih mudah dibuka dan dipasang lagi oleh pemakainya. Jilbab yang cantik tetapi rumit, biasanya membutuhkan waktu lama untuk memakai dan membukanya kembali. Selain tidak praktis, pemakaian jilbab jenis ini justru akan menyulitkan saat Anda harus berwudhu di satu tempat, dimana tidak ada tempat khusus untuk berhias bagi wanita.

4. Jangan lupa menggulung manset Anda

Beberapa orang menggunakan manset karena lengan bajunya tidak menutupi hingga pergelangan tangan. Saat berwudhu naikkan ujung manset Anda hingga di atas siku. Hal ini dilakukan agar Anda bisa membasuh lengan Anda dengan benar. Tidak hanya menyapukan sedikit air di bagian siku, sekedar syarat agar siku basah. Ditakutkan ternyata hal ini justru mengurangi absahnya wudhu Anda. Jika wudhu saja sudah tidak syah, maka hal ini pun berpengaruh pada sholat kita.

5. Jangan segan mengangkat rok Anda

Saat wudhu disyaratkan membasuh kaki tiga kali. Jangan ragu-ragu mengangkat rok Anda saat membasuhnya. Semata agar sah syarat wudhu Anda. Akan tetapi jika situasi tidak memungkinkan semisal tempat wudhu berbaur menjadi satu dengan kaum pria, sementara kaki adalah bagian dari aurat Anda, pergilah ke kamar mandi dan berwudhulah disana. Jika tak ada bagaimana? Bisa menunggu sampai kaum pria selesai dulu, baru perempuan gantian berwudhu. Jika waktunya mendesak dan Anda tak memiliki waktu untuk menunggu bisa juga dengan menadahi air dalam botol aqua besar lalu berwudhu di tempat yang tersembunyi, sehingga aurat Anda tidak terlihat.

 

 

Image source: pixabay.com

 

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Ah, siapa sih ya yang gak suka dikasih produk gratis, seperti hampers product, goodie bag, tester product, maupun jenis promotional products lainnya. Ini lebih menarik perhatian konsumen dibanding iklan produk di internet 😁
.
#indoblognet #mbcommunication #hampers #goodiebag #testerproduct #iklan #produkgratis

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top