Menulis Yuk

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memperbolehkan Anak Berinternet

Internet merupakan salah satu teknologi di zaman modern yang tidak bisa dihindari. Mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, bapak ibu, hingga kakek nenek semuanya bergantung pada internet. Mau tidak mau kita harus tetap memakainya untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Layaknya makan dan minum, internet sudah jadi pendamping hidup manusia yang tidak bisa ditinggalkan.

Banyak sekali orang tua yang takut kalau anaknya nanti malah terkena dampak buruk dari internet. Harus kita akui, internet memang punya dampak negatif, tapi jangan pernah melupakan manfaatnya yang sangat banyak sekali. Teknologi selalu memiliki dua sisi yang berbeda. Sebagai orang tua harus bijak dalam mengambil langkah dalam mengenalkan internet kepada anaknya.

Jangan sampai sebagai orang tua malah melarang anak kita untuk mengakses dunia maya. Lebih-lebih tidak memperbolehkannya untuk memegang smartphone. Justru ini salah besar dan harus segera diperbaiki. Yang benar adalah dengan mengenalkan anak dengan teknologi internet namun tetap dalam koridor yang wajar. Jika anda ingin tahu bagaimana caranya, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Pertama: Beritahukan kepada Anak Bahwa Ada UU ITE

Orang tua yang bijak adalah tidak pernah melarang anak untuk mengeksplor dunia baru. Namun lebih kepada membimbing anak serta memfasilitasinya. Karena kalau anak semakin dilarang, maka rasa ingin tahunya malah semakin besar. Apabila hal ini terjadi maka sang anak akan terjerumus ke jalan yang salah tanpa sepengetahuan orang tua.

Sebelum hal ini terjadi, lebih baik anda menjelaskan kepada sang buah hati kalau di internet ada yang boleh dilihat dan tidak boleh dilihat. Jangan malu kepada anak, justru pengertian dan penjelasan dari orang tua yang benar akan lebih mudah difahami oleh anak. Kalau perlu jelaskan pula secara rinci tentang konten pornografi, setelah itu baru bicara kalau konten seperti itu tidak boleh dibuka.

Kedua: Jelaskan Manfaat dan Bahaya Dari Internet

Anak kecil itu bagaikan kertas putih yang masih kosong sehingga mereka juga tidak tahu apa-apa mengenai internet. Disinilah peran orang tua sangat dibutuhkan oleh anak untuk menjelaskan apa saja yang bermanfaat dari internet. Dan jangan lupa juga menjelaskan bahaya internet.

Namun sebagai orang tua jangan sampai malah mengintimidasi dan menakut-nakuti kepada anak tentang bahaya internet. Justru hal seperti ini malah yang berbahaya sekali. Bukannya mereka menjauhi yang dilarang, tapi mereka malah akan semakin mendekatinya dan akan terjadi hal yang tidak diinginkan oleh orang tua.

Ketiga: Berteman dengan Akun Sosial Media Milik Anak

Walaupun sudah tua, tapi yang namanya orang tua tetap punya kewajiban untuk melindungi anaknya dari ancaman bahaya. Untuk mengatasinya anda bisa berteman dengan akun sosial media milik buah hati. Bukan bermaksud untuk stalking kegiatan anak di dunia maya, tapi cukup awasi apa saja yang diunggahnya dan apa saja yang biasa dibicarakan oleh sang anak.

Karena bisa jadi anak memiliki kepribadian yang berbeda di dunia maya. Saat di dunia nyata memang terlihat normal layaknya anak pada umumnya. Tapi harus ingat, dunia maya itu penuh dengan kepalsuan. Siapa pun bisa jadi apa saja yang mereka inginkan.

Keempat: Latih Anak untuk Menghargai Waktu

Hal terakhir yang harus diperhatikan orang tua adalah melatih anak supaya mereka menghagai waktu. Tidak bisa dipungkiri, kalau saat ini banyak sekali para netizen yang lupa waktu hanya gara-gara keasyikan bermain di dunia maya.

Kalau hal ini dibiarkan maka yang rugi adalah orang tua. Karena lambat laun produktivitas anak malah akan semakin menurun gara-gara internet. Anak yang masih dalam usia tumbuh kembang, seharunya bisa mengeksplor kemampuannya secara maksimal. Dengan begitu akan terlihat potensi apa yang ada di dalam dirinya.

Kalau perlu buat kesepakatan dan janji untuk mengatur waktu kapan boleh memakai internet dan kapan waktunya belajar. Apabila anak tetap merengkek ketika waktu bermain smartphone sudah habis, lebih baik dijelaskan dengan cara baik-baik. Ingatkan kepada anak bahwa waktu belajar lebih penting dari pada bermain di sosial media. Lagi pula waktu tidak akan kembali, jadi percuma kalau dibuang begitu saja tanpa ada manfaatnya.

 

 

 

Image source: pixabay.com

ikhwanazmi

I'am newbie, but i want to learn more.
Don't be lazy, let's study.
More about me visit to inma-xp.com
Thanks ^_^

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Mitra Blogger dan Netizen Gorontalo, kalian keren ya ! Terima kasih atas dukungannya untuk @klink_indonesia_official. 
Semoga makin sering diadakan event-event di sana. Netizennya semangat untuk belajar  dan berkembang. 
Proud...proud of you guys !! #bloggergorontalo #mbcommunication #klinksolusihidupmu #Klinkmember15olusi #indoblognet #kkidsomegaGorontalo

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top