Indo Blog Net

Kecantikan

Perawatan Anti Aging dengan Bahan Alami yang Aman untuk Kulit

Anti Aging Alami

Penuaan dini bisa dicegah dengan mudah. Sepeti menggunakan anti aging yang terbuat dari bahan alami. Ini aman dan tidak memiliki efek samping berbahaya.

Bagikan Jika Bermanfaat

Bagi kaum hawa yang telah memasuki usia 20 atau 30 tahun, perawatan anti aging tentunya sudah tak asing lagi. Tapi zaman sekarang perawatan anti aging ini tak hanya diminati oleh kaum hawa saja, kaum pria pun banyak yang akrab dengan perawatan anti aging. Apa itu perawatan anti aging, apa saja manfaatnya, serta bagaimana perawatan anti aging alami yang aman untuk kulit?

Yuk, temukan jawabannya di ulasan berikut ini ūüôā

Apa itu perawatan anti aging?

Seiring waktu manusia pasti mengalami penuaan yang ditandai oleh perubahan-perubahan pada kulit, seperti keriput, kulit kendur, muncul garis halus, dan lain-lain. Bagian-bagian tubuh yang paling mudah terkena tanda-tanda penuaan dini adalah wajah, leher, serta tangan.

Dan perawatan anti aging (anti penuaan) ini merupakan perawatan yang dirancang khusus untuk membantu menyamarkan keriput, garis halus, maupun kulit yang kendur akibat dari penuaan dini tersebut.

Apa saja manfaat perawatan anti aging?

Terjadinya penuaan pada kulit memang tak bisa dicegah karena hal tersebut merupakan proses alamiah tubuh. Namun kita bisa memperlambat penuaan pada kulit agar kulit terlihat lebih segar dan muda lebih lama. Berikut beberapa manfaat melakukan perawatan anti aging yang penting kamu ketahui:

  • Menyamarkan kerutan dan garis halus

Memasuki usia yang tak lagi muda, kerutan dan garis halus pada wajah mulai tampak. Kerutan ini disebabkan oleh tekstur kulit yang semakin menipis seiring bertambahnya usia. Umumnya kerutan lebih terlihat pada bagian ujung mata, dahi, dan garis senyum. 

  • Memudarkan bintik-bintik hitam

Bintik-bintik hitam pada wajah/flek hitam bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti paparan sinar matahari, penggunaan kosmetik yang tidak cocok, kurangnya asupan vitamin, bekas jerawat, ataupun polusi. Perawatan anti aging mengandung vitamin yang bisa membantu memudarkan bintik-bintik hitam.

  • Menjaga kelembaban kulit

Semakin bertambahnya usia kelembaban kulit semakin berkurang, sehingga kulit cenderung kering. Jika kelembaban kulit yang hilang ini tidak diatasi akan menyebabkan proses penuaan kulit jadi semakin cepat.

  • Melindungi kulit dari sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan khususnya pada siang hari dapat mengakibatkan kulit menua lebih cepat. Hal ini karena sinar matahari dapat menembus lapisan tengah kulit (dermis) yang mengakibatkan sel elastin dalam kulit menumpuk secara abnormal.

Dan saat jumlah sel elastin telah cukup banyak, suatu jenis enzim akan memecah kolagen serta elastin kulit, akhirnya muncullah perubahan pada struktur kulit. 

  • Menjaga elastisitas kulit

Elastisitas adalah kemampuan kulit untuk meregang dan kemudian kembali pada keadaan normal. Orang yang berusia lebih tua mempunyai tingkat elatisitas rendah karena memiliki sedikit dermis yang menyebabkan kulit susah kembali ke posisi semula. Hilangnya elastisitas kulit ini merupakan tanda alami dari penuaan yang dikenal dengan istilah elastosis.

  • Menghaluskan kulit

Penuaan menyebabkan kulit berkurang tingkat kehalusanny, karea, karena seiring bertambahnya usia, kulit wajah tidak menghasilkan minyak alami secara cukup. Itu sebabnya diperlukan nutrisi dan vitamin yang terdapat pada perawatan anti aging agar kulit jadi lebih halus.

  • Mencerahkan kulit

Salah satu tanpa penuaan adalah kulit menjadi kusam. Hal ini terjadi karena seiring bertambahnya usia, egenasi sel semakin lambat sehingga sel kulit mati menumpuk dan membuat wajah jadi kusam.

Usia berapa perlu melakukan perawatan anti aging?

Meski perawatan anti aging ini memiliki banyak manfaat bagi kulit, bukan berarti perawatan ini cocok dilakukan oleh berbagai kalangan usia, ya. Menurut pakar kecantikan, kulit akan mulai kehilangan elastisitas dan muncul keriput pada usia 40 tahunan.

Dermatolog Joshua Zeichner, MD, dokter sekaligus direktur dari cosmetic and clinical research in dermatology di New York’s Mt. Sinai Medical Center menyarankan untuk melakukan perawatan anti aging pada awal usia 30 tahun. 

Wanita usia 20 tahunan belum memerlukan perawatan anti aging karena pada usia ini kulit belum memiliki masalah penuaan. Untuk merawat kulit usia 20 tahunan, cukup gunakan pelembab yang mengandung sunblock atau sunscreen untuk mencegah penuaan dini. 

Perawatan Anti Aging dengan Bahan Alami yang Aman untuk Kulit

Siapa sih yang tak mendambakan kulit awet muda, selalu sehat, dan indah dipandang? Tentunya hal ini menjadi keinginan setiap orang. Untuk memperoleh kulit awet muda sebenarnya tidak sulit kok, kamu hanya perlu rajin melakukan perawatan anti aging saat usia telah memasuki 30 tahunan.

Perawatan anti aging pun tak selalu harus mahal dan mengeluarkan biaya yang menguras isi kantong. 

Di sekitar kita ada banyak bahan-bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan anti aging. Selain jauh lebih murah dibandingkan produk perawatan anti aging yang ada di pasaran, menggunakan bahan-bahan alami akan lebih aman bagi kulit.

Bahan alami juga kaya kandungan vitamin yang dapat menutrisi kulit jadi lebih sehat. Berikut ini beberapa bahan alami yang berfungsi sebagai anti aging:

  • Madu¬†¬†¬†

Selain sangat baik untuk dikonsumsi secara langsung, madu juga mengandung berbagai vitamin, diantaranya: vitamin A, B, dan C yang bermanfaat untuk menjaga keremajaan kulit. Madu juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati serta mendorong regenerasi sel-sel baru yang bisa menyamarkan bintik-bintik hitam pada kulit wajah.

Oleskan madu pada wajah yang sudah dibersihkan dengan gerakan melingkar selama 5 hingga 10 menit. Lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Sebaiknya pilih madu alami atau organik untuk hasil yang lebih optimal.

  • Minyak zaitun¬†¬†

Minyak zaitun sangat kaya akan nutrisi, mulai dari vitamin C, D, E, K, asam omega 3, 6, 9, zat polifenol, zat besi, serta asam linoleat. Kandungan nutrisi pada minyak zaitun dapat membantu memudarkan garis halus pada kulit, melindungi kelembaban kulit, mengencangkan kulit, serta membantu proses regenerasi kulit agar tetap terlihat muda.

Gunakan minyak zaitun di malam hari sebagai pelembab wajah. Oleskan minyak zaitun pada wajah, kemudian pijat selama 5 menit. Lakukan hal ini beberapa kali dalam seminggu secara rutin.

Namun berhati-hatilah dalam memilih minyak zaitun, karena dikhawatirkan justru akan menimbulkan masalah pada kulit. Pilih minyak zaitun organik atau hentikan pemakaian bila terdapat efek samping setelah penggunaan.

  • Lidah buaya¬†¬†¬†

Lidah buaya mengandung vitamin B, C, E, asam malat serta seng yang efektif mengobati jerawat, meningkatkan elastisitas kulit, serta mengurangi keriput. Penggunaannya pun mudah, oles dan pijat gel lidah buaya pada wajah selama sekitar 5 menit kemudian diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

  • Pepaya¬†¬†¬†

Kandungan vitamin C dan E pada pepaya diyakini bisa mencegah munculnya keriput dan garis-garis halus pada kulit, mencerahkan kulit, menghilangkan sel kulit mati,  dan juga melindungi kulit dari radikal bebas.

Untuk memperoleh manfaat dari pepaya ini, kamu bisa gunakan pepaya sebagai masker. Caranya, haluskan sepotong pepaya lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

  • Kopi¬†¬†

Ternyata kopi tak hanya nikmat untuk disajikan sebagai minuman, kopi juga bermanfaat sebagai anti aging. Kopi dipercaya dapat menghaluskan kulit, mengurangi garis-garis halus, dan menghilangkan sel kulit mati.

Gunakan kopi sebagai masker, yaitu dengan mencampurkan 1 sendok teh kopi dengan 1 sendok teh minyak kelapa (Virgin Coconut Oil). Lalu oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

  • Alpukat¬†¬†¬†

Buah alpukat kaya akan vitamin E dan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti munculnya garis-garis halus, kulit kendur, hilangnya kelembaban kulit. Alpukat juga bisa memperbaiki tekstur kulit akibat penuaan serta melindungi kulit dari paparan radikal bebas.

Gunakan alpukat sebagai masker. Caranya: haluskan alpukat, oles dan pijat pada kulit wajah. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilaslah dengan air hangat hingga bersih.

  • Tomat

Tomat terbilang ampuh melawan penuaan dini, karena di dalamnya terkandung zat antioksidan dalam bentuk likopen yang bermanfaat untuk melindungi kulit wajah dari radikal bebas serta bahaya sinar matahari.

Tomat juga mengandung vitamin C dan B 9 yang dapat mencerahkan kulit, mencegah kerutan, dan regenerasi sel kulit mati. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, gunakan tomat sebagai masker. Iris tomat, lalu oleskan pada kulit wajah selama beberapa menit. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat. 

Nah, ternyata melakukan perawatan anti aging tidak harus mahal bukan? Selamat mencoba, ya!

See me on

Arifah Abdul Majid

[Content Writer] - [Work at home mom] - [Natural lover]

Contact me at: [email protected]
Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top