Gaya Hidup

Penutupan Perlintasan Sebidang di Jalan Letjen Suprapto dan Alternatif Jalan

Dirjen Perkeretaapian bekerja sama dengan Pemprov DKI    dan Polda Metro Jaya,  menyiapan jalan alternatif, terkait rencana DJKA melakukan uji coba penutupan sebidang lintasan, Jalan Letnan Jenderal Soeprapto, di kawasan senen Jakarta pusat. Jalan alternatif tersebut adalah:

Dari arah  utara melewati: Jl. Gunung Sahari-Jl. Gunung Sahari II-Jl. Kepu Selatan-Jl. Bungur Besar-Jl. Soeprapto.

Dari arah selatan, melewati: Jl. K ramat Raya-Jl. Kwitang (U-Turn)-Jl. Prapatan-Under Pass Soeprapto.

Dari arah timur: Jl. Soeprapto-Jl. Utan Panjanh Barat-Jl. Kemayoran Gempol-Jl. Angkasa-Jl. Gunung Sahari –Flyover Senen-Jl. Kramat Raya-Jl. Salemba Raya .

Dari arah barat: Jl. Dr. Soetomo-Jl. Gunung Sahari Raya, Jl. Gunung Sahari II-Jl. Kepu Selatan-Jl. Bungur Besar-Jl. Soeprapto.

Saat press conference, di kantor DJKA, Kementerian Perhubungan (Selasa 30 September 2016)  Direktur Jenderal Perkeretaapian,  Prasetyo Buditjahyono, mengatakan: Penutupan perlintasan sebidang di Jalan Letjen Suprapto ini, untuk meningkatkan keselamatan, ketertiban dan kelancaran perjalanan kereta api dan masyarakat pengguna jalan pada perlintasan antara jalur kereta api dengan jalan di wilayah propinsi DKI Jakarta.

Pada UU no 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian pasal 91 ayat 1 telah mengamanatkan bahwa perlintasan kerta api dengan jalan harus dibuat tidak sebidang, namun masih dimungkinkan dibuat sebidang  dan bersifat sementara dengan pertimbangan geografis, tidak membahayakan, tidak mengganggu kelancaran operasi KA dan lalu lintas jalan, serta pada jalur tunggal dengan frekwensi dan kecepatan kereta api rendah.

Berbicara sarana jalan dan transportasi di Jakarta memang butuh penanganan yang serius. Tingkat kemacetan di Jakarta sudah sangat parah. Uji coba kawasan berpenumpang minimal tiga atau lebih, tidak memberikan solusi yang signifikan.  Malah melahirkan profesi joki.

Saat ini diberlakukan no pol kendaraan  ganjil dan genap untuk mengurangi jumlah kendaraan bermotor.  Tapi sepanjang saya rasakan sebagai masyarakat yang bergerak/beraktifitas di Jakarta, penerapan no pol ganjil genap belum memberi dampak yang berarti. Malah terasa mengganggu, mana kala saya menggunakan taksi online.  Karena taksi online tidak berplat kuning maka terkena kebijakan no pol ganjil genap. Sejujurnya kasihan juga, karena berarti armada taksi online yang kebanyakan milik pribadi tidak bisa tiap hari bekerja kecuali yang bersangkutan memiliki dua mobil yang masing-masing ber no pol ganjil dan genap.

Koordinasi antara DJKA, pemda DKIdan Polda Metro Jaya dalam upaya memperlancar arus lalu lintas, sangat menentukan. Tak heran, untuk urusan penutupan sebidang lintasan perlu dilakukan uji coba.  Bahkan uji coba yang rencananya bakal di mulai 1 oktober hingga 31 Oktober  2016, harus disosialisasikan. Dan sosialisasinyapun dilakukan selama satu bulan juga. Mulai 1 september hingga 30 september 2016. Sosialisasi ini akan dilakukan kese mua infra struktur hingga tingkat kecamatan, melalui media social juga lewat spanduk yang akan dipasang di 18 titik.

Rencana penutupan perlintasan sebidang tersebut adalah kelanjutan dari surat menteri perhubungan kepada Gubernur Propinsi DKI Jakarta no: KA.101/2/3 PHB 2015 tertanggal 15 Desember 2015, tentang penangan perlintasan tidak sebidang di wilayah propinsi DKi Jakarta. Berdasarkan surat menteri Perhubungan tersebut, kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perkeretaapian menusulkan kepada Pemprov DKI Jakarta menutup 19 pelintasan sebidang yang telah dilengkapi dengan flyover maupun underpass.

19 perlintasan

19 perlintasan. Dok. foto: Jun Joe winanto

Elisa Koraag

I am a Mom, Wife, Writer, Traveller. I love my family and i am a blogger. I care about human, specially women and children isuues

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Good morning, sahabat Indoblognet 😁 Jangan lupa siapkan amunisi (sarapan) terbaikmu pagi ini, supaya aktivitasmu kuat dan semangat 💪🏃
.
Guys, tau gak siiih, postingan yang mengandung unsur pertanyaan, lebih besar kemungkinannya untuk direspon dibandingkan postingan non question, lho 😄
.
Hihi, iya juga sih, kita seringkali "tergelitik" untuk ikut menjawab pertanyaan yang diajukan, ya 😂 Apalagi kalau pertanyaannya memang "mancing" banget 😅
.
Jadi, salah satu tips nih guys, kalau kamu pingin bikin postingan yang lebih direspon, buatlah postingan question posts 😉
.
#mbcommunication #indoblognet #morning #tuesday #instagram #instadaily #viral #followme #tips

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top