kesehatan

Kiat Menjaga Kesehatan Mulut Selama Berpuasa

Assalamualaikum, apa kabar ibadah puasa Ramadhan Anda hari ini? Semoga lancar dan mendapatkan ridhoNya. Satu hal yang identik dengan berpuasa adalah bau mulut tak sedap. Mengenai bau mulut orang berpuasa, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda dalam hadits shahih:

“Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk”. (HR. Bukhari no.1894 dan Muslim no. 1151)

Hadits tersebut mengandung hikmah bahwa orang berpuasa wajar jika mulutnya berbau. Namun bagi Allah bau mulut tersebut disetarakan dengan bau harum yang lebih baik dari bau minyak misk. Maksud dari hadits ini adalah bau mulut orang berpuasa merupakan bukti ketaatan umatNya sehingga lebih berharga dari keharuman minyak yang paling harum sekalipun. Tetapi bukan berarti saat berpuasa kita bisa membiarkan mulut tak terjaga kebersihannya agar mulut berbau dan kelak diganjar surga. Bukankah menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman?

Ditinjau dari segi ilmiah, bau mulut bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain penyakit sinus di daerah hidung, kondisi kesehatan organ di bawah mulut, dan kondisi kebersihan serta kesehatan mulut. Pasien penderita penyakit organ hati misalnya seringkali mengalami keluhan bau mulut yang mengganggu. Sedangkan kondisi kesehatan rongga mulut dipengaruhi oleh kondisi kesehatan lidah, gigi dan gusi. Berbagai penyakit dan gangguan kesehatan rongga mulut dapat menyebabkan mulut berbau tak sedap. Bau mulutnya orang berpuasa antara lain disebabkan karena bakteri berkembang biak di lidah melebihi populasi. Peningkatan populasi bakteri ini bisa disebabkan karena kurangnya liur yang mengalir ke dalam mulut, mengeringnya rongga mulut sehingga mengkondisikan situasi untuk perkembangan bakteri lebih optimal.

Sebelum Ramadhan tempo hari saya berkesempatan mengikuti talkshow tentang ilmu parenting bertema mengajarkan anak berpuasa. Salah satu pembicaranya adalah dokter gigi senior yang mengupas tuntas tentang masalah kesehatan rongga mulut dan pentingnya menjaga kesehatan rongga mulut terutama saat berpuasa.

Dr.Desiana Radithia drg. Sp.PM memaparkan tentang gangguan rongga mulut dan tips menjaga kesehatan rongga mulut. Gangguan kesehatan pada organ di dalam rongga mulut perlu diatasi agar tidak menganggu kenyamanan saat berpuasa. Beberapa gangguan mulut yang bisa terjadi adalah:
1. Sariawan. Sariawan bisa terjadi karena panas dalam, tertusuk duri ikan, tergencet sikat gigi ketika menyikat gigi kurang hati-hati atau infeksi karena jamur, virus dan bakteri
2. Gusi bengkak dan gusi berdarah. Gangguan ini bisa disebabkan oleh karang gigi dan gangguan virus.
3. Radang tenggorokan. Salah satu pertanda terjadinya radang yang disebabkan oleh serangan virus adalah lidah berubah warna menjadi putih.
4. Radang pada bibir. Bibir mengelupas dan pecah-pecah adalah pertanda terjadinya radang.
5. Halitosis yaitu nafas berbau tak sedap.

Ketika berpuasa menjaga kesehatan dan kebersihan rongga mulut tetap dianjurkan. Gangguan pada gigi, gusi dan bibir bisa terjadi karena serangan jamur, virus dan bakteri akibat kelalaian kita dalam merawat rongga mulut. Dalam kesempatan kali ini Dr. Desiana Radithia drg.Sp.PM berbagi tips untuk menjaga kesehatan dan kebersihan rongga mulut terutama saat berpuasa, yaitu:
Zgigi
gambar dari https://pixabay.com

1. Rutin menyikat gigi ketika usai santap sahur, selesai berbuka puasa dan sebelum tidur
2. Membersihkan karang gigi pada dokter gigi. Karang gigi bisa menyebabkan bau mulut tak sedap dan gusi berdarah. Rutin memeriksakan kesehatan rongga mulut setiap enam bulan sekali sangat dianjurkan.
3. Menghindari makanan yang berbau. Makanan berbau “keras dan khas” seperti petai, jengkol, bawang merah dan bawang putih terutama saat mentah bisa memicu bau mulut. Lebih baik menghindari makanan tersebut saat sahur.

Di kesempatan talk show kali ini saya juga mendapat berbagai informasi dan tips menjaga kesehatan rongga mulut yang baik dan benar, misalnya:
a. Tips menyimpan sikat gigi. Sikat gigi rawan dihuni bakteri dan jamur. Agar sikat gigi tetap higienis dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan maka sebaiknya dihindarkan dari keadaan lembab. Posisi terbaik meletakkan sikat gigi adalah dengan cara menyimpannya dalam posisi berdiri. Jika sikat gigi memiliki tutup maka sebaiknya tutupnya tetap berpori sehingga bulu sikat bisa cepat kering.
b. Perhatikan pilihan obat kumur. Obat kumur diyakini membantu menjaga kesehatan rongga mulut. Tetapi secara garis besar ada dua jenis obat kumur yaitu yang mengandung antiseptik dan tidak. Obat kumur yang mengandung antiseptik dianjurkan hanya digunakan jika timbul gangguan pada rongga mulut, artinya tidak dapat digunakan setiap hari tanpa keluhan gangguan kesehatan tongga mulut.
c. Gangguan rongga mulut juga bisa dipicu oleh gigi palsu. Merawat gigi palsu sama pentingnya dengan merawat gigi pada umumnya. Dianjurkan melepas gigi palsu saat menjelang tidur dan menyikatnya menggunakan sikat gigi berbulu halus.

Menjaga kesehatan rongga mulut selama berpuasa akan membantu kenyamanan selama berpuasa. Kita bisa tetap berinteraksi tanpa khawatir bau mulut mengganggu teman berbicara. Selamat menjalankan ibadah puasa.

 

 

Editor: Indoblognet

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Happy beautiful Sunday, everyone 😍 Ngaku nih, siapa yang pagi ini udah nontonin videooo? Hihi 😆😄
.
Tau gak sih guys, Penelitian Nielsen Consumer Media View 2017, menunjukkan bahwa minat menonton video online terus meningkat, lho. Penetrasi internet kian meroket sehingga perilaku penggunanya juga bergeser, deh 😀
.
Berdasarkan survey Nielsen Cross-Platform 2017, terjadi peningkatan akses internet hampir di semua tempat. Akses internet meningkat di kendaraan umum sebesar 53 persen, kafe atau restoran 51 persen, bahkan di lokasi konser juga bertambah 24 persen dibandingkan dua tahun lalu 😎
.
Data juga menunjukkan frekuensi menonton konten video melalui internet meningkat hampir di semua usia. Saat ini Youtube masih menjadi raja sebagai penyedia konten video online. Selain mengonsumsi online video sebagai hiburan, konsumen juga cenderung mencari berita online video di beberapa laman media massa 📰
.
Sumber: m.republika.co.id
.
#indoblognet #mbcommunication #sundayfunday #weekend #onlinevideo #survey #content #internet #youtube

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top