Indo Blog Net

Menulis Yuk

Pentingnya Berdongeng untuk Tumbuh Kembang Anak

 

 

APAKAH Anda masih melakukan ritual membacakan dongeng pada anak Anda sebelum mereka tidur? Atau semua sudah terabaikan karena kesibukan Anda ang padata, Padahal mendongeng itu sangat memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak yang mendengarkannya. Selain itu, juga mampu menciptakan ikatan batin yang lebih kuat antara orangtua dan anak. Karena si anak senantiasa menanti kehadiran Anda sebelum mereka memejamkan mata.

Agar rutinitas mendongeng menjadi ritual rutin yang wajib dilakukan, sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa-apa saja manfaat dari mendongeng tersebut. Karena mendongeng tidak hanya sebatas bercerita tentang kisah-kisah hewan-hewan atau kisah cinderela, tapi masih banyak lagi manfaatnya.

Di bawah ini saya akan memberikan keterangan beberapa manfaat membacakan dongeng pada anak. simak ya…

Meningkatkan daya ingat

Ketika membacakan sebuah cerita yang menarik, secara otomatis anak akan fokus pada alur cerita yang sedang Anda ceritakan. Agar suasana akrab lebih terbangun, ada baiknya Anda melibatkan anak dalam cerita yang akan Anda bawakan. Misalnya meminta mereka untuk menebak apa yang akan dilakukan selanjutnya oleh tokoh yang ada dalam cerita. Atau menunjukkanya memerankan satu tokoh dalam cerita Anda. Kemudian, keesokan harinya Anda bisa tanyakan pada mereka, apakah mereka masih ingat dengan cerita yang pernah Anda bacakan. Dengan perhatian yang fokus, maka anak akan merekam dongeng yang Anda bawakan, sekaligus melatih daya ingat mereka. Sangat bermanfaat bukan?

Melatih anak gemar membaca

Anak-anak selalu mencontoh apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Dengan rajin membacakan dongeng pada mereka, secara tidak langsung Anda juga sudah mengajarkan pada mereka untuk tertarik terhadap buku. Dan itu akan sangat baik bagi perkembangan otak mereka. Anak yang gemar membaca, tentu memiliki banyak keuntungan di masa depan mereka kelak. Jadi jangan pernah berharap memiliki anak yang gemar membaca, bila Anda sendiri tidak suka membaca.

Melatih kemampuan verbal

Tanpa disadari, anak akan melatih kemampuan verbalnya untuk berbicara dan menambah jumlah kosakata. Jelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti saat terdapat kata-kata yang tidak mereka mengerti.

 Meningkatkan Daya Imajinasi

Karena sering melibatkan anak-anak dalam dongeng-dongen yang Anda bacakan, secara otomatis anak-anak Anda juga semakin berlomba-lomba meningkatkan daya imajinasi mereka untuk mengembangkan cerita yang Anda sampaikan. Semakin sering Anda berdongeng, maka Anda sudah mengajarkan bagaimana cara mengembangkan cerita dengan imajinasi yang ada di benak mereka. Jika besar kelak, anak-anak yang sering dibacakan dongeng akan jauh lebih cerdas ketimbang anak-anak lainnya.

Berpikir kreatif

Dalam setiap dongeng, selalu ada satu permasalahan yang dialami oleh tokoh dalam dongeng tersebut. Saat mendengarkannya, si kecil akan terstimulasi untuk berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah tersebut. Sesekali, tanyakan padanya apa yang akan ia lakukan, bila ia dihadapkan pada masalah yang sama dengan dongeng. Tak perlu menuntut apalagi memaksa anak untuk memecahkan masalah, pancing ia untuk berpikir lebih kreatif.

Mengajarkan kebaikan

Sesuatu yang diajarkan dengan cara yang menyenangkan, pasti akan lebih mudah diserap oleh anak-anak. Dengan dongeng yang menarik, Anda bisa mengajarkan banyak kebaikan pada si kecil. Misalnya ketika anak mogok makan, atau tidak mau berangkat sekolah, Anda bisa memanfaatkan dongeng sebagai cara untuk membujuknya.

Tentu Anda sudah tahu kan manfaat berdongeng itu? Oleh sebab itu, sesibuk apa pun Anda, luangkan waktu minimal 30 menit untuk membacakan dongeng pada anak-anak Anda. Kelak, Anda akan merasakan manfaatnya.

Selamat berdongeng….

Very Barus

 

 

Image source: pixabay.com

 

Very Barus

Seorang penulis buku, blogger, fotografer dan Videografer. Menyukai dunia traveling dan adventure. Telah menjelajahi beberapa daerah dan negara di Asia. Mendaki beberapa gunung di indonesia Dan sangat menyayangi dan melindungi binatang dan tangan-tangan jahil manusia.
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • 5 Langkah untuk Menjadi Influencer 🤑🤑
.
Saat ini profesi sebagai influencer tak bisa lagi dipandang sebelah mata lho, karena sudah banyak mereka yang sukses menekuni bidang pekerjaan yang satu ini
.
Tentunya butuh usaha sungguh sungguh dan juga kegigihan untuk sukses. Mulai darimana?? Dari sini, Friends! 😉
.
1⃣ Find your NICHE – a field that you’re good at. Whether it’s travelling, beauty, parenthood, cooking, or crafts, your blog needs to have a clear direction. Make sure you choose a niche where you are an expert – only then your blog will have value 💛
.
2⃣ Create a CONTENT STRATEGY for your profile. What exactly do people want to see in your blog? How often will you post? Who are the readers of your posts? Answering these questions will allow you to create a content strategy for up to 3 months
.
3⃣ Remember to post REGULARLY. If you make people wait for days between your posts, soon your followers will turn their attention to bloggers who regularly deliver new content. Even if you can’t be online 24 hours a day and 7 days a week, you can always schedule your posts 🤓
.
4⃣ ENGAGE with your audience. People love Instagram bloggers who are easy to reach. Of course, when you have hundreds of thousands of followers, answering every comment and direct message is hardly possible. But when you’re only getting there, it’s best to be open to your audience 👌
.
5⃣ PROMOTE your blog. You will not get any lucrative deals with brands and other bloggers if no one knows who you are. In addition to working on growing your audience, you also need to get your blog out there for brands and other influencers to see you. Participate in forums, group events, themed internet communities, and comment other people’s posts to get yourself noticed
.
Credit: socialbuzzhive.com
.
💌 For BUSINESS INQUIRIES, please email to mitrabranding@indoblognet.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top