Gaya Hidup

Apakah Anda Pengidap Prosopagnosia?

Kejadian ini benar-benar membuat gue hampir tidak percaya, ketika sahabat gue bingung mengenal wajah teman-teman kami. Jangankan wajah teman lama, teman yang sering dijumpainya pun masih sering meraba-raba. Kekagetan itu terjadi ketika tiba-tiba dia bertanya ke gue,” Eh, dia siapa ya?”

Ha?

Gue terdiam bodoh mendengar responnya saat gue menyapa teman karib kami yang cukup sering kami jumpai. kemudian gue melihat dia kayak orang linglung meski sedang berhadapan dengan teman kami itu. Gue pikir dia bercanda pura-pura tidak mengenal wajah teman kami. Bahkan, pernah waku itu dia juga hampir tidak mengenal wajah gue. Dia sempat nanya,” kamu,Very ya?” Karena dia suka bercanda, gue pikir ungkapannya itu sebuah candaan. Akhirnya gue faham, kalau dia sengaja menutupi kekurangannya itu dengan bercanda.

Setelah gue selidiki, ternyata teman gue itu mengidap penyakit Prosopagnosia. Mungkin Anda juga bingung, apa itu Prosopagnosia itu. Gue juga sempat bingung. Gue pikir teman gue itu mengidap penyakit lain seperti Alzhameir atau sejenisnya. Ternyata, setelah dia mengakui kalau dia sangat sulit mengenal wajah orang, akhirnya gue cari tahu ke mbah Google dan mulai googling, penyakit apa gerangan yang diidap teman gue tersebut. Akhirnya gue memahami kenapa dia bisa begitu sulit mengenal wajah orang.

Prosopagnosia itu terdiri dari 2 suku kata dan diambil dari Bahasa Yunani, yakni:   Prosopom berarti WAJAH, dan Agnosia berarti TIDAK MENGETAHUI. Jadi, prosopagnosia adalah sebuah kelainan dalam mempersepsikan wajah yang membuat penderita sulit mengenali wajah orang lain atau bahkan wajah dirinya sendiri. Seorang penderita prosopagnosia tidak dapat mengidentifikasi wajah orang lain, teman, orang tua, suami, istri, anak, bahkan dirinya sendiri.

Teman gue sempat minder karena dia merasa memiliki “kelainan”. Sangkin mindernya, setiap kali diajak berkumpul dengan teman-teman sepekrjaan dulu, dia selalu menolak dengan berbagai macam alasan. Ternyata, setelah sekian tahun dipendam, dia menguak rahasia kenapa dia sering menolak berkumpul dengan teman-teman. Ternyata dia takut dikira sombong karena tidak mengenal wajah teman-teman satu persatu.

“Ntar mereka kira gue sombong lagi karena tidak menyapa mereka. Ntar kalau asal sapa eh, ternyata yang disapa bukan teman kita lagi. Serba salah kan? “ keluhnya.

Gejala prosopagnosia

Jika ditanya apa gejala-gejala penderita Prosopagnosia, National Institute of Heakth (NIH) mendeskripsikan bahwa prosopagnosia adalah kelainan saraf di mana individu tak mampu mengenali wajah. Tingkatan prosopagnosia beragam, ada yang hanya tak bisa membedakan wajah yang tak dikenal hingga ada yang tak mampu membedakan wajah dengan obyek lain. Prosopagnosia tak terkait dengan hilang ingatan, ketidakmampuan belajar dan melihat. Prosopagnosia bisa disebabkan oleh trauma, stroke, maupun penyakit degenerasi saraf.

Menurut Penelitian, pengidap Prosopagnosia cenderung memiliki kerabat yang memiliki frekuensi gangguan lebih tinggi dari biasanya. Gangguan ini nampaknya disebabkan oleh adanya kecacatan dalam gen. Jadi jika seseorang mengidap Prosopagnosia, ada kemungkinan anaknya akan memiliki kondisi serupa.

Brad Pitt Juga Pengidap prosopagnosia

Penyakit ini ternyata bisa dialami siapa saja. Karena penyakit ini tidak pengenal kasta, pendidikan dan jua latar belakang. Jadi, jangan pernah beranggapan kalau penyakit ini di derita oleh orang-orang tidak mampu. Buktinya, aktor sekelas Brad Pitt, dalam sebuah wawancara pada majalah terkemuka mengakui kalau dia menderita Prosopagnosia. Bahkan, dia cukup terganggu dengan penyakit ini. Masalahnya, banyak teman-temannya mengaggap dirinya sombong akibat tidak menyapa mereka. Padahal mereka berteman cukup baik.

“Itu sebabnya saya jarang bersosialisasi ditempat keramaian. Karena saya sadar kelemahan saya yang sulit mengenal wajah orang. Jika sedang tidak bekerja, saya lebih memilih tinggal di rumah saja. “

Hmm, jadi, sedikit pencerahan tentang Prospagnosia sudah mulai terkuak, Apakah Anda memiliki gejala-gejala seperti teman gue atau Brad Pitt? Silahkan selidiki lebih dalam lagi. Jangan-jangan Anda juga mengidap Prospagnosia?

Very Barus

 

 

 

Image source: pixabay.com

 

Very Barus

Seorang penulis buku, blogger, fotografer dan Videografer. Menyukai dunia traveling dan adventure. Telah menjelajahi beberapa daerah dan negara di Asia. Mendaki beberapa gunung di indonesia Dan sangat menyayangi dan melindungi binatang dan tangan-tangan jahil manusia.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • YouTube saat ini bisa jadi lahan yang mendatangkan penghasilan lumayan, lho. Makanya makin banyak nih para YouTuber yang bermunculan. YouTube juga bisa jadi sarana promosi yang kekinian bagi para marketer 😀
.
#indoblognet #mbcommunication #youtube #youtuber #marketer #socialmedia #promotion

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top