Film

Mars The Movie: Kejarlah Ilmu Hingga ke Ujung Dunia

Masih ingat dong dengan pepatah Kejarlah ilmu sampai ke Negeri Cina. Tapi itu dulu, kalau sekarang lebih tepatnya kejarlah ilmu kemanapun juga. Setidaknya pesan itu yang coba disampaikan tokoh Sekar Palupi yang diperankan manis oleh Acha Septriasa. Tentu tak lepas juga dari peran apik Kinaryosih sebagai Tupan ibu dari Sekar.

Sepanjang perjalanan cerita film MARS hanya berporos kepada perjuangan mereka berdua. Perjuangan untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik bukan sebuah jalan yang mudah. Terlebih dari latar belakang keluarga yang berada jauh di bawah garis kemiskinan.

Bahkan saya sempat “googling”  film MARS yang Gala Premiernya kemarin Senin 2 Mei 2016 bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional, disaksikan juga oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nachrawi. Beliau sempat berucap Film ini adalah peneguhan hati kita untuk berterima kasih kepada Ibu. Karena ibu  sumber ilmu, sumber pengetahuan dan sumber ketulusan. Karya dari sineas seperti ini perlu di-support, perlu dijadikan semacam stimulasi bagi anak muda Indonesia untuk bisa meraih mimpi dengan mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Saya kira ini inspirasi yang harus kita jadikan motivasi besar (Sumber: Kompas.com).

Tentunya karena bagi beliau berkesan, sehingga mampu memberikan statement positif terhadap Film Mars.

MARS sendiri merupakan Akronim dari Mimpi Ananda Raih Semesta. Saya sendiri baru sempat menyaksikannya Jumat Kemarin. Lepas riuh rendah Ada Apa Dengan Cinta 2, melipir sebentar ke Plasa Senayan untuk menyaksikan MARS secara langsung.

Dan memang benar, hampir 2 jam (kurang sedikit) menyaksikan Film MARS emosi kita benar-benar diaduk. Istri saya sendiri tidak kuasa untuk meneteskan air matanya demi melihat perjuangan sosok Tupon membesarkan Sekar Palupi.

Saya juga sempat hanyut dalam suasana, tapi tetep dong yang namanya cowok gengsi kalau nangis. Sempat terpesona juga dengan dua daerah yang dijadikan latar belakang Film MARS ini. Yang pertama adalah London – Inggris dan Gunung Kidul – Jawa tengah.

Sekilas Gunung Kidul

Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Luas wilayahnya  sekitar satu per tiga dari luas daerah induknya, kabupaten yang relatif rendah dengan  kepadatan penduduknya lebih sedikit daripada kabupaten-kabupaten lainnya.

beranjak-pulang

Sekilas Tentang gunung Kidul (sumber masipoeng.wordpress.com)

Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sukoharjo di utara, Kabupaten Wonogiri di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman di barat. Kabupaten Gunungkidul memiliki 18 kecamatan.

Sebagian besar wilayah kabupaten ini berupa perbukitan dan pegunungan kapur, yakni bagian dari Pegunungan Sewu. Gunungkidul dikenal sebagai daerah tandus dan sering mengalami kekeringan di musim kemarau, namun menyimpan kekhasan sejarah yang unik, selain potensi pariwisata, budaya, maupun kuliner.

Yang coba diangkat di Film MARS adalah ketertinggalan daerah Gunung Kidul yang  masih banyak  hidup di bawah garis kemiskinan. Terlebih unsur klenik dan percaya kepada hal gaib masih dilakoni.

Bukan hal mudah mengenalkan sebuah agama terhadap sebuah budaya yang sudah berkembang matang di sebuah lingkungan. Tapi akan selalu ada orang-orang yang berjuang dijalan Tuhan demi menebar dan mengajarkan kebaikan (di sini diceritakan sosok guru ngaji, seorang ustadz yang mengajarkan agama islam di gunung kidul).

Sekilas London

Lokasi berikutnya adalah London sebuah  kota global terkemuka yang unggul dalam bidang seni, bisnis, pendidikan, hiburan, mode, keuangan, kesehatan, media, layanan profesional, penelitian dan pengembangan, pariwisata, serta transportasi. London, bersama dengan New York City, merupakan pusat keuangan terkemuka di dunia dan menjadi kota dengan PDB terbesar kelima di dunia, atau yang tertinggi di Eropa.

index

Kota ini dikatakan sebagai pusat kebudayaan dunia. London juga menjadi kota yang paling sering dikunjungi dan tercatat sebagai kota dengan bandar udara tersibuk di dunia berdasarkan lalu lintas penumpang internasional. 43 universitas di London membentuk konsentrasi pendidikan tinggi terbesar di Eropa.

Di kota ini Sekar Palupi menempuh ilmu jurusan Astronomi demi meraih impiannya menjadi “Lintang Lantik” .

Salah satu syutingnya mengambil lokasi di Bodleian Library (Perpustakaan Bodleian) yang adalah perpustakaan riset utama Universitas Oxford, salah satu perpustakaan tertua di Eropa, dan di Britania Raya merupakan terbesar kedua dalam kapasitasnya setelah British Library dengan koleksi lebih dari 11 juta barang.

London erpoa padnudanwisata.id

Dikenal oleh para ilmuwan di Oxford sebagai “Bodley” atau hanya “the Bod”, di bawah perundangan “Legal Deposit Libraries Act 2003” merupakan salah satu dari enam perpustakaan “legal deposit” untuk karya-karya yang diterbitkan di Britania Raya dan di bawah Hukum Irlandia perpustakaan ini berhak meminta satu salinan dari setiap buku yang diterbitkan di Republik Irlandia. Perpustakaan Bodleian beroperasi terutama sebagai perpustakaan rujukan dan pada dasarnya dokumen-dokumen tidak boleh dibawa keluar dari ruang-ruang baca.

Kelebihan dari Film MARS

Selain mencoba menceritakan perjuangan seorang ibu membesarkan anak. Memberikan pendidikan terbaik yang bisa diberikan. Tidak lupa juga mengangkat keindahan Gunung Kidul yang katanya tandus sekaligus asri tapi masih banyak yang bertahan hidup di bawah garis kemiskinan.

Lainnya adalah mengenalkan jurusan astronomi kepada generasi penerus bangsa.

Dan mengajarkan semangat juang untuk tidak cepat menyerah kepada segala hambatan yang menghadang. Meskipun ketika semuanya seakan terasa berat dan bahkan terkesan tidak merasakan buah manis yang ditabur.

Tapi percaya, buah manis yang tidak sempat dirasakan itu akan menghasilkan buah manis lainnya. Mengalahkan semua stigma salah yang sudah terlanjur ada.

Kekurangan dari Film MARS

Lebih kepada sound yang sempat hilang beberapa detik ditengah film, entah karena studio atau kualitas fimnya sendiri, sempat terggangu sedikit. Sepanjang Film hampir nuansanya sedih mengharubirukan gimana gitu? Terasa banget suasana studio menjadi hening ditingkahi “pilek dadakan”.

Secara keseluruhan film yang berdurasi sekitaran 100 menit-an ini sarat dengan pesan moral. Dan layak disaksikan bersama keluarga besar. Terutama anak-anak kita, agar mengetahui pentingnya mengejar ilmu dan bermimpi serta  menghargai kerja keras orang tua.

Mars

Dan untuk orang tua mendapat pencerahan dan inspirasi untuk terus berjuang dan berinovasi lagi bagi generasi yang lebih baik di masa yang akan datang.

Sebaiknya kalian menyaksikan langsung perjuangan dari Sekar Palupi  dan Tupon, nikmati setiap kisah yang tersaji getir tapi sarat akan  pesan.

Editor: Indoblognet

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Yuhuu ikutan yuk...lumayan banget nih hadiahnya ! #Repost @ifisinema (@get_repost)
・・・
Ikuti #Mygeneration Experience Quiz
Hadiah Rp.5.000.000,- untuk 1 orang Pemenang!
.
Caranya:
.
1. Repost/Regram foto di atas
2. Tag, Mention dan Follow akun instagram @IFISinema @Mygenerationfilm
3. Click link di bio akun @IFISinema
4. Ceritakan secara singkat pengalaman paling konyol kalian bersama para sahabat dalam 1 paragraf caption
5. Ajak 1 orang teman kamu untuk turut berpartisipasi dalam kuis
6. Gunakan hashtag #mygeneration #mygenerationfilm #meversustheworld #ekspresimillennial #IFISINEMA
7. Jangan Private akun IG agar postingan bisa kami nilai
8. Pemenang diumumkan pada tanggal 4 Oktober 2017 di akun instagram @IFISinema @Mygenerationfilm
.
Contoh:
Pengalaman paling konyol gue dan para sahabat adalah ngumpet di kuburan sampe maghrib gara-gara ngindarin guru yg lagi razia siswa bolos.
.
Ayo @tag1orangtemankamu ikut partisipasi di kuis ini, caranya bisa dilihat di akun instagram @IFISinema @Mygenerationfilm
.
#mygeneration #mygenerationfilm #meversustheworld #ekspresimillennial #IFISINEMA #filmindonesia #filmbioskop #teenlife #serbakuis #giveaway

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top