Gaya Hidup

Pempek Farina, Lezat dan Murah Meriah

Pempek Palembang.

Hmmm, denger kata “pempek palembang” aja, liur saya udah berasa mau ngecesssss 🙂

Walaupun orang Jawa tulen, saya tuh selalu demen dengan aneka masakan khas Palembang. Utamanya yang berbahan dasar ikan dicampur tepung kanji ini, wedeeeh semuanya saya doyan!

Pas ke Palembang beberapa tahun silam, saya sampai kalap nyobain pempek, model, tekwan dan aneka penganan lainnya, pas makan siang bareng famili. Hahahaha, itu lambung gedenya selapangan bola deh kayaknya 🙂

img_1663  img_1668

img_1671

Tapi, sayang banget, takdir Tuhan tidak menggariskan saya kerap berkunjung ke Palembang. Sampai sejauh ini, ya baru satu kali itu thok, itupun karena ada event media briefing, di mana saya didapuk jadi person in charge media relations mewakili perusahaan.

Ya sudah, disempet-sempetin berkuliner aneka masakan khas Palembang termasuk martabaknya yang sarat daging nan bikin kemecer itu deh 🙂 Juga lempok, berbahan dasar duren, aaaak… istimewa banget buat pecinta duren tulen seperti saya ini.

Eh, duren ini buah durian loh yaaa… bukan duren = duda keren wekkksss 🙂

***

Berdomisili di Surabaya membuat saya cukup kesulitan menemukan destinasi kuliner yang menawarkan beragam masakan khas Palembang. Maklumlah, untuk bikin menu pempek dan aneka sodara-sodaranya itu, dibutuhkan skill masak yang mumpuni. Kalau takarannya nggak pas, atau cara nguleninya yang kurang sip, dijamin, kita hanya akan mendapatkan masakan tepung bulet-bulet belaka 😛

Cuko juga jadi faktor determinan, apakah pempek ini masuk kategori layak dikonsumsi (secara rasa) atau enggak. Sering nih, saya beli pempek dengan cuko yang amburadul. Nggak ada sedap-sedapnya sama sekali. Kecewa Hayati, Bang… kecewa….

Setelah eksplorasi sana-sini, saya bertemu dengan satu brand pempek yang lumayan banget di lidah. Namanya, Pempek Ny Farina. Pertama kali, saya menjajal penganan ini di Royal Plaza. Serupuuuuuttt, cukonya lumayan mantap!

(kalo di Surabaya, cuko itu bisa dituangin banyaaak banget, mirip kuah. Padahal, kalo di Palembang, cuko hanya dicocolin gitu doang)

Lebih bersyukur lagi, karena ternyata Pempek Ny Farina buka outlet di kawasan Rungkut! Ihiiiir, deket banget dong, dari rumah. Nggak perlu kemrungsung, bingung cari parkiran kalo kudu ke mall segala macam. Iyah, belakangan ini, saya agak “alergi” ke mall, gegara puyeeeng kalo cari tempat parkir. Dan, kayaknya mall udah jadi sarana hiburan mainstream banget buat warga kota, ahh, malesin banget deh. Aku mau ikut-ikut Fadly ex PADI juga aaah 🙂

Baca: Fadly Pantang Ajak Anak ke Mall

Interior outlet Pempek Ny Farina ini juga sedap dipandang mata. Teduh, menenangkan, dengan ornamen berwarna serba cokelat di sana sini. Sukaaa!

Pempeknya recommended, karena mereka mengklaim diolah wong kito Palembang asli.

Udah gituuuu, resto ini sebelahan dengan resto Rawon Wongso! Naaah, Sidqi kan doyan rawon tuh. Jadi, kita nggak perlu ribet milih resto pempek atau rawon, karena semuanya ada di satu lokasi! Asik asik…

img_1667

Rawonnya piye?

Hmmm, saya sempat nyincipin dikit 🙂 Kalau menurut saya sih, rawonnya masih enakan di tempat lain. Karena emang rawon kan masakan asli Suroboyo yak.

Kuah rawonnya terlampau kental sih. Bumbunya juga kurang nendang. Untunglah, daging rawon dimasak dengan kematangan sempurna, jadi amat bersahabat untuk gigi anak-anak maupun lansia hihihi.

Sidqi sebagai pak Bondan ala-ala juga berkomentar serupa. Intinya, kalau lagi lewat di depan pempek Ny Farina dan atau Rawon Wongso, better pesen pempek dan bolo-bolonya aja lah ya 🙂

Selamat liburaaaan!

 

 

 

nurulrahma

Blogger bukanbocahbiasa.com

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Cara termudah untuk menghasilkan konten visual yang bagus adalah: buat konten yang memiliki keterikatan dengan audiens, mengandung unsur emosional, dan juga orisinal .
.
.
DOUBLE TAP IF YOU AGREE
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #trendingpost #popularpost #viralpost #content #brandingcontent

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top