Menulis Yuk

Pakis, Sayuran Kaya Manfaat yang Terlupakan

Sayuran merupakan bahan pangan yang harus ada dalam daftar menu harian kita. Sebagai bagian dari diet manusia, sayuran adalah sumber vitamin, karbohidrat, dan mineral yang tidak bisa digantikan dengan bahan pokok seperti beras. Tak hanya itu, zat antioksidan yang berfungsi mencegah penyakit degeneratif juga hanya bisa ditemukan dalam sayuran saja. Salah satu contohnya adalah pakis.

Sebagai sayuran, pakis memang tidak terlalu dikenal. Kepopulerannya kalah bila dibandingkan jenis sayuran lain seperti sawi, bayam, wortel, brokoli, dan lain-lainnya. Tapi jangan salah, manfaat sayuran ini tak bisa dianggap sepele!

Manfaat Pakis Untuk Kesehatan

Pakis memiliki kandungan vitamin C 26,6 mg/100 g atau 44% dari kebutuhan kita sehari-hari. Selain bisa mencegah sariawan, vitamin C juga berfungsi untuk menguatkan struktur kolagen, membantu penyerapan zat besi, meningkatkan kinerja otak, juga sebagai zat anti oksidan yang mampu melawan radikal bebas di dalam tubuh manusia. Dalam 100 gr pucuk pakis segar terkandung vitamin A sebesar 3617 IU atau 120,5% dari kebutuhan kita sehari-hari. Tak hanya berfungsi sebagai antioksidan alami, vitamin A juga mampu mencegah rabun dan kebutaan sekaligus melindungi tubuh dari serangan bakteri patogen.

Warna hijau tua yang terdapat pada daun-daun muda pakis rupanya merupakan tanda bahwa pakis kaya akan senyawa flavonoid seperti α dan β karoten. Karoten inilah yang kelak akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.
Dalam 100 gram pakis segar kandungan potasiumnya lebih tinggi dibanding sodium. Bila kadar potasium mencapai 370mg, sodium-nya hanya 1mg. Jadi bagi Anda yang menderita hipertensi tak perlu khawatir. Sebab konsumsi sayuran dengan kadar potasium tinggi bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah Anda.

Lebih jauh lagi, pakis juga mengandung vitamin B komplek antara lain thiamin, riboflavin, serta niacin. Thiamin (vitamin B1) sangat dibutuhkan oleh tubuh karena keterlibatannya dalam berbagai fungsi tubuh seperti sistem syaraf dan kerja otot. Kekurangan vitamin ini akan menimbulkan nyeri otot, gangguan pencernaan, perasaan lemah, juga kekurangan nafsu makan. Riboflavin (vitamin B2) adalah koenzim yang diperlukan dalam berbagai metabolisme energi tubuh. Kekurangan vitamin ini akan menghambat proses pemecahan karbohidrat, lemak dan protein. Jika ini terjadi maka umumnya penderitanya akan mengalami bibir pecah-pecah dan sakit pada tenggorokan. Bila tidak segera ditangani, penderita bisa mengalami anemia, pembengkakan lidah, serta gangguan syaraf. Sementara Niacin (vitamin B3) diperlukan untuk mencegah penyakit pellagra yang gejalanya meliputi diare, demensia, dan dermatitis. Selain itu, kadar kolesterol jahat dan serangan jantung bisa dicegah dengan konsumsi makanan yang mengandung vitamin B3.

Sayangnya tak semua jenis pakis bisa dikonsumsi. Menurut de Winter lan Amoroso, pakis yang umum dikonsumsi di Asia Tenggara ada dua yaitu pakis hijau dan pakis merah. Pakis hijau biasanya dari spesies Diplazium esculentum (Retz.), sedangkan pakis merah ada dua yaitu Stenochlaena palustris (Burm. f.) Bedd atau Pleocnemia irregularis (C. Presl).

Nah, agar manfaat pakis lebih maksimal ada dua hal yang harus diperhatikan:

1. Dicuci sebelum disiangi

Karena kandungan vitamin dan mineralnya mudah larut dalam air, sebaiknya cuci batang-batang pakis dalam air mengalir terlebih dulu sebelum disiangi.

2. Jangan dimasak lama-lama

Memasak pakis dalam waktu lama tidak dianjurkan. Menurut penelitan Bambang Prijadi, Titis Kusuma Sari, lan Anniversary Sabathani, kandungan beta karoten dalam pakis akan hilang bila dikukus atau ditumis. Semakin tinggi suhu, beta karoten semakin hilang. Demikian juga yang terjadi pada kandungan vitamin C pakis.

Nah, tunggu apalagi.. Yuk, kita nikmati sayuran lokal satu ini!

 

Gambar: koleksi pribadi

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Merdeka itu berani beragam dan bekerja sama. Kemerdekaan itu adalah Kerja Bersama.

Dirgahayu Indonesia ke-72. Semoga Indonesia menjadi bangsa yang maju dan bermartabat. Merdeka !

#hutri72 #kemerdekaan72 #kemerdekaanRI72

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top