Indo Blog Net

Sosok

Pak Lukman, Sosok Inspiratif di Pasar Cikini

 

Dari bincang-bincang dengan beliau, Pak Lukman adalah pria keturunan Tionghoa tapi sudah terjadi perkawinan campur antara kedua orangtuanya. Ibunya Betawi tulen. Itu juga salah satu sebabnya Pak Lukman menganut muslim.

Sosok yang sudah berumur ini memang tidak banyak yang mengenalnya selain pelanggan setianya.

Selain karena lapaknya yang sangat kecil kisaran 1×1 meter. Tempatnya juga berada di bawah Cikini Gold Center. Alhasil tidak banyak yang mengenal sosok pria satu ini.

Tapi siapa sangka, pria berusia 56 tahun ini sudah menekuni usaha reparasi jam yang diwariskan sang ayah lebih dari 30 tahun.

Meskipun lokasi rumah yang berada di sekitaran Cibubur dengan pasar Cikini lumayan jauh, tidak menyurutkan semangat beliau untuk terus menekuni profesi yang sudah semakin sedikit peminatnya.

Pak Lukman, lelaki tua yang selalu ceria dan asik menceritakan kisah hidupnya kepada pelanggan yang menggunakan jasanya untuk memperbaiki jam tangan. Sepertinya bercerita sudah menjadi trik beliau agar pelanggan tidak bosan menunggu selama jam di perbaiki.

Bapak 3 cucu ini juga mafhum benar dengan jenis-jenis kerusakan jam tangan. Mulai dari yang hanya sekadar penggantian baterai jam, tali atau rantai hingga perbaikan-perbaikan besar seperti penggantian IC (bagian mesin dari sebuah jam).

Kalau hanya mengganti baterai, butuh waktu kisaran 20-30 menit tergantung tingkat kesulitan membuka cangkang sebuah jam.

Bahkan jam saya lasebo yang sudah berusia hampir 5 tahun dan sudah habis baterai ini, setelah di bongkar Pak Lukman baru terdeteksi ternyata memiliki 2 buah baterai. “Baterai besar dan kecil, sedikit yang mengetahui jam digital dan analog seperti ini memiliki 2 buah baterai,” tuturnya.

Soal harga, Pak Lukman mematok harga untuk baterai di harga 25 ribu untuk sebuah baterai plus jasanya. Lumayan masuk akal, kan?

IMG_20160520_104809

Yang unik dari bapak yang sudah lumayan berumur ini dalam melakukan reparasi sebuah jam adalah ia selalu mengenakan kaca mata pembesar yang selalu ia sematkan di antara kulit mata atas dan bawah.

Hal ini dilakukan agar penglihatannya semakin jelas mengingat usianya yang sudah tidak mendukung lagi sebenarnya untuk menekuni profesi sebagai reparasi jam tangan.

Tapi tetap semangatnya menular kepada setiap konsumennya, termasuk saya. Menikmati setiap alur pembicaraan dengan beliau sebuah keasyikan tersendiri.

IMG_20160526_081544

Letak Counter Pak Lukman berada di lantai Dasar Cikini Gold Center

Kenapa harus ke Pak Lukman.

Kalau kalian di sekitaran Cikini, Jakarta Pusat tinggalnya, dan memiliki masalah dengan jam tangan, Pak Lukman dapat di jadikan referensi untuk perbaikan jam atau arloji.

Yah, kalau tidak rusak jam tangan pun, berkeliling di pasar modern Cikini lumayan menyenangkan, kok. Pasarnya bersih meskipun jumlah pedagang di lantai dasar masih terlihat sedikit.

Pak Lukman sendiri tidak memiliki plang nama tokonya sebagai penanda. Tapi tenang aja, tanya aja ke pedagang sekitar pasti kenal Pak Lukman. Karena cuma Bapak Lukman ini yang membuka counter reparasi jam di pasar Cikini.

Hmmm, yaย  itung-itung nolong beliau sekalian juga benerin jam. Sambil menyelam minum air.

Oh, iya satu lagi infonya. Jam operasi pak Lukmanย  mulai jam 10.00 sampai jam 16.00. Sabtu dan minggu Pak Lukman libur.

 

IMG_20160520_110823

Peralatan sederhana Pak Lukman dan Jam Tangan yang sudah kembali Normal

Plus ia juga memberikan garansi terhadap kerusakan tertentu. Pengalaman kemarin seorang teman yang jam tangannya rusak ICnya. Di reparasi Pak Lukman sudah normal dan diberikan garansi selama 1 tahun (sudah seperti beli jam baru, kan?).

“Lah, kita juga pan dikasih garansi sama si bos, ya sudah kita kasih juga ke pelanggan,” tuturnya dengan logat betawi yang masih kental bercampur dengan aksen tionghoa, ketika ditanya perihal pemberian garansi.

Rupanya ia juga memiliki seorang “bos” di sekitaran Pasar Asemka. Bos inilah yang mensuplai semua kebutuhan dan perlengkapan Pak Lukman.

Siapa nyana lulusan Boedi Oetomo ini tekun di bidang reparasi jam meskipun tidak ada lagi keturunannya yang mau melanjutkan usahanya.

IMG_20160520_113212

Kalau ia rasa perlu ditinggal, Pak Lukman akan membuat resinya kok, jadi aman dan ada buktinya ๐Ÿ™‚

Tetap semangat, Pak Lukman Hakim! Jadi teringat sebuah ungkapan. “Bagi dunia kamu bukan siapa-siapa, tapi bagi seseorang kamu adalah dunianya”. Sebab meskipun sudah usia lanjut beliau tetap menjadi tulang punggung keluarganya menghidupi keluarga kecilnya.

Saya rasa ungkapan ini sesuai dengan semangat yang coba ditularkan beliau kepada pelanggannya. Tetap semangat dan fokus terhadap usaha yang sudah ada. Profesionalisme yang patut dicontoh. Peralatan jam yang terbilang kecil, tidak menyurutkan ia untuk menekuni bidang ini dan menjadi ahlinya.

Terkadang sosok inspiratif tidak berada jauh kok, ia ada di sekitar kita tanpa pernah menyadarinya.

Sosok yang sederhana, tapi darinya kita dapat beroleh suatu pengalaman dan cerita baru.

 

 

Editor: Indoblognet

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Headline styles for your blog post ๐Ÿ‘“๐Ÿ‘“
.
Headlines are important, right? ๐Ÿ˜œ They're the first impression people get of your blog. And they can be the difference between someone clicking through to your post or not! Hehe.. ๐Ÿ™ˆ
.
Try some of these headline styles out for your blog post:
.
๐Ÿ’ฆ NUMBERED headlines - preview how much content is in the blog post: '13 ways to improve your writing'
.
๐Ÿ’ฆ GUIDE headlines - suggest a beginning to end process is contained in the blog post: 'The ultimate guide to becoming a better writer'
.
๐Ÿ’ฆ HOW TO headlines - tell the reader you can solve a problem: 'How to write great headlines'
.
๐Ÿ’ฆ COMPARISON headlines - help readerโ€™s make decisions: 'Why I use a professional instead of editing my own copy (and why my readerโ€™s love it)'
.
๐Ÿ’ฆ URGENCY headlines - compel the reader to get the information or miss out: 'Stop making these writing mistakes or you could lose your loyal readers'
.
๐Ÿ’ฆ CURIOSITY headlines - trigger FOMO (fear of missing out) with readers: 'The secret tricks I use to write a blog article every day'
.
Credit: digitaldecluttered.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright ยฉ 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top