Kesehatan

Oh, Ternyata Ini Alasannya Merokok Sambil Ngopi

Ketika masyarakat ramai berdebat masalah harga rokok yang melambung tinggi hingga berkisar lima puluh ribu rupiah sebungkusnya, saya memilih sebagai pengamat saja. Terus terang saya pernah sebal dengan perokok ketika masih sering naik angkutan umum. Di bus kota tanpa AC para perokok dengan santainya menghembuskan asap-asap di tengah sesaknya penumpang. Pikir saya saat itu kenapa mereka memaksa orang lain turut “menikmati” asap rokoknya? Rokok beli pakai uang sendiri, harusnya itu asap ditelan aja. Grrrhh seharusnya kalau mau merokok jangan di tempat umumlah. Di tempat yang khusus digunakan mangkal para perokok. Warung kopi misalnya.

Nah ini satu hal yang menarik perhatian saya. Mengapa ya orang merokok biasanya sambil ngopi, meskipun yang ngopi tidak selalu merokok. Saya menggarisbawahi kata biasanya. Tidak semua orang merokok sambil ngopi. Tetapi saya sering melihat di warung kopi banyak orang kongkow sambil ngopi. Di acara kumpul-kumpul atau jangongan orang desa biasanya juga disedikan kopi dan rokok. Merokok sambil minum kopi sepintas terlihat mengasyikkan. Sepertinya muncul slogan “teman paling pas saat merokok ya kopi hitam” bagi sebagian pecandu rokok. Bahkan slogan dan tayangan iklan rokok tak segan menyandingkan kopi dan rokok secara terang-terangan. Masih ingat jingle iklan “kopiku kental, musikku keras, rokok kretekku mantap? Kira-kira mengapa perokok senang minum kopi. Adakah efek menyenangkan dari perpaduan kedua hal yang dianggap simbol lelaki sejati? (padahal penilaian tentang lelaki sejati kan bukan dilihat dari rokok dan kopi namun bagaimana caranya bertanggung jawab dan berkaitan dengan eksistensi)

Ini Alasannya Perokok Senang Ngopi

Mengapa perokok berat pada umumnya juga pecandu kopi? Jawaban dari pertanyaan tersebut mungkin bisa bersifat subyektif. Iseng-iseng saya pernah menanyakan ke beberapa perokok mengapa mereka juga suka ngopi. Alasan yang paling sering diutarakan para perokok adalah karena kopi dapat meningkatkan rasa nikmat saat menghisap rokok. Sangat berbeda jika merokok diselingi minum teh, susu atau air putih. Sayuran, buah dan susu serta minuman tak berkafein menyebabkan rasa rokok menjadi hambar. Sementara kafein pada kopi memperkuat “rasa nikmat” nikotin.
Sebuah penelitian pernah dilakukan tim riset Duke University Medical Center in Nicotinde dan Tobacco Research.

Menurut penelitan mereka jenis makanan ternyata sangat mempengaruhi kebiasaan merokok. Daging merah, alkohol dan kopi terbukti memperkuat rasa nikmat yang disukai perokok. Perokok berat cenderung mengkonsumsi kopi dalam jumlah lebih besar daripada pecinta kopi yang bukan perokok. Nikotin menyebabkan efek bersaing dengan kafein. Kafein dan nikotin memiliki kesamaan dapat menyebabkan kecanduan. Oleh karena itu seorang pecandu rokok yang minum kopi akan mencandu kedua hal tersebut sekaligus. Ooo ini sebabnya mengapa perokok berat suka sekali ngopi. Kalau dalam dunia masak memasak dikenal MSG sebagai penguat cita rasa maka dalam soal merokok minum kopi akan memberikan sensasi memperkuat cita rasa nikmat rokoknya.

Bahayakah Ngopi Sambil Merokok?

Kopi dan rokok dianggap sebagai pereda stress sehingga ngopi sekaligus merokok adalah kenikmatan tersendiri bagi pecandu. Faktanya kafein bisa berfungsi memberikan rasa nyaman sekaligus bisa memicu stress pada kondisi tertentu. Kafein dapat meningkatkan kadar dopamine sehingga membuat hati terasa lebih nyaman. Namun kafein ternyata memicu stress pada orang yang telah dilanda stress dan panik. Kafein jika dikonsumsi pada jumlah wajar yaitu tidak lebih dari 200 Gram per hari tidak menyebabkan efek merugikan. Hal jauh berbeda didapatkan dari rokok.

Seluruh zat yang terkandung pada rokok tidak memberikan efek positif. Tir dan nikotin adalah racun yang sangat berbahaya bagi tubuh. Merokok dapat menyebabkan gangguan pada jantung, menyebabkan kanker paru-paru, menimbulkan masalah pada gigi, menyebabkan penuaan dini dan menurunkan kualitas sperma. Tanpa minum kopi pun merokok sudah membahayakan kesehatan.

Merokok sambil minum kopi tidak berarti dapat mengeliminir dampak negatif tar dan nikotin. Sebaliknya minum kopi melebihi dosis wajar dapat menimbulkan berbagai efek samping seperti meningkatkan asam lambung sehingga memperbesar resiko penyakit lambung dan menyebabkan jantung berdebar. Perlu diwaspadai jika terlalu sering merokok sambil ngopi. Mengkonsumsi rokok dan kopi dalam waktu bersamaan dapat menyebabkan jantung bekerja lebih cepat karena stimulant yang ditimbulkan kafein dan nikotin. Akibatnya jantung relatif lebih mudah menderita gangguan dan kerusakan.

Kesimpulannya ngopi asal tidak berlebihan tampaknya aman buat kesehatan. Sedangkan merokok? Yaa silahkan dijawab sendiri dan tanyakan dalam hati. Kalau menurut saya bahaya merokok paling besar dengan harga puluhan hingga ratusan ribu sebungkus tentu saja kesehatan kantong hehehe. Bagi para perokok andai tetap memutuskan untuk merokok apapun yang terjadi, tolong hargai hak orang lain yang tidak suka asapnya, jangan merokok di tempat umum dan fasilitas publik.

 

 

 

Image source: pixabay.com

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Helooo, sahabat Indoblognet 😍 Di sini gerimis romantis, gimana di tempat kalian? Hihi..
.
Ngomongin tentang bisnis nih ya, banyak yang bilang bahwa kesuksesan bisnismu tergantung dari sehebat apa rencana pemasaran bisnis yang kamu buat 😁
.
Tapi guys, kamu bisa melakukan perencanaan bisnis sebanyak yang kamu inginkan, namun bisnismu tetap akan jalan di tempat bahkan gagal jika kamu gak berorientasi untuk menciptakan sebuah produk bisnis yang bernilai
(berkualitas) 😍
.
Menjual produk tanpa kualitas yang baik, adalah kesalahan dalam bisnis. Karena, tanpa produk yang bagus dan bisa diterima di masyarakat, strategi marketing sebaik apapun gak akan membantu bisnis kamu untuk berkembang 😆
.
Kemungkinan terburuk, bisnismu bisa hancur bahkan sebelum masyarakat mengenal produk yang kamu jual 😅
.
Sumber: smartbisnis.co.id
.
#indoblognet #mbcommunication #business #smartbusiness #businesstips #success #quality #businessplan #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top