Gaya Hidup

Oh, No! Athletes Foot Bikin Kaki Not Good

 

Kaki merupakan bagian penting yang kerap diabaikan perawatannya. Kebanyakan orang terfokus merawat wajah ketimbang bagian yang tersembunyi di balik kaus kaki dan sepatu ini. Padahal jika dibiarkan masalah pada kaki akan menganggu aktfitas sehari-hari. Salah satu contoh gangguan pada kaki ini adalah athlete’s foot (tinea pedis) atau disebut juga dengan kutu air di Indonesia. Meski tidak sampai menyebabkan kematian, Athlete foot’s menyebabkan rasa sakit dan membuat penderitanya sulit berjalan.

Athlete’s foot (tinea pedis) adalah infeksi jamur yang menyebabkan kulit di antara jari dan telapak kaki bersisik, menyerpih, dan gatal. Penyakit tersebut ditandai oleh munculnya rona merah, gatal, dan rasa panas seperti terbakar. Dilansir dari Mayo Clinic, infeksi kutu air juga bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain seperti tangan, kuku, dan pangkal paha. Hal ini terjadi kala Anda menggosok atau menggaruk bagian yang terinfeksi. Hal lain yang harus Anda ketahui, orang yang sudah pernah terinfeksi athlete’s foot cenderung lebih mudah terkena infeksi kembali di kemudian hari.

Jamur penyebab kutu air tersebut biasanya berkembang di tempat-tempat yang basah dan lembab seperti kamar mandi, ruang ganti kolam renang, dan area lain yang kerap digunakan berlalu lalang tanpa alas kaki. Kerap berbagi perlengkapan pribadi seperti handuk, sepatu, dan kaus kaki juga menyebabkan terjangkitnya penyakit ini. Peralatan pedicure yang kurang terjaga kebersihannya juga bisa menjadi perantara infeksi. Kontaminasi jamur trychophyton bisa juga menyebar lewat gosokan dan garukan di atas seprai, permadani atau keset yang dipakai penderita athlete’s foot. Kaus kaki yang lembab dan basah oleh keringat juga menjadi tempat berkembangnya jamur Trychophyton.

Untuk mengetahui apakah Anda menderita penyakit tinea pedis atau tidak, biasanya dokter akan melakukan pengamatan pada area yang terinfeksi terlebih dahulu. Baru kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik. Pada proses ini diperlukan contoh jaringan kulit yang akan di uji menggunakan tes KOH atau tes mikroskopi.

Pencegahan dan Pengobatan

Untuk mencegahnya terjadinya tinea pedis ada baiknya Anda memakai sandal atau shower shoes setiap kali anda ke kamar mandi, kolam, renang, ruang ganti, atau tempat-tempat lain. Jangan lupa bersihkan kaki dengan air dan sabun setidaknya sehari sekali, lalu keringkan dengan baik. Usahakan memakai segala perlengkapan pribadi Anda sendiri. Tak perlu meminjam handuk, sepatu, kaus kaki milik orang lain, perlatan pedicure atau seprai, kecuali dalam keadaan terpaksa. Gunakan kaus kaki yang bersih dan menyerap keringat setiap hari untuk mencegah berkembangnya jamur penyebab athlete’s foot. Tidak hanya kaus kaki yang harus bersih, sepatu pun harus dijaga kebersihannya. Untuk perlindungan ekstra semprotkan saja cairan anti jamur yang bisa anda dapatkan dengan bebas di apotik pada bagian telapak kaki dan bagian dalam sepatu. Anda juga bisa memberikan bubuk anti jamur ke kaki Anda. Jangan lupa memberikan kesempatan kaki Anda bernapas sekurang-kurangnya 24 jam sebelum Anda memakainya kembali.

Dilansir dari laman US Pharmacist pengobatan tinea pedis bisa dilakukan secara topikal atau sistemik. Secara topikal dilakukan dengan mengoleskan obat luar baik berupa krim, cairan, spray, atau powder pada bagian yang terinfeksi dan area sekitarnya. Sebelum melakukan pengobatan cuci dan keringkan kaki yang terinfeksi oleh jamur tersebut. Baru gunakan obat topikal tersebut sesuai anjuran dokter. Lakukan pengobatan hingga tuntas untuk mencegah infeksi datang kembali, kurang lebih selama 2-6 minggu. Sedangkan pengobaan sistemik dilakukan lewat oral atau injeksi yang bisa memberikan efek tidak menyenangkan bagi tubuh, seperti diare atau ruam kulit.

.

Image source: pixabay.com

 

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Ini Video Versi Layanan Masyarakat untuk Anti Drugs Campaign. Supported BNN dan MB Communication

Kalau temen-temen punya cerita, ide seru dan bikin video masih bisa ikutan lombanya yah. Cek hastag
 #IniCaraGueCegahNarkoba
Teman-teman bisa Minta Tolong Subscribe, Share dan komen yah.

Share boleh di Instagram, twitter dan FB
Linknya :

https://youtu.be/zOCgnf66Hik

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top