Branding

Nuzulul Arifin: Menjemput Nafkah Barokah Melalui Ngeblog, Why Not?

Berkah Ngeblog, pasti rekan-rekan blogger sudah sangat familiar dengan dua kata ini. Sempat membuat jagad perbloggeran mendadak “berisik” ngomongin #BerkahNgeblog. Saya yang memperhatikan kebisingan itu, hanya tersenyum-senyum saja dari balik layar smartphone, mengamati lintasan timeline. Nggak ada yang salah dalam istilah itu. Kenapa”sempat” dipermasalahkan, bukankah  itu merupakan sebuah ungkapan kegembiraaan, dari kegiatan ngeblog bisa membuat blogger banyak keberuntungan. Entah itu keberuntungan silaturahmi, networking, hadiah lomba, gudibek, doorprize dan syukur-syukur dapat kerjaan job review atau content atau apalah yang bikin kantong blogger jadi penuh. Aah, karena saya bergerak di bidang agensi komunikasi yang membutuhkan blogger, saya merasa #BerkahNgeblog itu sesuatu yang wajar dan patut disyukuri dilakukan oleh rekan-rekan blogger. Semoga saja aktivitas bloggingnya membawa keberkahan karena niatnya murni untuk berbagi inspirasi, manfaat, dan kebaikan lainnya.

Seperti Berkah Ngeblog yang selama ini dirasakan oleh seorang Nuzulul Arifin, mencuri perhatian saya untuk mengenalnya lebih dekat. Kami pernah bertemu beberapa kali dalam sebuah event. Jujur penampakannya di media sosial dan dunia nyata berbeda. Ternyata doi begitu gesit, lincah. Sepertinya, tak ingin melewatkan kesempatan di hadapannya. Dengan bangga, ia memperkenalkan diri sebagai blogger ke narasumber atau relasi yang ditemuinya.

Nuzulul mantap mendedikasikan hidupnya untuk menulis dengan menjadi blogger. Di luar itu, ia juga menjadi pendamping umroh, mengajar, dan praktisi HRD. Sibuk kali bapak yang baru saja diberikan rejeki “anak” lagi ini.

Bukannya hanya sibuk dengan urusan perbloggeran, urusan ukhrowinya pun gak kalah asiknya dinikmati. Setiap kali saya WA untuk urusan “pekerjaan” kerapkali mendapati jawaban WA-nya, “Maaf mbak, slow respond, lagi di pengajian”, atau “sedang di mesjid”. Hmm..jadi membuat saya malu, karena masih sedikit sekali waktu saya untuk kegiatan pengajian.. *Loh kok jadi curcol nih.

blogger keren nuzulul arifin

Apalagi kalau dengar doi bercerita tentang lika likunya menjadi seorang blogger. Saluuuttt pake banget. Baru kali ini saya menemukan seorang blogger yang militan. Dia bangga menjadi blogger yang notabene sebuah “profesi” baru yang penuh perjuangan jika benar-benar ingin nyaman dan aman ngeliat rekening penuh. Saya nggak berani menjalani profesi ini. Makanya, saya langsung mendeklarasikan diri sebagai writerpreneur, penulis “wirausaha” untuk berbagai kebutuhan promosi. Blog saya? Cukuplah menjadi #BerkahNgeblog yang akhirnya mengantarkan saya bertemu dengan blogger-blogger keren, semacam Pak Nuzulul Arifin ini.

Pria asal Mojokerto yang dalam wawancara by online dengan admin kami Arifah Abdul Majid bercerita, dunia blogging sebenarnya baru digelutinya. Tepatnya pertengahan tahun 2013. Hmm, baru jalan tahun ketiga. Sebelumnya, katanya ia pernah bekerja sebagaimana karyawan. Tetapi, jiwanya yang senang menulis, berbagi ide dan pemikiran  terus merontanya untuk nyemplung total sebagai blogger. Ia merasa ada kepuasan batin jika tulisannya memberikan manfaat besar bagi kehidupan orang yang membacanya.

Terlebih dari kepuasan batin itu, isi dompetnya bisa tebal, hehehe.. Ya, membaca kisah blogger-blogger jutawan memang  bikin semangat untuk fokus dan membangun profesionalisme di bidang ini. Pak Nuzulul, ingin bukan hanya sekedar meramaikan jagat blogging yang tengah bergempita, namun sekaligus juga mengemban misi besar untuk menebarkan content positif di dunia maya.

abon jambrong ramah tamah dengan blogger

Nuzulul Arifin begitu bersemangat menceritakan perjalanannya menjadi seorang blogger kepada Mas Okto Melandana, owner Abon Jambrong Unia sewaktu berkunjung ke kediamannya.

Dengan bermodal niat dan keberanian, Nuzulul Arifin memantapkan diri menjadi penulis dan blogger. Tekad kuatnya bukan sekadar nekat, tetapi ia sudah memperhitungkan dengan matang. Menurut ceritanya, ia berinvestasi puluhan juta untuk fokus menjalani bidang ini. Ya, butuh modal jalan untuk berguru ke suhu-suhu blogger di berbagai daerah. Termasuk menjalin relasi dengan saya, aahhhh saya ke-GR-an didekati blogger keren, Nuzulul Arifin. Walhasil, memang beberapa kali kami bekerja sama, Alhamdulillah so far so good. Sampai ketika saya tawarkan menulis di Indoblognet, dengan enteng dia langsung mendaftarkan diri menjadi member Indoblognet. Dan, giat sekali menulis hal-hal inspiratif. Total ada 13 naskah Pak Nuzulul di Indoblognet.

Atas kontribusinya di Indoblognet, beberapa kali kami apresiasikan dengan sejumlah job menulis. Meski mampu menulis dengan topik apa saja dan segmen mana saja sesuai kebutuhan klien, tetapi ia tetap selektif memilih, terutama tema-tema politik dengan tokoh yang ia tidak merasa sreg. Kendati dibayar lumayan gede sekalipun. Kami pun jadi paham, apa yang menjadi bahan tulisan yang sesuai dengan passion penyuka buku religi, humanisme dan hukum ini.

Bersilaturahmi dan bersahabat dengan para blogger menurutnya memberikan banyak kesempatan bertemu dengan orang-orang luar biasa dan inspiratif. Pintu kebaikan yang bisa menambah amalnya untuk melahirkan karya yang lebih dan lebih baik lagi. Dan, pastinya usaha mengiringi pundi-pundi nafkah barokah untuk keluarganya.

nuzulul arifin aher

Bersama dengan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan

Selain aktif ngeblog di blog personalnya: www.nuzululku.wordpress.com dan www.sahabatindonesia.xyz, ia juga giat menyebar tulisannya ke berbagai web netizen, seperti Kompasiana. Namanya pun mulai diperhitungkan di sana. Beberapa kali, ia mengikuti berbagai acara yang diselenggarakan oleh situs netizen besutan Kompas Group ini.

Tekun, ya itulah yang terpancar dari Nuzulul Arifin. Jangan ditanya sibuknya y menulis di sana-sini. Bahkan menulis buku pun dijabanin. Buku-buku yang pernah diterbitkan diantaranya: Manusia Merdeka Itu Adalah Kita (kumpulan artikel blog), tahun 2014, Manusia Merdeka Yang Hilang Dan Terlupakan (kumpulan 100 puisi), tahun 2016, serta beberapa buku antologi berupa cerpen, puisi, dan feature. Belum lagi, ia mesti mengajar di salah satu perguruan tinggi dan menjadi praktisi HRD. Waktunya sangat bernilai. Ia selalu tak pernah menyia-nyiakan waktu barang sedikit saja untuk menulis, baik di laptop, gawai maupun buku kecil / diary. Ia bisa menulis kapan saja dan dimana saja. Hmm, benar-benar produktif dan pastinya dengan bangga kami memilih Nuzulul Arifin sebagai blogger of the month (Blogger TerNgehitz) periode bulan Mei.

Hingga akhir bulan Mei kemarin terhitung ada 7 postingan yang Mas Nuz -panggilan akrabnya- tulis di Indoblognet. Kami mengapresiasi keaktifan Mas Nuz menulis di Indoblognet. Tak hanya aktif, beberapa tema yang diambil pun termasuk tema yang ‘kekinian’. Seperti saat Mas Nuz mengulas salah satu lomba blog yang bisa disebut PHP di artikel yang berjudul “Hati-hati ada Lomba Blog Pemberi Harapan Palsu. Bahasan tersebut sedang hangat-hangatnya di kalangan blogger dan ngehitz. Pak Nuz juga merespon fenomena politik yang sempat ramai beberapa hari lalu soal si Beringin.

Kategori penilaian Blogger of The Month, bukan hanya dari posting terbanyak (minimal 5 posting dalam sebulan), tetapi pemilihan tema yang  menarik, trafik pembaca banyak, dan minim edit dari tim kami.

Akhir kata, kami ucapkan selamat kepada Mas Nuz yang  terpilih sebagai Blogger Terngehitz periode bulan Mei. Semoga kemenangan ini semakin membuat Mas Nuz bersemangat dalam berkarya, khususnya di Indoblognet. Begitupun bagi sahabat-sahabat Indoblognet lainnya, kami tunggu keaktifan kalian menulis di Indoblognet, ya!

 

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, haaai smart people 😍 Asyikkk ya weekend! Have fun ya, guys 😄
.
Guys, tau gak sih kamuuu, lebih dari 3,8 milyar orang di seluruh dunia menggunakan internet, dimana jumlahnya meningkat 38 juta orang sejak Januari 2017 😁
.
Kenaikan ini menandakan bahwa penetrasi internet di seluruh dunia mencapai 51%, atau bisa dibilang orang yang pakai internet udah lebih banyak daripada orang yang nggak pakai internet, hihi.. Memang sih, tahun 2017 ini sebenarnya peningkatan jumlah pengguna internet jauh lebih lambat daripada tahun 2016 😆
.
Daaan, dari 3,8 milyar orang pengguna internet di seluruh dunia, 2,9 milyarnya aktif menggunakan media sosial, lho! Wawww 😋 Pastinya kamu termasuk di dalamnya dong, heheee
.
Sumber: youthmanual.com
.
#indoblognet #mbcommunication #internet #survey #sosialmedia #socialnetworking #weekend #saturday #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top