Inspirasi

Ngobrol Bareng Agatha Suci: “Dua Anak Gue Berkebutuhan Khusus”

Kemarin malam, gue kedatangan teman lama yang sudah cukup lama tidak bertemu. Dalam pertemuan itu akhirnya kami membahas masalah rumah tangga masing-masing (sama-sama sudah merit cuy!). Ditengah obrolan tiba-tiba wajah teman gue berubah mendung. Gue pun semakin penasaran

” What’s wrong?”

“Gue lagi stress nih. Pusing banget.”

Pertanyaan-pertanyaan pun mengalir layaknya seorang wartawan sedang mengajukan serentetan pertanyaan pada narasumbernya. Ternyata teman gue stress gara-gara anak satu-satunya mengalami gangguan dalam tumbuh kembangnya atau disebut berkebutuhan khusus.

Dari obrolan tadi malam itu, gue jadi teringat dengan seorang penyanyi jebolan Indonesian idol angkatan 1, Agatha Suci atau lebih dikenal dengan nama Suci idol. By the way, masih ingat Suci Idol nggak?

Baiklah, gue mau berbagi cerita tentang pertemuan gue dengan Suci idol beberapa waktu lalu disebuah kafe di Plasa Senayan, Jakarta Selatan. Sore itu Suci lagi mengisi acara launching produk elektronik. Usai melantunkan beberapa lagu, Kami pun “mojok” disebuah ruangan sambil ngobrol-bgobrol seru layaknya teman lama yang sudah lama tidak bertemu. Sebenarnya waktu jaman Indonesian Idol angkatan 1 sampe ke 3, gue masih rajin liputan acara tersebut. Dan gue mengikuti banget sepak terjang para peserta hingga carut marutnya.

Kini, setelah bertahun-tahun tidak bertemu, akhirnya gue bisa bertatap muka lagi dengan Suci. perempuan berperawakan tinggi langsing ini memang terkenal selalu ceria dan wajahnya mungkin sudah di “cetak” sama Tuhan dengan sneyuman yang selalu ceria. (but, we never know her problems, right?!)

suci idol

Suci, suami dan kedua anaknya

Berikut obrolan gue dengan perempuan yang kini telah memasuki usia 31 tahun itu.

Sudah lama nggak pernah ketemu ya. Kesibukannya apa sekarang?(pertanyaan klise ya..hehehhe)

Sekarang sedang mempersiapkan Album perdanaku nih. Lagi menuju proses prmosi ke radio-radio dan media.

Oo, congratulation dong. Semoga lagu-lagunya bisa ngehits..

 Makasih banget..

By the way, selama menghilang kamu kemana saja? Kan jarang muncul di tv?

 Betul, gue memang jarang muncul di tv, tapi nggak menghilang juga sih. Karena masih sering menerima tawaran job nyanyi di acara-acara off air. Sesekali memang pernahlah diundang ke acara tv.

Masih sering bertemu dengan anak-anak idol angkatan kamu?

 Masih. Kita kan juga punya grup di WA. Jadi, meski jarang ketemu, tapi masih sering keep in touch by wasap.

Lebih sering ketemu dengan siapa?

 Paling sering ya dengan Helena. She’s not only my best friend but my sister. Gue bisa cerita apa saja dengan dia. And she knows me everything. Tapi, sama Gisella dan beberapa teman-teman idol juga masih sering ketemu juga kok.

Sama-sama sudah menikah juga kan?

Ya, of course! kita sudah jadi ibu-ibu lho…(ketawa lebar)

Cerita dong tentang Suami dan anak-anak lu?

Well, gue menikah waktu usia gue masih 19 tahun, tepatnya tahun 1999. Laki-laki yang menikahi gue adalah laki-laki yang telah memacari gue selama 5 tahun. Karena gue yakin dia begitu sayang, cinta dan perhatian sama gue, akhirnya gue mau menikah dengan dia. Meski awalnya gue sempat nanya juga ke dia,” kita pacaran sudah 5 tahun, hubungan kita ini mau dibawa kemana?”. Akhirnya kami menikah deh (tertawa lebar lagi)

Masalah anak gimana?

Setelah gue menikah, gue hamil. Tapi, saat hamil anak pertama, gue keguguran. Mungkin Tuhan punya rencana lain sehingga kehamilan gue mengalami keguguran. Bisa dibayangkan gimana kehilangan bayi yang sudah dinanti-nantikan kehadirannya. Tapi, meski sedih, gue iklas dan gak mau berlarut-larut dalam kesedihan.

Trus…

Tahun berikutnya, gue hamil lagi. Belajar dari keguguran anak pertama, kehamilan ini gue lebih hati-hati lagi menjaganya. Sampai akhirnya lahiran, Puji Tuhan, bayiku lahir dengan selamat. Rasa bahagia banget bisa melahirkan dengan selamat. Pokoknya gue dan suami menyambutnya dengan suka cita.

Namun, seiring berkembangnya si bayi, ternyata Suci dan suami menyadari kalau bayi mereka berbeda dengan bayi-bayi pada umumnya. Karena si bayi memiliki Kebutuhan Khusus atau sering disebut Children with special needs. Untuk memastikan, mereka pun konsultasi pada dokter anak yang faham masalah itu. Setelah diperiksa ke dokter, ternyata bayi mungil nan cantik bernama Kahlia, mengidap SPD (Sensory Processing Disorder)

 Reaksi kamu seperti apa waktu itu?

Karena buah hati saya mengidap SPD, maka saya pun memutuskan untuk 100 persen mengurus dia. Tidak mudah memang. Tapi, hanya seorang ibu yang mengerti kondisi anaknya lah yang bisa menjaga dan membesarkannya dengan sepenuh hati.

(SPD merupakan gangguan tumbuh kembang yang menunjukkan ketidak mampuan otak dalam memproses, menyesuaikan sinyal sensori, atau indera menjadi respon perilaku.)

Selain putri pertamanya (5.5),  Suci pun hamil akan kedua dan lahir dengan jenis kelamin laki-laki. Lengkap sudah kebahagian Suci dan suami memiliki sepasang “hadiah” dari Tuhan. Tapi, lagi-lagi Tuhan memberikan hadiah yang “khusus” untuk mereka. Karena anak kedua mereka pun mengidap gangguan berbicara alias Delay Speech
Anak kedua kamu berkebutuhan khusus juga?

Iya. gue mendapat paket komplit dari Tuhan. Anak kedua gue juga mengidap delay speech. Mungkin karena sering melihat kakaknya sulit berbicara, jadi adiknya pun ikut-ikutan jadi sulit berbicara.

 Anak kedua sekarang usia berapa?

Boboy usianya sekarang 3.5 tahun.

 Berat kah menbesarkan dua anak dengan berkebutuhan Khusus?

 Kalau dibilang berat, pasti berat ya. Tapi, masak kita harus menyerah? gue tidak akan pernah menyerah sejengkalpun untuk membesarkan anak-anak gue. Buah hati dan darah daging gue. Gue dan suami sangat menyayangi mereka. Mereka adalah “cahaya” dalam rumah tangga kami.

Meski membesarkan dua buah hati dengan Berkebutuhan khusus, namun, dari raut wajah Suci tidak pernah terpancar kekecewaan. Dia selalu ceria. Bahkan, jika Anda melihat akun Instagramnya @AgathaSuci, Anda bisa melihat bagaiaman da membesarkan dan mengasuh buah hatinya dengan penuh kasih sayang.

Mungkin dia  juga ingin menunjukkan pada semua orang, bahwa apa yang dia rasakan, dia alami dan dia jalani itu bukanlah beban, melainkan GIFT yang diberikan Tuhan untuk orang-orang pilihan. Sehingga dia tidak pernah menjadikan buah hatinya yang memiliki special needs itu beban. Justru dia ingin membuktikan kalau titipan Tuhan itu adalah aset yang sangat berharga dan harus dijaga dengan baik sampai mereka besar kelak.

Jika melihat bagaimana Suci membesarkan anak-anaknya tanpa pernah mengeluh, masak teman gue yang laki itu harus terus-terusan mengeluh? Come on, man! Kamu harus tegar.

 

Very Barus

Seorang penulis buku, blogger, fotografer dan Videografer. Menyukai dunia traveling dan adventure. Telah menjelajahi beberapa daerah dan negara di Asia. Mendaki beberapa gunung di indonesia Dan sangat menyayangi dan melindungi binatang dan tangan-tangan jahil manusia.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Awal bulan lalu MB Communicatiin - Indoblognet hadir dalam acara Superkids Colouring Competition K-Kids Omega dari @klink_indonesia_official
Di Pontianak

Akan hadir lagi nih di Kota Bandar Lampung dengan kegiatan yang serupa.

Selamat Blogger Lampung yang sudah terpilih di tunggu konfirmasi kehadirannyam

Sampai bertemu ya 
#KlinkKKidsOmega
#KlinkKidsColoringCompetition
#KlinkSolusiHidupmu
#KlinkMember15olusi
#KlinkIndonesia

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top