Gaya Hidup

Nginap di Hotel Harus Jaga Etika, Lho!

TRAVELING identik dengan  nginap di hotel, villa, cottage atau juga di hostel hingga dormitory. Biasanya, saat menginap, kita suka “kebablasan”, dalam arti, saat menginap kita suka merasa kamar yang sudah kita bayar itu adalah milik kita sementara, jadi kita bebas melakukan apa saja, berbuat apa saja dan bertingkah laku apa saja. Tidak jarang juga, kita sering mengabaikan etika-etika yang diajarkan oleh orangtua. Misalkan pulang ke hotel sesuka hati bahkan hingga dini hari. Suka nyanyi-nyanyi seenaknya tanpa memikirkan betapa sumbangnya suara kita dan jadi beban penderitaan bagi yang mendengarnya.  

Untuk itu, disini gue pengen memberi  tahu hal-hal yang perlu diperhatikan saat kita menginap di hotel, villa, cottage dan sebagainya:

Jadilah Tamu Yang Ber-Attitude

Banyak tamu hotel yang suka merasa raja/ratu di hotel  itu. Meski ada slogan,”tamu adalah raja”, bukan berarti Anda langsung bertingkah layaknya seorang raja yang harus dilayani dan  suka memerintah seenaknya. Anda juga harus fahami, tamu di hotel tersebut bukan cuma Anda doang, melainkan banyak. Jadi, jaga sikap dan attitude Anda. Karena sikap Anda merupakan cermin dari kepribadian Anda.  

Ask Before…

Tidak Ada salahnyaselalu  bertanya pada petugas hotel (room service, receptionis. manager hotel dll) setiap kali Anda ingin minta tolong atau membutuhkan sesuatu. Tanya lah terlebih dahulu apa yang Anda anggap tidak faham daripada Anda melakukan sesalahan yang dapat mempermalu diri Anda.

Sopan

Meski, you can do everything in hotel, tapi bukan berarti Anda bisa melakukan apa saja dan dimana saja. Anda boleh bercinta dengan pasangan Anda di tepi kolam renang atau Anda boleh mendengarkan musik kesukaan Anda. Tapi, tidak ada salahnya jika  Anda memperhatikan tamu-tamu yang menginap di hotel tersebut.  Tentu Anda tidak ingin menjadi “tontonan” tamu yang ada di hotel tersebut bukan? Atau tamu-tamu melaporkan Anda pada pihak hotel karena kenyamanan mereka terganggu. So, be nice guys.

Compliment Only

Biasanya hotel-hotel menyediakan  makanan atau minuman serta perlengkapan mandi (sabun, shampoo, conditioner, body lotion) untuk dipakai tamu yang menginap. Bahkan, Anda juga boleh membawa pulang barang-barang ber label “compliment Only” sebagai wujud kenang-kenangan dari hotel pertanda And apernah menginap disitu. Tapi, jangan sampai  Anda kebablasan dan menganggap semua yang ada di dalam kamar merupakan komplimen. Dengan seenaknya Anda membawa barang-barang lainnya yang bukan untuk dibawa. Jangan sampai Anda disuruh mengganti rugi barang yang sudah Anda masukkan ke dalam tas Anda.

Keep The Room Clean

Banyak penghuni hotel meninggalkan kamar yang mereka tempati seperti “kapal pecah”. Berantakan, jorok dan penuh sampah tisu dan punting rokok. Tentu Anda tidak ingin di cap sebagai tamu beratribut “penjorok” bukan? Ada baiknya, sebelum meninggalan kamar hotel, Anda membersihkan layaknya Anda meninggalkan kamar pribadi Anda. Meski ada petugas room service yang  akan membersihkan bekas kamar Anda. Tapi, bukan berarti Anda bisa seenaknya meninggalkan kamar Anda dengan wujud yang menyeramkan alias berantakan. .  keep your room clean, buddes!

Berikan Tips

Selama menginap, hampir setiap saat Anda menyuruh petugas hotel untuk mengantarkan sesuatu ke kamar Anda. Tapi, dengan tanpa ada perasaan, Anda tidak memberikan tips sebagai wujud terimakasi Anda. Meski jumlahnya tidak seberapa, Tips yang Anda berikan sangat besar artinya bagi mereka. Berikanlah sebagai ucapan terimakasih Anda.

 Say Thanks

Katakan “terimakasih” setiap kali Anda dilayani. Ucapan sesimple itu benar-benar menjadi sebuah kehormatan bagi mereka yang telah melayani Anda. So, jangan pernah lupa mengucapkan “terimakasih” ya.

 

 

Very Barus

Seorang penulis buku, blogger, fotografer dan Videografer. Menyukai dunia traveling dan adventure. Telah menjelajahi beberapa daerah dan negara di Asia. Mendaki beberapa gunung di indonesia Dan sangat menyayangi dan melindungi binatang dan tangan-tangan jahil manusia.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Kabar bahagia nih khususnya bagi warga Tangerang Selatan dan sekitarnya. Sekarang ga susah lagi mencari kebutuhan oleh-oleh haji dan perlengkapan muslim, @bursa.sajadah sudah ada di BSD loh. Tepatnya di Ruko Tol Boulevard C No. 11-12. Jalan Pelayangan BSD, Tangerang Selatan.

Alhamdulillah Bursa Sajadah sejak didirikan tahun 1998, terus berekspansi. Bursa Sajadah di BSD ini merupakan cabang ke-9, setelah di  Bandung, Bekasi, Bogor, Jakarta, Malang, Solo dan Surabaya.

Tuk yang mau belanja2 kebutuhan lebaran atau ingin memberikan sesuatu yang spesial tuk orang2 tersayang, selagi masih grand opening di BSD, siapa tahu dapat harga yang spesial :) Tuk rekan2 blogger terpilih di wilayah Tangsel, kita nanti bersilaturahmi ya di Grand Opening Bursa Sajadah BSD, Kamis, 1 Juni 2017.  #BursaSajadah #bursasajadahBSD #skvgroup #Tangerangselatan

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top