Blogging

Nggak Percaya Ngeblog Rame-rame Asyik Juga?

Waktu bergulir, teknologi pun terus berkembang. Sejak internet menjadi sarana penghubung bagi orang-orang yang terpisah jarak dan waktu berbagai media komunikasi yang bekerja dengan basis internet bermunculan. Email, chatting hingga blogging. Blog atau weblog bisa diartikan sebagai aplikasi web yang membuat posting artikel secara berurutan, bisa berupa tulisan saja atau tulisan disertai gambar dan kini pun mulai marak posting tulisan dilengkapi video alias vlog. Weblog ini bisa diakses oleh semua pengguna internet dan bisa berfungsi sebagai sarana saling bertukar informasi atau saling menginspirasi.

Tujuan ngeblog? terserah masing-masing individu. Ada yang ngeblog untuk mencurahkan isi hati jadi semacam diary, ada yang ngeblog karena sekedar ikut lomba menulis karena suka asyiknya berkompetisi, ada yang ngeblog karena ingin berbagi ilmu sekaligus meluaskan jaringan untuk saling bertukar pengetahuan, ada yang ngeblog karena butuh sarana untuk promosi barang dagangan. Mau ngeblog untuk asyik-asyikan atau untuk materi atau malah pinginnya ngeblog asyik tapi dapat kenalan sekaligus penghasilan sah-sah aja karena hidup butuh berbagi, butuh teman, butuh duit juga hehe.

Nah ngeblog ini nggak cuma ngeblog di blog-blog pribadi, baik yang domain sendiri maupun numpang di wordpress, blogspot dan semacamnya tapi banyak pula “blog rame-rame” seperti contohnya Indoblognet.com ini. Saya punya blog pribadi dan fungsinya semacam diary sekaligus untuk ikutan lomba menulis. Tapi saya juga suka ikut nulis di blog rame-rame begini.

Mau tahu asyiknya ngeblog rame-rame? ini dia hal-hal yang menjadi sebab blog atau komunitas blogger tak pernah sepi dan selalu asyik untuk diikuti:

1. Tidak perlu susah-susah setting blog dan tetek bengek lainnya

Buat blogger gaptek macam saya nguprek blog bisa butuh waktu seharian. Bahkan sampai sekarang saya masih suka mikir bagaimana sih agar posting foto bisa terlihat buesaar dan menarik perhatian hahaha. Nah, saya suka banget tampilan Indoblognet karena foto-foto jadi terlihat besar, maksimal dan eye catching. Asyiknya tinggal upload di tempat yang tersedia lalu menikmati hasilnya

2. Bertemu teman-teman baru

Komunitas blog rame-rame ini membuka kesempatan berkomunikasi lebih intens untuk bertemu rekan blogger baru dari segala penjuru, dari berbagai bidang ilmu. Malah seringkali keterusan dari kenalan di dunia maya lalu kopdar dan menjalin silaturahim di dunia nyata.

3. “Mini Blogwalking”

Di dunia blogger dikenal istilah “blogwalking” Istilah ini berarti jalan-jalan ke blog orang lain. Tujuannya selain untuk silaturahim juga untuk menikmati artikel-artikel terbaru. Di blog rame-rame seperti Indoblognet ini mau jenis artikel apa saja tinggal pilih, politik, inspirasi, ekonomi, entrepreneur, wisata, kesehatan, hobi, parenting, gaya hidup atau teknik fotografi bahkan gadget dan teknologi. Kalau lagi nggak punya waktu browsing untuk menikmati artikel-artikel sesuai tujuan membaca bisa ber”mini blogwalking” alias jalan-jalan ke berbagai posting di blog rame-rame di masing-masing kategori tulisan. Wah jadi seperti ikut jalan-jalan ke berbagai tempat wisata atau mencicipi kulinernya.

4. Upgrade Branding

Salah satu keasyikan ngeblog rame-rame adalah upgrade branding. Ya gimana coba, asik aja kan kalau nulis di blog rame-rame trus dibaca khalayak ramai. Postingnya menjadi viral karena bermutu dan dibutuhkan banyak orang. Bisa saja menjadi jalan pintu rezeki tawaran menulis di media tertentu. Paling tidak menulis dengan susah payah dan kemudian bermanfaat bagi sesama itu sangat menyenangkan. Apalagi di Indoblognet ini setiap akun penulis atau kontributornya memiliki fitur yang langsung konek ke media sosial masing-masing sehingga terbuka kesempatan untuk menambah follower.

5. Mendapatkan ilmu tambahan

Blog rame-rame seperti Indoblognet sering mengadakan event atau acara offline yang bersifat menambah wawasan dan pengetahuan. Seminar, coaching foto atau membuat video, kursus doodling, praktek decoupage atau kunjungan ke instansi dan berdiskusi bareng serta berbagai kegiatan di dunia nyata yang tak kalah menarik lainnya. Nah asyik banget kan, kebayang enaknya aktif menulis di blog rame-rame, aktivitas dunia maya jalan terus eh masih dapat bonus aktivitas di dunia nyata yang keren punya. Apalagi biaya untuk mengikuti berbagai kegiatan tadi sangatlah ringan bahkan seringnya gratisss malah kadang dapat uang saku sebagai penambah stamina.

6. Rame Event dan Kompetisi

Blog rame-rame sering banget mengadakan kuis, lomba menulis, event fotografi dan aneka kompetisi lainnya. Indoblognet yang usianya baru beberapa bulan saja sudah puluhan kali mengadakan event kompetisi berhadiah menarik seperti Lomba Blog Zakiah Hijab dan kuisnya di media sosial, lomba review sepatu Nikma Basyar, lomba resensi buku, lomba video hari koperasi, lomba blog berbagi kasih sayang dan berbagai event menarik lainnya. Nah bagi yang suka kompetisi rugi dong kalau nggak ikutan menulis di blog rame-rame

B

Masih nggak percaya ngeblog rame-rame asyik juga? Lah buruan daftar sebagai kontributor di Indoblognet. Bisa dilihat banner gede-gedenya kalau ada “kado khusus” bagi kontributor dengan artikel inspiratif terbanyak setiap bulannya yang dikenal dengan sebutan event Blogger Ngehitz. Duh siapa yang nggak senang, bisa menyalurkan hobi menulis, berharap artikel yang ditulis menjadi salah satu ladang pahala eh dapat bonus sebagai penghargaan pula jika pas rezeki tiba. Yuuuk nulis rame-rame dan nikmati sensasinya yang OK!

A

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Kemajemukan  adalah anugerah dan takdir terindah dari Tuhan untuk bangsa Indonesia. Ini harus kita kelola dengan baik dalam komitmen yang sama sebagai bangsa merdeka untuk kemajuan negeri ini.

Founder Kader Bangsa Fellowship Program @kaderbangsafellowship Dimas Oky Nugroho Ph.D  @dimas_okynugroho mengajak generasi muda Indonesia untuk  turun tangan, ambil bagian  membangun kemajemukan untuk kesejahteraan dengan kerja sama, gotong royong dan kolaborasi. Merdeka !

Dirgahayu Indonesia Merdeka 72 tahun !

Mari sebarkan pesan cinta Indonesia yang majemuk !

#mudakolaborasimerdeka #mudabersatumerdeka #mudakreatifmerdeka #mudakerenmerdeka #hutri72 #indonesiamerdeka72

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top