Indo Blog Net

Kuliner

Nasi Pecel, Kuliner Madiun yang Maknyusss

Nasi Pecel siapa yang tak tahu. Kuliner dengan aneka sayuran dengan bumbu kacang. Kuliner yang banyak khasiatnya karena sayur banyak vitamin dan mineral di dalamnya. Salah satu nasi pecel yang melegenda ya nasi pecel Madiun. Gak ada duanya dan punya ciri khas yang tak ada di daerah lainnya. Yang khas ada di nasi pecel Madiun ini adalah bunga turi dan petai cina.

Kayaknya kalau gak ada kedua bahan ini belum bisa disebut nasi pecel Madiun. Karena aku pernah datang di sebuah kedai  di Cirebon yang tertulis nasi pecel Madiun tapi ternyata tidak ada bunga turi dan petai cinanya. Kalau menurut aku sih itu pecel biasa seperti pecel di daerah lain. Walau yang empunya kedai mengatakan kalau mencari bunga turi dan petai cina sulit. Satu lagi yang harus ada yaitu krupuk gendar.

Pecel sendiri terdiri dari aneka sayuran yang terdiri dari rebusan sayur bayam, touge, kacang panjang, kemangi, daun turi, krai sejenis mentimun, petai cina yang disiram dengan sambal kacang. Sama dengan salad. Kalau salad sayuran yang diberi mayones sebagai toppingnya dan pecel ini sama dengan salad asli Indonesia.

Bahan utama dari sambalnya adalah kacang tanah, cabe rawit dan bahan lainnya seperti daun jeruk purut, bawang, asam jawa dan garam.Biasanya dihidangkan dengan rempeyek udang, rempeyek kacang. Cara sajiannya biasanya dengan menggunakan daun pisang yang dilipat yang disebut dengan pincuk. Kemudian sayuran ditata dan di atasnya dituangi bumbu pecelnya.

Ini cara mmebuat pecel Madiun lengkap, jika ingin mencobanya

  1. 100 gram kecipir, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera, rebus.
    1 ikat kangkung, disiangi, kemudian direbus.
    3. 1 ikat daun kacang panjang, disiangi, kemudian direbus.
    4. 50 gram kecipir, direbus.
    5. 1 ikat daun kemangi, petik daunnya saja.
    6. 1 buah ketimun, kupas, kemudian potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
    7. Kecambah atau tauge, seduh dengan air panas.
    8. 200 mililiter air panas untuk menyeduh bumbu pecel madiun.

Cara membuatnya

  • Stelah rebusan sayuran selesai semua disusun di atas piring dan dituangi dengan bumbu pecel Madiun yang sudah jadi.
  • Bisa dilengkapi dengan nasi putih , kerupuk gendar atau rempeyek

Mudah bukan?

Saat ke Madiun setelah lama gak ke sana, ternyata sekarang cara penyajian berbeda dengan yang dulu. Jadi pertama kali sampai di statsiun  makan nasi pecel di depan statsiun tapi lucunya kalau ditambah mie goreng dan lauk yang lain. Untungnya minta jangan ditambah lauk yang lain . Ternyata sekarang modelnya begitu, nasi pecel bisa ditambah denagn lauknya. Tapi karena kebiasaan makan hanya nasi pecel makanya di lain waktu makan nasi pecel ya mintanya tanpa ditambah lauk yang lain. Istilahnya kalau sudah ditambah lauk yang lain dikenal dengan sebutan nasi pecel campur.

Dan salah satu langganan yang sering aku kunjungi adalah warung makan nasi pecel Pojok. Nasi pecel Pojok ini terletak di jalan  Cokroaminoto nomer 121. Di sini makan masih pakai pincuk dan lengkap sayurannya termasuk petai dan bunga turinya dan ditampah lempeng pulinya agar ada kriuknya. Jadi selama di Madiun hampir tiap hari menunya nasi pecel.

Nasi pecel memang makanan yang penuh manfaat karena sayuran yang mnegandung vitamin dan mineral. Jadi aku membeli agak banyak sambal pecel untuk nanti digunakan untuk membuat pecel sendiri di rumah. Walau tentunya gak lengkap karena tak ada petai cina dan bunga turinya. Dan juga membeli kerupuk gendarnya yang banyak untuk menemani  nasi pecel buatan sendiri. Nikmatnya..

 

Sumber gambar: http://www.food.detik.com

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Why VIDEO CONTENT Needs to Be a Part of Your Content Marketing Strategy 😎
.
To stand out and to build trust among your audience, it’s incredibly important to get in front of a camera 😜
.
That’s why you see NEIL PATEL suddenly pumping out more and more videos!
.
Below we're going to outline exactly why so many marketers are choosing video and why you should consider it for your business or brand as well, Guys! 😉
.
1⃣ Youtube Can Drive Great TRAFFIC
.
Having your video on YouTube gives you a chance at ranking for those big keywords you’ve always dreamed of ranking for
.
2⃣ Social Media Makes Videos Easy to View
.
Unlike blog posts which require users to actively click through to your content, videos show up and are playable on Facebook, Twitter, LinkedIn, and even in your Gmail inbox 📧
.
3⃣ Videos Can Build a Crazy Amount of TRUST
.
When you’re selling anything you need to build trust, and video content is one of the best ways of doing that because it literally lets the user have a more personal experience 😍
.
They see you or your product and they hear your pitch. It is so much more personal than a blog post
.
4⃣ People Really LIKE Video Content
.
Not only does video content build trust and drive traffic, but people also really want you or your company to create videos 📽
.
A HubSpot sales statistic found that 43% of people want to see more video content from marketers
.
HubSpot also found 51.9% of marketing professionals worldwide name video as the type of content with the best ROI
.
Credit: influencive.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top