Wisata

Museum Zoologi: Piknik Sambil Belajar

museum zoologi

Saya dan suami paling suka membawa anak-anak piknik ke tempat yang tidak sekedar: Senang-Senang, tapi sebisa mungkin ada muatan ilmu atau pengetahuan dan stimulasi bagi si kecil Pendar. Dulu, kedua kakaknya juga sama, selalu kami ajak ke tempat piknik yang bisa menstimulasi kecerdasanya.

Nah, kebetulan liburan kemarin kami mengajak anak-anak ke Bogor dengan tujuan: Kebun Raya Bogor (KBR) dan tentu saja secara otomatis masuk juga ke Museum Zoologi. Dalam reportase kali ini, saya akan mengajak kalian ke museum Zoologi ya…

Untuk masuk ke museum Zoologi kita membayar tiket Rp14.000, sementara bagi wisatawan asing dikenai bea tiket Rp25.000, tiket ini termasuk murah loh karena terhitung juga buat masuk ke Kebun Raya Bogor atau KRB. Jadi kalau kalian mau, bisa menikmati dua tempat piknik sekaligus: Museum dan suasana kebun yang rindang.
Museum Zoologi ini tidak jauh dari pintu masuk utama ke Kebun Raya Bogor, sebenarnya museum Zoologi tidak terlalu besar atau luas tapi cukup menarik untuk dikunjungin terutama bagi anak-anak. Di dalamnya terdapat aneka jenis hewan dari yang kecil hingga besar loh.

zoo4

Aneka Kepala Hewan Di Dinding Museum Zoologi

Lintang dan Pijar sangat atusias sewaktu masuk langsung melihat kepala Gajah yang ditempelkan di dinding, besar sekali. Juga Badak Jawa yang diawetkan di dalam kota kaca yang sangat besar, selain hewan-hewan yang diawetkan ada juga yang berupa kerangka.

zoo2

Mirip Hewan Hidup Ya?

Hewan-hewan di dalam museum Zoologi meski diawetkan tapi ditempatkan persis seperti kondisi hewan hidup, ada harimau besar yang disampingnya ada bangkai rusa. Ada juga kelinci di semak-semak rumput, pokoknya dilihat sekilas seperti hewan yang masih hidup.

Setiap hewan yang diawetkan dilengkapi dengan keterangan sehingga anak-anak atau pengunjung bisa membacanya dan jadi tahu asal muasal hewan tersebut. Kalau kata anak sulung saya, Mba Lintag:

“Museum Zoologi mirip buku ensiklopedia hewan ya, Bu…”

Sayang anak, saya yang bungsu, Pendar (18m) tidur nyenyak selama di dalam museum Zoologi, kalau tidak…dia pasti lebih heboh dari kakak-kakaknya karena kami sudah mengenalkan aneka hewan dari bukunya, dan salah satu koleksi buku kesayangan Pendar adalah: tentang hewan. Dia bisa meniru suara harimau dengan ekspresi dan suara auman hehehehe

Selain binatang darat, ada juga binatang air, salah satunya yang jadi maskot museum Zoologi adalah: KERANGKA PAUS BIRU karena besaaaar mirip perahu, kata Pijar. Sangking besarnya, kerangka ikan yang dipajang tinggi itu bagian bawahnya pas rongga mulut dan perut diletakkan seperangkat meja dan kursi buat pengunjung. Bisa dibayangkan berapa banyak air laut yang bisa masuk ke rongga mulut ikan paus, pasti melebihi air toran di rumah ya…

Dan, paus biru itu ternyata tidak bergigi tapi dengan mengunakan balen menyaring planton yang masuk bersama air laut yang disedot paus biru dan dibuang lagi, planton-planton yang tersaring itu lah yang kemudian jadi menu lezat paus biru, sungguh Allah SWT Maha Besar ya.

Oya, mau tahu tidak seperti apa bentuk balen? Kalau di film Finding Nemo, menurut anak-anak saya mirip sapu yang muncul di rongga mulut tapi ternyata aslinya itu balen keras mirip tempurung penyu, bentuknya panjang dan pipih seperti sodet untuk ibu menggoreng. Balen ini ada di rongga mulut Paus Biru sebanyak 250-500 buah, memajang mirip gigi berbaris….Masyaallah, sebanyak itu, kebayang dong besarnya mulut paus biru!

Coba, ponselnya gak mati, pasti deh kerangka Paus Biru saya foto. Tapi moga-moga sudah bisa dibayangkan ya dari cerita ini, atau sebaiknya langsug cusss ke museum Zoologi selagi masih liburan nih.

Buruan ya kesana, recomend deh buat ilmu pengetahuan si kecil. Transportnya mudah kok, dari stasiun kereta api Bogor tinggal keluar, naik angkot sekali bayar @Rp4000.- tapi jangan lupa ya, selain bawa kamera buat foto-foto bawa juga notes kecil untuk mencatat hal-hal yang belum kamu ketahui tentang hewan-hewan di sana.

zoo7

Eni Martini

Ibu 3 anak, penulis novel fiksi, blogger dan owner bliblibuku.com

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Alhamdulillaah, Jum'at Mubarak 😍 Hari yang paling baik untuk melakukan amal kebaikan, termasuk beraktivitas yang bernilai ibadah πŸ˜‰
.
Guys, ngomong-ngomong soal website nih ya, udah mobile responsive (mobile friendly) belum sih websitemu? 😎 Soalnya ini penting banget lho untuk diperhatikan
.
Berdasarkan survey, website yang gak mobile responsive bakal bikin pengunjung "gak jadi" mengunjungi websitemu πŸ˜† Ya iyalahhh malesin kan ya kalau harus ribet dengan tampilan web saat kamu buka lewat hp πŸ˜… Sementara saat ini, kebanyakan user menggunakan hp untuk mengakses internet, termasuk untuk membuka web..
.
Tuh guys, kalau kamu gak pengen web-mu sepi pengunjung gara-gara gak mobile responsive, buruan deh di upgrade supaya lebih mobile responsive 😁
.
#indoblognet #mbcommunication #jumatberkah #jumatmubarak #followme #tips #viral #website #survey

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top