Gaya Hidup

Muncul Jerawat karena Olahraga? Berikut Ini Cara Mengatasinya

 

Getol olahraga memang baik bagi Anda. Tidak hanya membantu mengontrol bobot tubuh—rajin berolahraga juga membantu menaikkan mood, membantu meningkat peredaran darah, serta memberi efek baik pada berbagai organ lain seperti hati dan paru-paru. Akan tetapi, ada yang tak boleh lupa dikesampingkan saat olahraga yaitu kulit Anda. Jika Anda lalai menjaganya jerawat bisa muncul dan mengurangi kecantikan kulit. Tidak hanya muncul di wajah, jerawat juga muncul di daerah lain seperti leher, dagu, pundak, bahu, dada, lengan, perut, paha dan aera intim. Sepanjang daerah tersebut memiliki folikel rambut atau menghasilkan minyak yang berfungsi untuk melembabkan tubuh. Efeknya Anda jadi malas berolahraga. Karena takut kalau aktifitas tersebut membuat jerawat tumbuh subur di tubuh Anda. Benarkah demikian? Yuk, kita cari tahu jawabannya.

Penyebab Munculnya Jerawat

Ketika Anda berolahraga secara otomatis tubuh akan memproduksi lebih banyak sebum dan keringat lewat pori-pori dibanding ketika Anda diam saja. Sebum dan keringat ini akan menutupi kulit dan terkumpul di pori-pori. Tidak segera membersihkan diri, sebum dan keringat akan menyumbat pori-pori kulit serta folikel rambut. Inilah yang menyebabkan munculnya jerawat. Kolaborasi dengan bakteri akan menyebabkan infeksi dan menyebabkan peradangan parah pada kulit. Baik di wajah atau bagian tubuh lainnya.

Penyebab lain adalah pakaian yang terlampau ketat atau terlampau kasar. Gesekan antara pakaian basah dan kulit akan menyebabkan munculnya jerawat. Terlebih dalam kondisi lembab atau panas yang tinggi. Celana pendek dengan bantalan busa seperti yang dipakai para atlet, dan tali tas yang kerap dibawa oleh penggemar olahraga golf juga memberikan efek yang sama. Topi, tali tas, dan busa bisa menghalangi penguapan keringat, sehingga pori-pori kulit akan tersumbat. Kondisi ini jelas menjadi pemicu timbulnya jerawat. Utamanya di bagian pantat dan punggung.

Cara Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Sebelum Anda berolahraga, sebaiknya bersihkan muka dari segala macam make up, sunscreen, dan moisturizer. Penggunaan make-up justru menutup pori-pori kulit dan menghalangi kemampuan alaminya untuk bernapas. Gunakan pakaian yang nyaman dan hindari pakaian ketat yang membuat kulit Anda teriritasi. Pakaian berbahan katun lebih disarankan ketimbang lycra, karena daya serap terhadap keringat jauh lebih baik. Jika rambut Anda panjang, ikatlah. Dan jangan lupa keramas sesering mungkin untuk menjaga kebersihannya. Rambut kotor yang menerpa wajah saat olahraga juga akan memicu kehadiran jerawat di wajah Anda.

Mandilah sesegera mungkin setelah Anda melakukan aktifitas fisik. Semakin lama menunda mandi, maka kelebihan keringat dan minyak dari tubuh Anda akan memicu munculnya jerawat. Saat mandi pakailah sabun berbahan aktif sulfur, resorcinol atau asam salisilat. Fungsi bahan-bahan tersebut adalah mencegah penyumbatan pori-pori kulit dan munculnya jerawat.

Bila jerawat terlanjur muncul yang diperlukan adalah menjaganya agar tidak merajalela. Caranya dengan mencuci jerawat tersebut dengan larutan cuka. Kandungan asetat dalam cuka akan membantu membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Caranya dengan mencampurkan 1 sendok makan cuka dengan 1 liter air hangat. Aduk campuran keduanya hingga merata. Celupkan spons dalam larutan tersebut dan usapkan pada bagian tubuh yang berjerawat. Lalu bilas dengan air.

Di malam hari, pakailah krim yang mengandung benzoyl peroxide. Selain membuka, pori-pori, bahan ini juga bersifat bactericidal atau mampu membunuh bakteri, sehingga sangat efektif bila digunakan untuk melawan jerawat. Tentu saja tidak bisa instan. Anda harus mengoleskan krim tersebut selama kurang lebih 4-6 minggu.

Image source: unsplash.com

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Desain website yang menarik memang bikin pengunjung web jadi lebih betah sih, ya 😁 Makanya sebagian orang memilih untuk "bye-bye" saat berkunjung ke web yang desainnya "malesin" alias gak bikin pengunjung nyaman. Kalian gimana? 😀
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #desainweb #layout #website

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top