Indo Blog Net

Tips rumah

7 Inspirasi Motif Wallpaper Ruang Tamu Mungil & Tips Memilihnya

tips memilih wallpaper untuk ruang tamu

Ruang tamu termasuk salah satu ruangan yang penting dalam sebuah rumah. Sebab ruang inilah yang digunakan untuk menjamu para tamu sekaligus menjadi ruang yang pertama kali dilihat orang yang datang ke rumah Anda. Dengan demikian penataan ruang tamu juga harus dilakukan sebaik mungkin, bukan?

Agar tamu memperoleh kesan yang bagus terhadap rumah Anda. 

Bagi Anda pemilik rumah dengan ruang tamu berukuran mungil atau sempit, pastinya harus pandai-pandai menyiasati penataan dekorasi ruangan. Dekorasi yang tepat dapat membuat ruangan jadi lebih nyaman dan terlihat lebih lapang.

Sebaliknya, salah dalam mendekorasi bisa mengakibatkan ruangan terlihat jadi lebih sempit dan tidak menarik.

Salah satu solusi mudah dalam mendekorasi ruang tamu yang sempit yaitu dengan menggunakan wallpaper. Mau tau bagaimana tips memilih wallpaper untuk ruangan sempit agar terlihat lebih luas?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Tips Memilih Wallpaper untuk Ruangan Sempit agar Terlihat Lebih Luas

Penggunaan wallpaper juga bisa kok diaplikasikan pada ruang tamu sempit. Tak hanya membuat ruangan jadi lebih indah, penggunaan wallpaper yang tepat juga bisa membuat ruangan terlihat lebih luas, lho. Ini dia beberapa tips dalam memilih wallpaper untuk ruang tamu sempit. 

Pertimbangkan motif

Pilihlah wallpaper dengan motif yang tepat untuk ruang tamu sempit, yaitu wallpaper motif simple. Motif seperti ini dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

Hindari menggunakan wallpaper dengan motif yang terlalu ramai ataupun berwarna-warni. Motif simple seperti motif garis bisa jadi pilihan tepat. 

Wallpaper motif garis horizontal akan memberikan efek ruangan yang lebih lebar, sedangkan wallpaper motif vertical dapat membuat dinding ruangan terlihat lebih tinggi. Kedua jenis motif tersebut memberikan kesan ruang lebih luas dari yang sebenarnya.

Untuk penggunaan wallpaper motif garis vertical, sebaiknya pasang hanya pada salah satu dinding saja agar ruangan tidak terlihat penuh. 

Pilih warna lembut

Tips kedua dalam memilih wallpaper untuk ruang tamu sempit yaitu pilihlah warna yang lembut atau warna pastel. Warna-warna seperti krem, biru muda, hijau muda, hingga kuning muda dapat membuat ruangan terlihat lebih lapang sekaligus cerah. 

Jika Anda ingin menggunakan warna yang lebih tua, pasang wallpaper hanya pada salah satu bagian dinding saja. Sedangkan bagian dinding lainnya gunakan warna yang lebih lembut agar estetika ruang terlihat seimbang.

Sesuaikan dengan furnitur

Agar tampilan ruangan jadi lebih menarik dilihat, Anda juga perlu menyesuaikan warna wallpaper dengan furnitur yang ada. Keseimbangan ini bukan hanya soal warna saja, tapi juga motif dan desain furnitur. Misalnya, jika sofa sudah memiliki banyak motif maka gunakan wallpaper yang simple atau minim motif. 

Sebaliknya jika furnitur terlalu simple, Anda bisa seimbangkan dengan wallpaper yang bermotif. Tapi perlu diingat, untuk ruang tamu sempit sebaiknya pilih motif wallpaper yang tidak terlalu ramai. 

Begitupun dengan warna, Anda bisa gunakan wallpaper berwarna lembut jika furnitur yang digunakan berwarna tua. Namun, jika furnitur berwarna lembut, seperti putih atau krem, sebaiknya gunakan wallpaper dengan warna lebih tua, misal kuning muda. 

Tekstur wallpaper

Salah satu tips memilih wallpaper untuk ruang tamu sempit adalah pilih tekstur wallpaper yang tidak timbul. Sebab wallpaper dengan tekstur timbul dapat membuat ruangan terkesan ramai.

Pada akhirnya hal ini akan mengakibatkan ruangan tampak lebih sempit. Selain itu, wallpaper motif timbul juga biasanya terbuat dari bahan yang lebih tebal yang menimbulkan kesan berat pada ruangan sempit. 

Letak pemasangan

Selain keempat tips memilih wallpaper untuk ruangan sempit di atas, Anda juga perlu memerhatikan letak pemasangan wallpaper. Untuk ruang tamu sempit misalnya, Anda bisa pasang wallpaper hanya pada satu bagian dinding saja, sementara bagian dinding lainnya dilapisi cat tembok biasa. 

Disamping itu sebaiknya letakkan wallpaper pada bagian dinding yang kosong, bukan pada dinding yang terdapat furnitur seperti lemari atau kursi. Hal ini untuk menghindari kesan terlalu ramai dan penuh pada ruangan yang sempit. 

Minimalkan sambungan pada wallpaper

Bukan hanya memerhatikan letak pemasangan, untuk ruangan yang sempit Anda juga perlu meminimalkan sambungan pada wallpaper. Sebab pemasangan wallpaper yang terdapat banyak sambungan akan terlihat kurang rapih dan tidak enak dilihat.

Untuk ruangan yang sempit sebisa mungkin hindari hal ini karena selain mengurangi kerapihan estetika ruang juga bisa mengganggu kenyamanan. 

Itulah beberapa tips memilih wallpaper ruang tamu berukuran mungil yang bisa Anda coba. Nah, pastinya Anda juga ingin tau motif wallpaper apa saja yang cocok untuk ruang tamu mungil, bukan? 

7 Inspirasi Motif Wallpaper untuk Ruang Tamu yang Mungil

Saat memilih wallpaper untuk ruang tamu yang sempit, sebelumnya pastikan Anda telah menerapkan beberapa tips diatas agar ruangan bisa terlihat lebih luas.

Baca juga: 7 Ide Wallpaper Dinding Rumah Minimalis & Tips Merawatnya Supaya Awet

Setelah itu Anda dapat memilih motif yang cocok dari beberapa inspirasi motif wallpaper ruang tamu mungil berikut ini:

1. Motif wallpaper pola minimalis

Jika Anda menyukai wallpaper dengan motif ramai atau pola yang rumit, sebaiknya jangan paksakan untuk memasangnya di ruang tamu sempit.

Wallpaper motif seperti itu dapat membuat ruangan semakin terasa sempit dan tidak enak dilihat. Pilihlah motif wallpaper pola minimalis yang simple dan ringan dilihat.

Motif minimalis tidak akan membuat ruangan yang sempit semakin terlihat penuh. 

2. Motif wallpaper garis vertical

 

wallpaper garis vertical

Credit: wallpapergordyn.com

Inspirasi wallpaper ruang tamu berikutnya adalah motif garis vertical. Motif yang satu ini dapat menimbulkan kesan ruangan yang lebih tinggi dari yang sebenarnya, sehingga ruangan jadi terasa lebih lapang.

Pilih wallpaper motif garis vertical dengan warna lembut untuk ruang tamu sempit.

3. Motif wallpaper garis horizontal 

Jika ruang tamu Anda tidak terlalu lebar, akan sangat pas jika dipasang wallpaper dengan motif garis horizontal. Motif ini mampu membuat ruangan tampak lebih lebar dan luas.

Namun, perhatikan pula motif garisnya, pilih motif garis yang tipis dibandingkan garis tebal. Karena garis yang terlalu tebal malah membuat ruangan tampak penuh dan sempit. 

4. Motif wallpaper tekstur halus

Motif wallpaper dengan  tekstur halus

Credit: wallpapergordyn.com

Salah satu inspirasi motif wallpaper ruang tamu sempit adalah yang bertekstur halus. Wallpaper yang bertekstur halus akan menimbulkan kesan ringan pada ruangan, sehingga cocok untuk ruangan yang sempit.

Jangan lupa untuk memilih wallpaper tekstur halus yang berwarna terang supaya ruangan terasa lapang. 

5. Motif wallpaper geometris

Anda juga bisa menggunakan wallpaper motif geometris untuk ruang tamu sempit. Motif yang satu ini merupakan salah satu motif yang paling populer, lho. Karena motif geometris ini membuat estetika ruang lebih modern.

Untuk ruangan berukuran mungil, Anda juga mengaplikasikan motif ini. 

Namun, pilihlah motif geometris yang berukuran sedang. Hindari motif geometris berukuran kecil dan padat karena dapat membuat ruangan terlihat lebih sempit. 

6. Motif wallpaper nuansa metalik

motif wallpaper nuansa metalik

Credit: isibangunan.com

Nah, sama halnya dengan motif wallpaper geometris sebelumnya, motif metalik juga dapat memberikan kesan modern. Supaya ruang tamu sempit bisa terlihat lebih lapang menggunakan motif wallpaper nuansa metalik ini, pilihlah yang berwarna terang.

Nuansa metalik sendiri sebenarnya sudah bisa memberikan efek ruang yang lebih terang, namun untuk ruangan sempit sebaiknya pilih warna metalik yang tidak terlalu mencolok agar ruangan tidak terlihat penuh.

7. Motif wallpaper gelombang

wallpaper gelombang yang unik

Inspirasi wallpaper ruang tamu sempit yang terakhir adalah motif gelombang. Motif yang satu ini dijamin bisa membuat ruangan yang sempit jadi lebih cantik.

Baca juga: 9 Barang yang Wajib Ada dalam Desain Ruang Keluarga

Tapi, jangan lupa untuk memilih gelombang yang simple dengan warna yang terang agar ruangan yang sempit bisa terlihat lebih lapang. 

Anda punya inspirasi wallpaper ruang tamu lainnya? Yuk, share di kolom komentar di bawah ini. Selamat mendekorasi rumah Anda dengan wallpaper 🙂

Credit photo: sg.carousell.com

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top