Blogging

Militansi Guru-Murid SMK ke Pameran Produksi Indonesia 2016

PPI adalah Pameran Produksi Indonesia yang tiap tahun digelar oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Tahun 2015 PPI digelar di Surabaya dengan banyak melibatkan pihak yang terkait dengan industri dalam negeri. Namun PPI 2016 kali ini lebih terfokus pada industri yang berhubungan dengan Kesehatan dan Pertanian.

Lokasi PPI 2016 mengambil tempat di Surabaya, tepatnya Exhibition Hall Grand City Mall. Tempat yang luas dan strategis menjadi titik penting untuk banyak masyarakat bisa hadir ke PPI 2016. Masyarakat yang hadir ke PPI 2016 pun cenderung dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Berangkat (dok. Pribadi)

Berangkat (dok. Pribadi)

Mengenalkan Produk dan Riset SMK

Saya berkesempatan mendampingi Guru dan Murid dari SMK Industri Al Kaaffah Malang untuk hadir di PPI 2016. Semenjak dapat kabar akan tampil di panggung PPI 2016, beberapa Guru dan Murid sudah menyiapkan segala hal yang diperlukan mulai dari video hingga buku SMK Industri yang berisikan 3 paket buku yakni Visi-Misi Tradisi Sekolah, Testimoni Guru Asing hingga 10 Karya pilihan siswa.

Sampai di PPI (dok. Pribadi)

Sampai di PPI (dok. Pribadi)

SMK Industri Al Kaaffah mendapat kesempatan sekitar jam 1 siang  untuk memberikan pemaparan. Perwakilan SMK yang hadir adalah Pak Alvian Hidayat, Pak Umam Al Muqtashid dan Pak Yudi Prasetyo dengan didampingi muridnya yakni Rubika Nastiti, Khusnul Khotimah, dan Sakila Anggi Kusuma.

Penjelasan dari Pak Alvian (dok. Pribadi)

Penjelasan dari Pak Alvian (dok. Pribadi)

Pak Alvian menjelaskan tentang riset yang dikembangkan SMK Industri Al Kaaffah yakni Free Energy. Setelah itu dilanjutkan dengan Sakila Anggi Kusuma yang menjelaskan tentang Insect Trap; yakni sebuah prakarya yang dikembangkan di Persami. Persami merupakan Pembelajaran Sabtu-Minggu di SMK Al Kaaffah dengan tujuan untuk menghindarkan murid dari pergaulan yang kurang baik dan disalurkan dengan Prakarya dan kegiatan positif di Sekolah.

Insect Trap dijelaskan oleh Sakila (dok. Pribadi)

Insect Trap dijelaskan oleh Sakila (dok. Pribadi)

Pemaparan tentang Led Kaaff yang merupakan Lampu LED unggulan SMK dijelaskan oleh Khusnul Khotimah dan Rubika Nastiti. Lampu ini sudah mendapat lisensi CE dan kesehatan-keamanan internasiol RoHS. Led Kaaff juga sudah pernah diterima di Istana Negara oleh Bapak Teten Masduki.

Pemaparan tentang Mr. Arema oleh Pak Umam (dok. Pribadi)

Pemaparan tentang Mr. Arema oleh Pak Umam (dok. Pribadi)

Hal terakhir yang dipaparkan adalah tentang program Inkubasi Bisnis yang merupakan program pengembangan industri kerjasama SMK Industri Al Kaaffah dengan BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Malang. Produk Inkubasi yang dibawa adalah Mr. Arema (Mosquito Repelant Arema). Mr. Arema merupakan produk semacam penghalau nyamuk.

Pemberian Hadiah Buku SMK (dok. Pribadi)

Pemberian Hadiah Buku SMK (dok. Pribadi)

Tak lupa Pak Yunus yang bersama kami ke lokasi PPI 2016 juga memberikan testimony singkat tentang SMK Industri Al Kaaffah dan kegiatan serta pengembangan berikutnya yang diperlukan. Pak Yunus pula yang banyak membantu pengembangan SMK ini menjadi lebih baik.

Setelah pemaparan dilanjutkan dengan tanya-jawab, pembagian hadiah dan foto bersama dari pihak Kemenperin. Anak-anak SMK Industri Al Kaaffah ini juga disarankan ke booth Balai Diklat Kemenperin oleh pihak Kemenperin yang memberikan kenang-kenangan boneka yang bertuliskan tentang kebanggaan ber-SNI.

Foto Bersama (dok. Pribadi)

Foto Bersama (dok. Pribadi)

Hal yang perlu dikagumi dari mereka selain produk dan kinerja yang dilakukan di Sekolah adalah tentang Militansinya. Militansi menurut KBBI adalah ketangguhan dalam berjuang (menghadapi, kesulitan, berperang, dan sebagainya).  Bila merujuk pada Wikipedia bisa diartikan sikap agresif dalam mendukung sebuah ideologi atau perkara.

Foto Bersama Mbak Avy dan Pak Yunus (dok. Pribadi)

Foto Bersama Mbak Avy dan Pak Yunus (dok. Pribadi)

Hal-hal non teknis selain kecerdasan adalah hal penting dalam mengembangkan produk unggulan dalam negeri. Termasuk seperti yang dilakukan civitas kademika SMK Industri Al Kaaffah Malang ini dengan militansinya. Semoga banyak hal-hal lainnya yang bisa dikembangkan untuk tujuan kebaikan dan kebermanfaatan masyarakat Indonesia. [SH]

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • GOOD MANNERS Improve Customer Service 😍
.
They make your customers view you in a better light. They make your interactions with customers more PLEASANT. Here are just 4 ways good manners improve customer service 🤓
.
✔ Greetings
.
It means making eye contact, smiling and saying Hi 🤗 If the customer wants to talk or is needing help, that opening will prompt them to ask for help. It shows that you’re HAPPY to see them and available for help if needed
.
✔ How you address them
.
Addressing your customers BY NAME, and knowing how they prefer to be addressed (Roy, Mr Teddy, Dr Alex, etc) shows that you take notice and respect them as individuals 😁
.
✔ The tone you use
.
If you’re a young, hip business – a FORMAL TONE will appear out of place 🙈🙈 If you market yourself as a super-professional business, then a CASUAL TONE will strike a bum note with your customers. Whatever tone you use, it’s still easy to be kind, be polite and be someone you’d like to do business with
.
✔ Please and Thanks
.
If you’re talking to a customer and you ask for something don’t forget to say PLEASE. And if they offer you something, say THANK YOU. It’s that easy, right? 😜
.
Credit: sharynmunro.com.au
.
📧 For business inquiries please email us to mitrabranding@indoblognet.com
.
#MBCsosmedcontent #goodmanners #customerservices

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top