Blogging

Militansi Guru-Murid SMK ke Pameran Produksi Indonesia 2016

PPI adalah Pameran Produksi Indonesia yang tiap tahun digelar oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Tahun 2015 PPI digelar di Surabaya dengan banyak melibatkan pihak yang terkait dengan industri dalam negeri. Namun PPI 2016 kali ini lebih terfokus pada industri yang berhubungan dengan Kesehatan dan Pertanian.

Lokasi PPI 2016 mengambil tempat di Surabaya, tepatnya Exhibition Hall Grand City Mall. Tempat yang luas dan strategis menjadi titik penting untuk banyak masyarakat bisa hadir ke PPI 2016. Masyarakat yang hadir ke PPI 2016 pun cenderung dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Berangkat (dok. Pribadi)

Berangkat (dok. Pribadi)

Mengenalkan Produk dan Riset SMK

Saya berkesempatan mendampingi Guru dan Murid dari SMK Industri Al Kaaffah Malang untuk hadir di PPI 2016. Semenjak dapat kabar akan tampil di panggung PPI 2016, beberapa Guru dan Murid sudah menyiapkan segala hal yang diperlukan mulai dari video hingga buku SMK Industri yang berisikan 3 paket buku yakni Visi-Misi Tradisi Sekolah, Testimoni Guru Asing hingga 10 Karya pilihan siswa.

Sampai di PPI (dok. Pribadi)

Sampai di PPI (dok. Pribadi)

SMK Industri Al Kaaffah mendapat kesempatan sekitar jam 1 siang  untuk memberikan pemaparan. Perwakilan SMK yang hadir adalah Pak Alvian Hidayat, Pak Umam Al Muqtashid dan Pak Yudi Prasetyo dengan didampingi muridnya yakni Rubika Nastiti, Khusnul Khotimah, dan Sakila Anggi Kusuma.

Penjelasan dari Pak Alvian (dok. Pribadi)

Penjelasan dari Pak Alvian (dok. Pribadi)

Pak Alvian menjelaskan tentang riset yang dikembangkan SMK Industri Al Kaaffah yakni Free Energy. Setelah itu dilanjutkan dengan Sakila Anggi Kusuma yang menjelaskan tentang Insect Trap; yakni sebuah prakarya yang dikembangkan di Persami. Persami merupakan Pembelajaran Sabtu-Minggu di SMK Al Kaaffah dengan tujuan untuk menghindarkan murid dari pergaulan yang kurang baik dan disalurkan dengan Prakarya dan kegiatan positif di Sekolah.

Insect Trap dijelaskan oleh Sakila (dok. Pribadi)

Insect Trap dijelaskan oleh Sakila (dok. Pribadi)

Pemaparan tentang Led Kaaff yang merupakan Lampu LED unggulan SMK dijelaskan oleh Khusnul Khotimah dan Rubika Nastiti. Lampu ini sudah mendapat lisensi CE dan kesehatan-keamanan internasiol RoHS. Led Kaaff juga sudah pernah diterima di Istana Negara oleh Bapak Teten Masduki.

Pemaparan tentang Mr. Arema oleh Pak Umam (dok. Pribadi)

Pemaparan tentang Mr. Arema oleh Pak Umam (dok. Pribadi)

Hal terakhir yang dipaparkan adalah tentang program Inkubasi Bisnis yang merupakan program pengembangan industri kerjasama SMK Industri Al Kaaffah dengan BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Malang. Produk Inkubasi yang dibawa adalah Mr. Arema (Mosquito Repelant Arema). Mr. Arema merupakan produk semacam penghalau nyamuk.

Pemberian Hadiah Buku SMK (dok. Pribadi)

Pemberian Hadiah Buku SMK (dok. Pribadi)

Tak lupa Pak Yunus yang bersama kami ke lokasi PPI 2016 juga memberikan testimony singkat tentang SMK Industri Al Kaaffah dan kegiatan serta pengembangan berikutnya yang diperlukan. Pak Yunus pula yang banyak membantu pengembangan SMK ini menjadi lebih baik.

Setelah pemaparan dilanjutkan dengan tanya-jawab, pembagian hadiah dan foto bersama dari pihak Kemenperin. Anak-anak SMK Industri Al Kaaffah ini juga disarankan ke booth Balai Diklat Kemenperin oleh pihak Kemenperin yang memberikan kenang-kenangan boneka yang bertuliskan tentang kebanggaan ber-SNI.

Foto Bersama (dok. Pribadi)

Foto Bersama (dok. Pribadi)

Hal yang perlu dikagumi dari mereka selain produk dan kinerja yang dilakukan di Sekolah adalah tentang Militansinya. Militansi menurut KBBI adalah ketangguhan dalam berjuang (menghadapi, kesulitan, berperang, dan sebagainya).  Bila merujuk pada Wikipedia bisa diartikan sikap agresif dalam mendukung sebuah ideologi atau perkara.

Foto Bersama Mbak Avy dan Pak Yunus (dok. Pribadi)

Foto Bersama Mbak Avy dan Pak Yunus (dok. Pribadi)

Hal-hal non teknis selain kecerdasan adalah hal penting dalam mengembangkan produk unggulan dalam negeri. Termasuk seperti yang dilakukan civitas kademika SMK Industri Al Kaaffah Malang ini dengan militansinya. Semoga banyak hal-hal lainnya yang bisa dikembangkan untuk tujuan kebaikan dan kebermanfaatan masyarakat Indonesia. [SH]

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai kamu yang punya usaha.. yuk ahhh ikutan kontes foto bisnis kamu nih #KopdarPahlawan.. Bisnis kamu makin terkenal, siapa tahu kamu menjadi salah satu pemenangnya.

Kontes foto bisnismu ditunggu sd tanggal 24 November 2018

Yuk buruan daftar! 24 pendaftar pertama mendapatkan saldo Buka Kredit senilai 200 rb. Lumayan banget :) #Repost @kopdarakbar_bukalapak (@get_repost)
・・・
Kalau pahlawan-pahlawan di komik, biasanya pakai kostum dan punya kekuatan super. Eits, tapi #PahlawanEkonomiBaru juga punya kekuatan super, yaitu inovasi dan menggali potensi diri.

Apakah kamu #PahlawanEkonomiBaru yang kami maksud?Buktikan kalau kamu adalah seorang pahlawan dengan ikutan #KopdarPahlawan Photo Contest!

Cara ikutannya gampang!

1. Follow akun IG kami @kopdarakbar_bukalapak dan @pelapak_bukalapak

2. Upload foto bisnis yang kamu tekuni, tulis alasannya "Kenapa kamu layak disebut Pahlawan Ekonomi?" 3. Tag fotonya ke-3 teman kamu dan mention akun @kopdarakbar_bukalapak

4. Pastikan om dan tante punya akun Bukalapak.

Para pemenang akan mendapatkan total hadiah saldo Bukakredit senilai Rp 10.000.000,- Juara pertama mendapatkan Rp 1.400.000,- Juara kedua mendapatkan Rp 1.000.000,- Juara ketiga mendapatkan Rp 600.000,- Juara Favorit pertama untuk 3 orang mendapatkan Rp 400.000,- Juara Favorit kedua untuk 5 orang mendapatkan Rp 200.000,-
Dan bagi Om dan Tante yang menjadi 24 peserta pertama  yang ikutan Photo Contest, akan mendapatkan saldo Bukakredit masing – masing senilai Rp 200.000,- ** pastikan om dan tante hadir di acara Kopdar Akbar 2018 nanti ya, karena pengambilan saldo bukakredit hanya di lakukan di Kopdar Akbar ** Yuk, buruan ikutan dan bawa pulang hadiahnya!

#PahlawanEkonomiBaru #komunitasbukalapak #pelapakbukalapak #bukalapak

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top