Indo Blog Net

blog

3 Hal Penting dalam Membuat Meta Description yang Menarik di Blog

Yang Perlu Diketahui tentang Meta Search Description atau Snippet

Meta description itu seperti iklan yang membuat orang ingin membaca tulisan blog kita. Maka harus dibuat semenarik mungkin dengan 3 hal ini.

Bagikan Jika Bermanfaat

Hola! Kali ini kita masih ngulik salah satu elemen penting dalam langkah-langkah SEO–alias Search Engine Optimization nih, teman-teman. Yes, si meta search description, atau sering juga disebut snippet, atau excerpt.

Dalam kelas online NgeblogPro, saya memasukkan step untuk men-setting si meta search ini dalam materi. Ternyata, hal ini justru membawa saya untuk menemukan fakta bahwa belum semua bloger paham bahwa meta search description ini penting. Bahkan, banyak juga yang enggak tahu kalau ada “makhluk” bernama meta search description ini. πŸ˜†

Tentu saja saya shock, pemirsa.

Si meta ini adalah elemen terpenting dan enggak boleh dilupakan kalau kita hendak mempublish artikel baru di blog. Posisinya memang berada di luar konten, tapi meta search description inilah “wajah kedua” setelah judul yang akan menentukan apakah artikel kita akan menarik orang untuk baca atau enggak. Ia bahkan juga ikut menentukan sampai di mana artikel kita akan merangkak naik di hasil pencarian Google.

Sejak menemukan fakta tersebut, saya pun bertekad untuk menulis khusus tentang meta search description, agar teman-teman tahu betapa penting elemen ini dalam struktur keseluruhan konten kita.

Simak artikel ini sampai selesai ya πŸ™‚

Apa itu Meta Search Description?

Sebenarnya untuk memahami si meta description ini cukup mudah kok. Kita mulai dari meta tags, dan pengertian meta description ini.

Meta tags adalah elemen HTML di mana ada tertulis informasi mengenai blog atau web pada search engine dan pada pengunjung web yang datang dari hasil pencarian.

Nah, meta tags ini ada 2, yaitu title tag dan meta description.

Jadi kalau teman-teman sedang gugling, lalu hasil pencariannya muncul maka biasanya yang kelihatan adalah seperti gambar berikut. Nah, di situlah meta tags berada.

Yang Perlu Diketahui tentang Meta Search Description atau Snippet

Si meta description ini juga akan muncul dengan jelas saat kita share artikel kita di media sosial, di Facebook dan Twitter utamanya.

Yang Perlu Diketahui tentang Meta Search Description atau Snippet

Saya sendiri nih sering banget kejadian, liat sesuatu yang lewat di timeline atau beranda saya, dan akhirnya ngeklik karena judul, meta description, dan featured image yang menarik. Ditambah lagi kalau topiknya emang masuk ke minat saya. Pasti deh langsung saya klik.

Meta description ini seperti semacam summary, kesimpulan yang supersingkat mengenai isi artikel secara keseluruhan. Saya kadang sudah langsung saja bisa berekspektasi akan apa yang bisa saya dapatkan dari sebuah artikel hanya dengan membaca si meta description ini.

Sebenarnya Google sendiri pernah menyebutkan bahwa si meta search description ini tidak menjadi ranking signal yang utama untuk penyusunan algoritme mereka. But then again, user experience adalah yang utama dalam algoritme, dan meta description ini berkaitan erat dengan usaha kita untuk bisa menarik pembaca blog lebih banyak dan membuat mereka mau datang untuk membaca.

Jadi, ya tetap penting, meski bukan penentu peringkat artikel kita di hasil pencarian Google.

Kalau meta description-nya ngaco, bisa jadi orang ya jadi malas datang. Apalagi kalau yang di meta beda sama isi artikelnya. Sama halnya kayak judul, ya orang jadi merasa tertipu sehingga menghasilkan user experience yang buruk.

Oh iya, meta description ini sering juga disebut dengan snippet, atau excerpt. Tergantung platform blog atau web yang teman-teman pakai.

Di mana setting Meta Description?

Jadi, di mana letak “duduk”-nya si meta search description ini? Bisa beda-beda, tergantung platformnya. Saya akan kasih lihat letaknya di 2 platform yang paling banyak dipakai aja ya, yaitu di Blogspot dan WordPress.

Meta Description di Blogspot

Sebelum melakukan setting meta search description, pastikan teman-teman meng-enable dulu meta description yang ada di bagian Setting > Search Preferences.

Setting meta search description di Blogspot

Nah, kalau sudah di-enable, teman-teman bisa menemukan si meta search description ini berada di samping kanan kotak tulisnya.

Setting meta search description di Blogspot

Meta Description di WordPress

Untuk WordPress self-hosted, jika teman-teman sudah punya Yoast SEO, maka posisi si meta description ini ada di bagian bawah kotak tulis. Biasanya ada tulisan “Snippet” di sana.

Untuk yang WordPress gratisan, meta description bisa diisikan di bagian Excerpt.

Setting meta search description di WordPress

Apa yang harus diperhatikan saat membuat meta description?

Nah, inilah yang harus diperhatikan selanjutnya untuk membuat meta search description yang baik

1. Keywords

Pastikan ada keywords utama dalam kalimat meta search description yang kita buat. Google biasanya menebalkan kata-kata yang mengandung keywords dalam hasil pencariannya.

Yang Perlu Diketahui tentang Meta Search Description atau Snippet

Lah, katanya enggak jadi ranking signal utama, tapi kok di-bold?

Ya gitu deh, Google emang nggak pernah jelas πŸ˜† Cuma mereka dan Tuhan yang tahu deh, apa maunya. Kita mah bisanya ya nurut aja. Hahaha.

Makanya dibilang penting ya pentinglah ini. Jadi, silakan pastikan ada keywords utama di meta description teman-teman ya.

2. Seberapa panjangnya

Angka-angka ini selalu ditanyakan memang ya? Kalau saya lagi bahas tentang artikel misal, ditanya standar berapa kata sih untuk bisa diindeks Google? Kalau saya lagi bahas judul, berapa kata sih standar judul yang menarik?

Semua diukur dengan angka πŸ˜† Begitu juga dengan snippet atau meta description ini. Pasti muncul pertanyaan, berapa panjangnya yang ideal?

Lagi-lagi, saya enggak bisa kasih angka pasti sih, karena sejujurnya saya enggak pernah ngitungin. πŸ˜† Google sendiri nggak pernah kasih angka pasti. Lagian mereka juga bisa berubah seenak udel. Saya bilang, 10 kata, eh ternyata besok diubah sama Google jadi cuma 3 kata, kan ya saya jadinya menyesatkan πŸ˜†

Yang penting jangan kepanjangan atau kependekan. Kalau platform blognya menggunakan WordPress berbayar, dan sudah ada plugins SEO-nya biasanya sih sudah ada parameter yang bisa dipakai. Kalau kependekan ya merah, kalau kepanjangan ya hijau.

Seandainya enggak ada plugins SEO gimana? Ya dikira-kira aja. Ada yang bilang sekitar 140-an karakter. Jadi ya jumlah karakternya kayak tweet lama, sebelum jadi 280 sekarang.

Hanya saja yang perlu diingat, bahwa Google akan memotong snippet ini kalau kepanjangan. Jadi, mau berapa pun panjangnya, pastikan keywords utama yang dipakai berada di bagian awal. Enggak harus di awal banget juga enggak apa-apa, yang penting ada di bagian awal. Entah itu sebagai kata kedua, ketiga, keempat. Supaya enggak kepotong sama Google.

3. Anggaplah sebagai iklan

Yang terakhir, yang perlu diingat, bahwa si meta search description ini “bekerja” layaknya iklan bagi artikel kita. Jadi, pikirkanlah kalimat menarik yang bisa bikin orang penasaran, sekaligus memberikan kesimpulan supersingkat terhadap apa yang kita tulis.

Di sinilah kemampuan copywriting kita diuji. *tsah* πŸ˜€

Nah, demikianlah ulasan perkenalan singkat kita dengan si meta search description, bagian kecil dari konten yang ternyata punya peranan besar.

Semoga bermanfaat artikelnya ya. Jika ada yang dirasa kurang dan perlu ditambahkan, tulis di kolom komen ya untuk melengkapi lagi πŸ˜‰

Meet me

CarolinaRatri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.
Meet me
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top