Indo Blog Net

Lingkungan

Meski Buah Murbei Asam Rasanya, Namun Berkhasiat Sebagai Obat, Lho

Di halaman rumah ibuku tumbuh pohon murbei. Saat berbuah ibuku selalu memakan buah murbei ini secara langsung, tidak di jus. Padahal rasanya menurutku sih agak kecut-kecut. Tapi menurut ibuku sih tak apa kecut juga yang penting banyak manfaat yang bisa diperoleh dari tanaman murbei. Tanaman ini sudah lama berada di halaman rumah ibuku. Sekarang sudah tambah tinggi lagi. Pemeliharaannya juga mudah, tak perlu perawatan yang khusus. Dan satu lagi, tanaman murbei ini tahan panas. Akibatnya di saat musim kemarau dia tahan gak mengering.

Murbei sendiri adalah tanaman yang berasal dari negeri Cina dan bisa hidup di ketinggian 100 mdl. Murbei termasuk semak perdu dengan tinggi maksimal 20-25 meter. Untuk dipelihara sih bagusnya mempertahankan tinggi 5-6 meter saja. Tanaman ini seringnya ditanam di halaman rumah. Bisa sebagai tanaman peneduh juga. Murbei atau Morus alba L ini menyebar dari China ke benua Asia dan seterusnya menyebar ke belahan dunia lainnya.

Dari segi morfologinya tanaman murbei ini memiliki batang dengan cabang yang banyak dimana rantingnya akan keluar lewat ketiak batang. Warna batangnya kecoklatan. Daun murbei bersifat tunggal dan ada di cabang spiral. Bentuk daunnya juga banyak tergantung varietasnya. Ada yang bulat, oval, berlekuk dan tak berlekuk. Tepi daun bergerigi, permukaan daun mengkilap dan licin.

Bunga dari murbei termasuk bunga monoecious dan doesious, dimana bunga jantan dan betina untaiannya terpisah. Buahnya termasuk buah majemuk. Akarnya termasuk akar yang bertipe dalam dan luas, kalau hasil cangkokan akarnya akan tumbuh ke bawah sampai kedalaman 10-15 cm.

Tanaman murbei ini mempunyai kandungan senayawa ecdysterone, inokosterone, lupeol, ฮฒ-sitosterol, rutin, moracetin, scopoletin, benzaldehida, eugenol, linalol, benzyl alkohol, butylamine, aseton, kholine dan quercetin.

Khasiat dari murbei yang bisa dimanfaatkan:

  1. 10 gram daun murbei dicuci bersih, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tingal satu gelas saja. Diminum satu kali dalam sehari.
  2. Hipertensi. 15 gram daun murbei dicuci bersih, kemudain direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Diminum dua kali sehari, pagi dan sore.
  3. Bisul dan radang kulit. Segenggam daun murbei dicuci bersih dan direbus dengan dua gelas air sampai tinggal satu gelas. Diminum sekaligus.
  4. Jantung lemah. Buah murbei bagus untuk kesehatan jantung. Kandungan alaminya dapat memperkuat saraf dan mengurangi kolesterol jahat. Dan ini mencegah penyumbatan darah.
  5. Bisa ular. Sebanyak 20 gram daun murbei digiling halus dan kemudian ditambahkan air setengah cangkir. Disaring dan air yang terkumpul bisa langsung diminum.
  6. Ranting murbei sebanyak 15 gram rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa dua gelas.
  7. Menghasluskan kulit dan flek hitam.Murbei mengandung antioksidan anthocyanin yang kuat dibanding buah yang lain.Antioksidan ini dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan memperkuat sistim kekebalan tubuh.
  8. Rambut rontok. Maka ekstrak murbei adalah solusi alami ayng bisa dicoba.Jus buah murbei bisa diaplikasikan ke rambut sehingga kandungan melanin di rambut bisa ditingkatkan oleh senyawa yang ada dalam buah murbei ini. Dan minum jus murbei setiap hari akan memberikan kesehatan pada rambut.

Begitulah manfaat dari murbei semua bagian mempunyai peran penting dalam kesehatan. Jadi tak ada salahnya menanam murbei di pekarangan. Kalau melihat tanaman murbei ibuku sih tinggi tapi tak memenuhi halaman. Dan bisa membuat teduh halaman juga.

 

Sumber gambar: pixabay.com

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Headline styles for your blog post ๐Ÿ‘“๐Ÿ‘“
.
Headlines are important, right? ๐Ÿ˜œ They're the first impression people get of your blog. And they can be the difference between someone clicking through to your post or not! Hehe.. ๐Ÿ™ˆ
.
Try some of these headline styles out for your blog post:
.
๐Ÿ’ฆ NUMBERED headlines - preview how much content is in the blog post: '13 ways to improve your writing'
.
๐Ÿ’ฆ GUIDE headlines - suggest a beginning to end process is contained in the blog post: 'The ultimate guide to becoming a better writer'
.
๐Ÿ’ฆ HOW TO headlines - tell the reader you can solve a problem: 'How to write great headlines'
.
๐Ÿ’ฆ COMPARISON headlines - help readerโ€™s make decisions: 'Why I use a professional instead of editing my own copy (and why my readerโ€™s love it)'
.
๐Ÿ’ฆ URGENCY headlines - compel the reader to get the information or miss out: 'Stop making these writing mistakes or you could lose your loyal readers'
.
๐Ÿ’ฆ CURIOSITY headlines - trigger FOMO (fear of missing out) with readers: 'The secret tricks I use to write a blog article every day'
.
Credit: digitaldecluttered.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright ยฉ 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top