Gaya Hidup

Lakukan 9 Hal Ini Saat Sahur, Agar Tak Mudah Lapar Saat Puasa

Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah bagi muslim di seluruh dunia. Di bulan dimana pintu-pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan syaitan dibelenggu— diwajibkan atas kaum muslim untuk berpuasa dari terbit hingga tenggelamnya matahari. Dengan pengaturan waktu semacam ini, praktis pola makan pun berubah. Jika semula tiga kali sehari, saat puasa hanya dua kali sehari yaitu saat buka dan sahur.

Tak jarang di tengah-tengah hari rasa lapar menyerang. Efeknya tubuh loyo dan tidak bisa fokus saat melakukan kegiatan harian. Hal ini dialami oleh semua kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. Lalu bagaimana menyiasatinya? Berikut sembilan hal yang harus diperhatikan untuk menyiasati rasa lapar :

1. Hindari makan dalam porsi besar

Makan dalam porsi besar tidak membuat kita terhindar dari rasa lapar atau tetap awet kenyang seperti yang dikira banyak orang. Sebaliknya, justru makan dalam porsi besar akan mengganggu pencernaan, seperti rasa mual dan muntah. Terlebih bila usai sahur langsung tidur. Perlu diketahui hal ini akan menyebabkan naiknya asam lambung, kembung bahkan konstipasi. Selain itu, banyak makan saat sahur hanya akan membuang energi tubuh untuk memprosesnya. Tak heran bila tubuh semakin lemas.

2. Nikmati makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks lebih sulit dicerna oleh tubuh. Efeknya tubuh akan merasa kenyang lebih lama, dengan demikian puasa pun jadi lebih lancar. Contoh makanan ini adalah beras merah, kacang merah, kentang, oat, sereal, dan roti gandum.

3. Pilih makanan yang mengandung protein

Memilih makakan yang mengandung protein penting bagi tubuh. Selain sebagai cadangan energi, protein juga memberikan rasa kenyang lebih lama. Dengan demikian puasa bisa dijalankan secara maksimal. Contohnya adalah telur, ikan, ayam, atau tahu.

4. Banyak makan serat

Serat memiliki banyak fungsi bagi tubuh kita. Selain melancarkan proses pembuangan dan menyerap lemak pada makanan agar tidak menumpuk dalam tubuh, serat juga menyebabkan rasa penuh bagi perut. Mengapa demikian? Karena makanan tinggi serat mampu bertahan lama dalam usus. Untuk mendapat asupan serat yang cukup, saat sahur perbanyak makan buah, sayur, atau biji-bijian.

5. Batasi makanan yang bersifat diuretik

Makanan yang bersifat diuretik menyebabkan ginjal mengekskresikan urine lebih banyak. Hal ini akan menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Secara alami zat diuretik alami terdapat dalam teh, kopi, melon, seledri, ketimun, asparagus, tomat, wortel, selada, dan peterseli. Oleh karena itu agar tubuh tidak kekurangan cairan, batasi makanan tersebut. Akan lebih baik lagi jika dihindari.

6. Hindari makanan yang mengandung kadar garam tinggi

Makanan yang asin justru memicu air untuk keluar dari dalam sel. Akibatnya tubuh akan kehilangan cairan dan menyebabkan terjadinya dehidrasi. Contohnya telur asin, makanan kalengan baik ikan sarden atau makarel.

7. Minum secukupnya saat sahur

Tubuh membutuhkan 8 gelas sehari agar asupan air terpenuhi. Meski begitu tidak disarankan untuk minum terlampau banyak air saat sahur. Sebab semakin banyak air yang diminum, akan semakin banyak cairan tubuh yang keluar. Ini berakibat pada lemasnya tubuh saat siang. Aturlah pola minum dengan komposisi dua gelas saat berbuka, empat gelas setelah berbuka, dan dua gelas berikutnya saat sahur.

8. Hindari lemak jahat, pilihlah lemak baik

Lemak merupakan cadangan energi yang diperlukan tubuh. Terutama saat puasa. Agar tidak berakibat buruk pada tubuh konsumsilah lemak sehat yang didapat dari ikan, alpukat, atau kacang-kacangan. Kurangi atau hindari makanan yang bersantan. Selain kadar LDL-nya tidak baik bagi tubuh, makanan ini juga cepat menimbulkan rasa haus.

9. Akhirkan sahur
Sahur menjelang imsak justru lebih baik ketimbang sahur di awal. Dengan begini tubuh akan mendapatkan cadangan energi lebih baik untuk menjalani puasa selama 14 jam. Sehingga stamina tetap terjada meski harus beraktifitas seharian.

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Instagram lahir di Tahun 2010 sebagai media komunikasi melalui gambar. Bisa dibilang inovasi Instagram saat itu sangat "fresh". Karena ternyata menyampaikan pesan (berbagi kisah) melalui gambar lebih mengasyikkan kan, yaaa? 😁😁😁
.
.
.
DOUBLE TAP IF YOU AGREE
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #instagram #sosialmedia #fotografi

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top