Indo Blog Net

Bisnis

Mau Sukses Menjalankan Usaha Kuliner Saat New Normal? Ikuti Tips Ini!

tips sukses usaha kuliner

Pandemi virus Corona membuat kita belajar beradaptasi dengan kehidupan new normal lengkap dengan sederet protokol kesehatan yang sangat penting untuk kita patuhi. Berbagai perubahan perilaku masyakarat di era new normal ini juga berpengaruh terhadap dunia usaha, termasuk usaha kuliner yang saat ini sedang marak digemari.

Usaha kuliner bisa dibilang tak ada matinya, sebab bagaimanapun manusia tetap membutuhkan makanan setiap harinya. Namun, tentunya Anda membutuhkan strategi untuk bisa meraih sukses dan terus mempertahankan eksistensi bisnis Anda di era new normal ini.

Apalagi mengingat begitu banyak pesaing bisnis di dunia kuliner. 

Mau tau apa saja tips sukses usaha kuliner di era new normal? Baca terus selengkapnya, yuk!

Tips Sukses Menjalankan Usaha Kuliner di Era New Normal

Anda tak perlu khawatir usaha kuliner yang Anda jalani akan meredup di era new normal ini. Selama Anda terus berusaha dan berdoa maka bisnis Anda pun akan tetap bertahan.

Tentu saja usaha yang maksimal perlu juga disertai dengan beberapa strategi seperti yang kami rangkum dalam beberapa tips sukses usaha kuliner berikut ini.

1. Utamakan kualitas

usaha kuliner saat new normal

Credit: ubudfoodfestival.com

Tips sukses usaha kuliner yang pertama adalah utamakan kualitas. Ini termasuk hal yang paling penting untuk diperhatikan. Kualitas makanan diantaranya yaitu mengenai kebersihan makanan, kualitas bahan baku, hingga cara pengolahan serta penyajian makanan.

Ini adalah beberapa hal yang perlu Anda jaga untuk memperoleh sajian yang berkualitas. 

Katakanlah makanan yang Anda jual memiliki rasa yang enak dan harga murah, namun jika kualitas diabaikan bisnis Anda pun akan sulit untuk bertahan.

Sebab pelanggan semakin pintar dan memilih penjual yang mengutamakan kualitas. Khususnya di era new normal ini dimana kita harus lebih mengedepankan kesehatan, termasuk memilih makanan yang sehat. 

2. Perhatikan cita rasa

Setelah mengutamakan kualitas, faktor cita rasa juga termasuk tips sukses usaha kuliner. Jika makanan yang Anda jual rasanya tidak enak, pastinya pelanggan kecewa dan tak akan memesan kembali.

Jadi pastikan agar makanan yang Anda sajikan ke pelanggan rasanya enak dan lezat.

Baca juga: Kuliner Lezat dan Sehat yang Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan

Kalau perlu, rekrutlah juru masak yang handal membuat masakan enak untuk meningkatkan bisnis Anda. Ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan yaitu konsistensi cita rasa. Sebisa mungkin jaga agar cita rasa yang enak ini tidak berubah sehingga pelanggan pun tidak berpindah ke pesaing Anda. 

3. Miliki keunikan

Tips sukses usaha kuliner selanjutnya yaitu miliki keunikan produk (Unique Selling Points/USP).

Produk yang unik akan membedakan produk Anda dengan produk pesaing. Dengan keunikan ini usaha kuliner Anda tidak akan mudah terkalahkan oleh pesaing. 

Sebab seperti yang kita ketahui, bahwa usaha kuliner ini tingkat persaingannya terbilang sangat tinggi. Keunikan produk akan membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk Anda.

Keunikan produk ini bisa melalui rasa, tampilan, kemasan produk, dan lain-lain. 

4. Adakan promo menarik

Siapa yang tak suka dengan promo-promo menarik seperti diskon, paket hemat, beli dua gratis satu, atau gratis ongkir?

Promo-promo menarik ini bisa jadi tips sukses usaha kuliner Anda sebagai cara menjangkau pelanggan lebih banyak lagi. Jangan pelit memberikan promo menarik bagi pelanggan, sebab keuntungan yang akan Anda peroleh juga sepadan, lho. 

Adanya promo menarik yang Anda tawarkan ini pastinya akan membuat konsumen tertarik untuk mencoba produk Anda. Promo ini berfungsi sebagai strategi promosi sekaligus untuk membuat pelanggan happy.

Menurut penelitian, sebagian besar konsumen lebih termotivasi melakukan pembelian saat memperoleh promo diskon. 

Itu artinya semakin banyak promo yang Anda berikan, maka semakin banyak pula pembelian. 

5. Cepat tanggap terhadap konsumen

Konsumen tidak suka menunggu terlalu lama, termasuk Anda? Itu sebabnya cepat tanggap terhadap konsumen termasuk salah satu tips sukses menjalankan usaha kuliner.

Usahakan untuk merespon konsumen secepatnya, usahakan agar mereka tidak menunggu terlalu lama dan mendapatkan kesan yang kurang baik terhadap bisnis Anda.

Hal ini bukan berarti Anda harus melayani konsumen dengan terburu-buru. Cepat tanggap artinya jangan sampai konsumen merasa diabaikan. Hal ini juga termasuk merespon konsumen di sosial media maupun di aplikasi pesan, khususnya dalam hal pemesanan. 

6. Melayani konsumen sepenuh hati

Ini juga merupakan tips sukses usaha kuliner yang penting untuk Anda terapkan. Bayangkan jika Anda datang ke sebuah tempat makan kemudian disambut pelayan dengan ramah disertai senyum sepenuh hati, tentunya Anda merasa senang, bukan? 

Memang tak mudah untuk bisa melayani sepenuh hati. Tapi bisa dibilang ini termasuk kunci kesuksesan bisnis yang dapat membuat pelanggan setia dengan Anda.

Anggaplah jika pekerjaan adalah ibadah yang akan mendatangkan amal pahala. Dengan begitu Anda akan lebih ikhlas dalam bekerja dan dapat melayani sepenuh hati. 

7. Terus Berinovasi

inovasi usaha kuliner

Tips sukses usaha kuliner berikutnya yaitu terus berinovasi. Sebab dunia kuliner mengalami perkembangan yang cukup pesat dari waktu ke waktu.

Jadi, jika Anda tidak terus berinovasi maka usaha kuliner Anda akan banyak tertinggal dari para pesaing. Inovasi-inovasi yang Anda lakukan dapat memperbesar peluang untuk memperoleh konsumen baru.

Baca juga: 9 Kuliner Viral di Indonesia, Sudah Pernah Coba?

Adanya inovasi pastinya mendorong Anda untuk kreatif mencoba hal-hal yang baru untuk usaha kuliner Anda. Inovasi ini juga membuat Anda serta pelanggan merasa tidak bosan, sebab selalu ada hal-hal baru.

Melakukan inovasi juga termasuk salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan. 

8. Optimalkan penjualan online

Di era new normal ini semakin banyak orang yang mengandalkan sistem delivery saat membeli makanan. Alasannya tentu demi menerapkan social distancing yang merupakan salah satu protokol kesehatan new normal. Maka dari itu mengoptimalkan penjualan online menjadi tips sukses usaha kuliner di era new normal sekarang ini.

Ini merupakan peluang bagi Anda untuk menggunakan sistem delivery untuk mempermudah pelanggan membeli produk Anda. Dalam hal ini Anda dapat bekerja sama dengan aplikasi pesan makanan online, seperti GrabFood ataupun GoFood. 

9. Evaluasi usaha

Tips sukses usaha kuliner yang terakhir adalah melakukan evaluasi usaha secara berkala. Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pencapaian bisnis Anda, serta mencari tahu kekurangan dan kesalahan dalam bisnis Anda untuk kemudian memperbaikinya.

Sebab tidak mungkin bisnis Anda tak memiliki kekurangan maupun kesalahan, bukan? 

Evaluasi ini sebaiknya dilakukan rutin secara berkala, misalnya setiap satu bulan sekali atau minimal tiga bulan sekali. Dengan adanya evaluasi secara berkala ini akan ada tindakan-tindakan perbaikan yang membuat bisnis Anda jadi lebih baik dan dapat terus meningkat.

Ada beberapa hal yang perlu dievaluasi, mulai dari cash flow (laporan keuangan), kinerja, produk, hingga evaluasi masalah yang ada dalam bisnis Anda. 

Setelah menerapkan berbagai tips sukses usaha kuliner di atas semoga bisnis Anda semakin sukses dan dapat terus bertahan di tengah-tengah persaingan bisnis kuliner.

Semangat berbisnis, ya!

Anda punya tips-tips lain yang penting untuk diperhatikan? Yuk, share pada kolom komentar di bawah ini 🙂

Credit photo: islamabadscene.com

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top