Indo Blog Net

Inspirasi

Menjadi Volunteer untuk Anak Jalanan? Kenapa Tidak!

 

Ada satu kebahagiaan yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata ketika gue dan teman-teman berkumpul bersama anak-anak jalanan.  Kami berkumpul di bawah kolong jembatan Fly over Grogol persis di depan Citraland dan Kampus Trisakti. Kami membentangkan alas duduk terbuat dari terpal agar anak-anak bisa duduk dan belajar disana. meski aroma bau got cukup menyengat namun kami mengabaikan semua itu. Karena tujuan kami datang kesitu adalah untuk memberi bimbingan pada anak-anak jalanan yang ada di sekitaran grogol.

Hampir setiap minggu pagi gue dan teman-teman Volunteer berkunjung ke bawah kolong Fly-Over Grogol, dan disana anak-anak jalanan sudah berkumpul menanti para kakak-kakak volunteer untuk belajar. Ya, agenda rutin yang kerap dilakukan kakak-kakak Volunteer adalah memberikan ‘ilmu’ bagi anak-anak jalanan khusus untuk kawasan Grogol. Rata-rata usia anak-anak jalanan yang datang adalah sekitar 5 tahun hingga yang sudah beranjak remaja (15 atau 17 tahun).

anjall11
Setelah semua berkumpul, teman-teman Volunteer membagi-bagi anak Jalanan secara berkelompok. Mulai dari kelompok usia balita hingga remaja. Dengan dibagi-baginya kelompok berdasarkan usia, kita bisa memberikan pelajara yang sesuai dengan kemampuan mereka. Seperti anak usia 5 – 6 tahun, teman-teman mengajarkan soal pengenalan huruf-huruf. ulai A sampe Z. Kemudian anak berusia  7 hingga 8 tahun belajar bahasa Indonesia. Mengenal nama-nama benda, flora dan fauna. Anak berusia 9 11 tahun belajar bahasa inggris dan juga menulis. Anak SMP  belajar matematika dan juga bahasa Inggris. Anak SMA belajar Akutansi dan sebagainya

Melihat adik-adik jalanan yang begitu antusias menerima pelajara dari kakak-kakak volunteer, ada rasa senang dan haru di dalam diri ini karena bisa berbagi ilmu dengan mereka. Karena, meski tumbuh sebagai anak jalanan, namun dilubuk hati yang paling dalam, mereka juga punya cita-cita ingin merubah nasib mereka menjadi lebih baik lagi. Mereka berharap kelak mereka bisa hijrah dari profesi ‘anak jalanan’ yang dicap sebagai anak buangan yang juga dianggap sampah masyarakat, menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa.

“Kami juga ingin menjadi orang yang berguna kak. kami tidak ingin masa depan kami suram,” ucap salah seorang anak jalanan yang bercita-cita bisa melanjutkan pendidikan hingga bangku kuliah “ ucap salah seorang adik yang begitu antusias menerima peljaran dari kami.

anjal

Kurang lebih 3 jam belajar bersama anak jalanan, acara belajar mengajar diakhiri dengan membagikan makanan ringan dan minuman. Sebenarnya, untuk peduli terhadap nasib anak jalanan, kita tidak perlu menunggu kaya dulu baru bisa berbagi. Banyak cara yang bis akita lakukan jika kita memang memiliki hati nurani. Jika tidak bisa membantu dalam bentu materi, Anda juga bisa membantu mereka dengan cara berbagi ilmu. Ya, menjadi seorang volunteer memang menjadi salah satu cara berbagi kasih.

Selama menjadi seorang volunteer bersama puluhan kakak-kakak berhati mulai lainnya, gue bisa melihat kalau mereka bersedia menjadi volunteer karena panggilan hati. Lihat saja, mereka terdari dari berbagai latar belakang yang mungkin And atidak akan percaya. Ada yang berprofesi sebagai model, penyanyi, dosen, guru, bahkan banyak juga yang masih kuliah di Universitas terkemuka, seperti UI, Trisakti dan banyak lagi. Bahkan, beberapa teman volunteer berkewarganegaraan asing. Mereka begitu antusias ingin mebantu menolong adik-adik jalanan agar bisa belajar bahasa Inggris langsung dari speaker-nya. Luar biasa bukan? Anda juga bisa menjadi seorang volunteer, asal Anda benar-benar terpanggi untuk menolong. Bukan sekedar ikut-ikutan yang akhirnya cuma sekedar pencitraan di memdia sosial doang.

Ayo, kita berbagi kasih untuk mereka-mereka yang membutuhkan uluran tangan kita. Kecil bagi kita namun cukup besar artinya bagi mereka.

 

 

 

Very Barus

Seorang penulis buku, blogger, fotografer dan Videografer. Menyukai dunia traveling dan adventure. Telah menjelajahi beberapa daerah dan negara di Asia. Mendaki beberapa gunung di indonesia Dan sangat menyayangi dan melindungi binatang dan tangan-tangan jahil manusia.
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • [BLOGGING TIPS] - You can't write for yourself!
.
You must write for your reader which means you must be useful, Guys 🤓
.
When people go on blogs and websites, most of the time they’re searching for a solution to a problem they have, right?
.
You can, however, post an opinion from time to time, keep your blog personal branded 😌
.
But add a lesson, even when you show your point of view!
.
✨ How to write posts people want to read?
.
1⃣ Put the subject in the title
.
Let people know from the go what they’ll learn by reading your post 😉
.
2⃣ Make it personal in the first sentences
.
To keep the reader hooked, you must make it personal. Make the reader feel understood. Create a connection
.
3⃣ Actually help
.
Don’t just throw some words here and there and create a post just to say you wrote one 😁
.
Give all you’ve got to come with solutions for the problem you put light on
.
Write with your reader in mind, and offer them the best solutions. You should always want your reader to leave the blog with a solved problem
.
Credit: hercoffeebreak.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top