lomba blog zakiah hijab

Menjadi Ibu Idaman itu Ada Ilmunya

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah hamba dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS. AliImran [3] : 38)

Dalam berkeluarga, kehadiran seorang anak adalah hal yang dinantikan. Bagaimana sepasang suami istri merindukan hadirnya keturunan dalam ikatan pernikahan yang suci. Anak selain menjadi pelengkap kebahagiaan juga sebagai masa depan dan harapan orangtua memiliki anak sholeh-sholehah yang selalu mendoakannya.

pregnant
Dua garis indah yang pertanda hadirnya janin dalam rahim menjadi rasa syukur yang tak terlukiskan. Bulan demi bulan seorang ibu merasakan kepayahan terjadinya perkembangan janin yang semakin membesar dalam rahimnya. Hingga perjuangan itu tiba, mempertaruhkan nyawa demi lahirnya buah hati tercinta.

Engkau bayi mungil yang mempesona, lupa semua sakit yang ibu rasa.
Engkau bayi mungil yang lucu, membuat ibu selalu memandangimu.

Ketika bayi lahir maka gelar mulia menyemat sepanjang masa bernama ibu. Untaian doa nan tiada henti menghiasi ritual pelukan kasih sayang ibu kepada anaknya. Seorang ibu memiliki naluri ingin melindungi buah hatinya dan memberikan yang terbaik. Berdoa atas rasa syukur kelahiran bayi dengan mengucapkan : Maa Syaa Allah, Laa Quwwata illa billah
“Artinya : Mahabesar Allah, tiada kekuatan yang melebihi kekuatan Allah.”

Menjadi Ibu Idaman

Ada beberapa hal yang membuat seorang ibu menjadi ibu idaman. diantaranya yaitu:

1. Ibu yang bertanggung jawab di rumah

Seorang Ayah mencari nafkah yang halal untuk mencukupi kebutuhan keluarganya maka seorang Ibu memiliki peran penting dalam mengatur rumah tangga, seperti sabda Rosulullah SAW,

“Dan ibu adalah seorang pemimpin di dalam rumah suaminya dan ia bertanggung jawab terhadap gembalanya itu.”

Hal diatas agar para ibu dengan kesungguhan hati dan keikhlasannya mengurus rumah tangga, menjaga harta suami, merawat dan mendidik anak-anaknya serta tidak menelantarkan anak-anaknya.

Jikalaupun ada kondisi dimana suami tidak dapat melaksanakan kewajibannya, sedangkan ia telah ikhtiar semaksimal mungkin. Istri boleh membantu atas ridho suami, namun pengasuhan anak-anak harus diperhatikan juga. Jangan sampai peran ayah dan ibu hilang, sehingga anak tumbuh berkembang tanpa kendali orangtua.

2. Ibu adalah Madrasah pertama bagi anak-anaknya

Syair yang menggambarkan kedudukan ibu yang teramat penting bagi pendidikan anak-anaknya, berbunyi : Ibu adalah sekolah yang jika engkau telah mempersiapkannya, berarti engkau telah mempersiapkan suatu bangsa yang mempunyai akar-akar yang baik.

Ibu sebagai madrasah pertama dimana anak akan belajar dan menyerupai kebiasaan yang ia lihat. Bahasa pertama yang dimengerti anak adalah dari orang yang terdekatnya, perilakunya dan juga pola pikir akan terbentuk dari orang-orang yang selalu bersama anak. Diharapkan ibulah yang pertama memberikan kasih sayang, perhatian, pendidikan dan juga kebiasaan yang baik kepada anak. Bagaimanapun anak adalah kertas putih, orangtualah yang akan mengarahkan mau kemana anak akan di bentuk. Jika orangtua ingin memiliki putra putri yang taat beragama, maka orangtualah yang pertama kali menjadi contoh anak dalam menjalankan perintah agama dan larangan agama. Jika sebagai orangtua hanya menuntut anak untuk bisa menjadi lebih baik, lebih taat dan lebih sukses tetapi orangtua jauh dari panutan, kemungkinan ada dua yang akan terjadi yaitu pertama, anak bisa tetap menjadi anak baik sesuai yang diharapkan. Kedua, sebaliknya melakukan pemberontakan dan akan berbuat seperti orangtuanya atau bisa lebih parah.

Peran ibu dalam mendidik anak-anak bukanlah tugas yang ringan. Butuh ilmu dan dukungan dari pasangan, bahwa mendidik anak tak hanya di bebankan pada seorang ibu, ayah pun memiliki peran mendidik anak agar menjadi generasi Rabbani.

momkids
3. Ibu yang mengenalkan pendidikan iman

Menjadi ibu idaman mungkin sebagian orang memiliki versinya masing-masing. Ada yang beranggapan menjadi ibu idaman tak harus menjadi ibu sempurna,menjadi ibu idaman dengan memberikan apa yang anak-anak inginkan, menjadi ibu idaman dengan membentuk anak sesuai dengan hal yang diinginkan. Namun ternyata dalam Islam, menjadi ibu idaman adalah yang mengenalkan pendidikan iman, agar anak memahami dasar-dasar akidah, tauhid dan keimanan. Seperti dengan membuka kehidupan anak dengan kalimat La Ilaha Illallah (artinya : tiada Tuhan kecuali Allah). Al Hakim meriwayatkan dari ibnu Abbas ra, dari Nabi Muhammad SAW bahwa beliau bersabda,”Bacakanlah kepada anak-anak kamu kalimat pertama dengan La Ilaha Illallah (Tiada Tuhan Selain Allah).

4. Ibu yang mengenalkan pendidikan moral

Pendidikan moral maksudnya adalah pendidikan tentang sikap serta watak yang harus dimiliki dan menjadi kebiasaan mulai dari usia anak hingga dewasa. Dimana pijakan agama yang telah ditanam akan terlihat pada perilaku dan kebiasaan yang dilakukan anak. Ketika keimanannya telah tertanam maka akan terpancar akhlak yang baik sesuai dengan ajaran agama.

Salah satu penyebab mundurnya suatu bangsa adalah dengan rusaknya tatanan keluarga, yaitu hilangnya peran ayah dan ibu maka akan rusaklah anak-anak sebagai pemilik masa depan. Oleh karena itu peran ibu sangat penting sekali di rumah demi mencetak anak-anak yang beriman, bertakwa dan berakhlak. Jika ingin menjadi ibu idaman, jadilah panutan yang baik bagi anak-anak. Mengajarkan kepada anak ilmu yang sesuai dengan zamannya dan tetap mengajarkan ketauhidan. Menjadi ibu idaman itu ada ilmunya, maka sebagai ibu haruslah banyak belajar dan terus mengupgrade diri agar bisa menjalankan perannya sebagai ibu yang dapat mendidik anak-anaknya. Itulah ilmu menjadi ibu idaman semoga bermanfaat dan bisa saling berbagi, saya pun masih tetap belajar menjadi ibu idaman untuk anak-anak. Terus ikhtiar yang terbaik dan memperbaiki diri. Yuk belajar menjadi ibu idaman yang dicintai anak-anak.

ernawati lilys

Ibu dua anak, penulis buku, Blogger dan mompreneur

Latest posts by ernawati lilys (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Mitra Blogger Pontianak!  Terima kasih ya atas dukungannya untuk @klink_indonesia_official.

Semoga event-event K-Link dan MB Communication bisa hadir kembali di Pontianak.

#latepost #klinksolusihidupmu #klinkmember15olusi #bloggerpontianak #mbcommunication #indoblognet

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top