Agama

“Menjadi Bidadari yang Dirindukan Surga”, Tausyiah Umi Pipik di Muslimah Day

Berwisata merupakan kebutuhan pokok yang tak bisa diabaikan. Tapi wisata kan butuh duit banyak, untuk transportasi, akomodasi dan jajan. Jangan salah, ada kok wisata yang murah, wisata ruhani salah satunya. Sebagian besar orang berpikir wisata ruhani adalah kunjungan ke tempat bersejarah yang mengandung nilai religi atau melakukan ritual umrah dan ibadah haji. Namun, buat umat muslim yang belum sempat melaksanakan umrah atau haji seperti saya ini, wisata ruhani paling ampuh dan murah adalah mendengarkan kajian, tausyiah atau hadir dalam majelis ilmu.

Beruntung, 9 April 2016 lalu kota kecil kami Sidoarjo berkesempatan mendapatkan guyuran rohani dari Umi Pipik di acara Muslimah Day yang diselenggarakan Yayasan Nurul Hayat. Serasa melompat-lompat hati saya, mendapat informasi acara keren ini jauh-jauh hari dari salah seorang teman blogger, yaitu mbak Nurul Rahmawati. Dalam hati saya teriak kenceng…woooi itu pas banget sebagai hari ulang tahun saya yang ke-40 di 9 april (abaikan informasi kurang penting ini).

Siapa yang nggak kenal Umi Pipik. Istri mendiang Ustadz Jefri Al Buchari alias Uje dikenal sebagai sosok muslimah yang menjadi salah satu panutan muslimah Indonesia saat ini. Banyak hikmah yang saya peroleh saat hadir di Talk Show inspiratif degnan bintang tamu Umi Pipik di Lippo Plaza Sidoarjo 9 April lalu. Meski tema yang diajukan panitia Muslimah Day bertema “Menjadi Bidadari yang Dirindukan Surga” terkesan berat, namun Umi Pipik tidak muluk-muluk menyitir berbagai ayat dan dalil. Cara beliau bertutur dan menjawab pertanyaan dari penanya mampu membuat saya terpaku, mencatat dalam hati berbagai pelajaran dan hikmah yang sepatutnya menjadi pelajaran untuk berbenah diri.

Seperti apakah muslimah yang dirindukan surga? Umi Pipik dengan singkat, lugas dan padat mengingatkan tiga hal penting yang harus dilakukan seorang muslimah jika ingin menjadi salah satu bidadari surga yaitu:

1. Meluruskan niat. Manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah maka sepatutnya niat beribadah muslimah ditujukan karena berharap ridha Allah semata. Perlu dicatat bahwa ibadah bagi muslimah tak hanya ibadah yang berkaitan langsung dengan Sang Pencipta seperti sholat, puasa dan membaca Al Quran, namun juga taat terhadap suami, mendidik anak-anak dengan baik, menjaga harta dan rumah suami, hingga menyiapkan makanan bagi seluruh penghuni rumah adalah ibadah.

2. Mentarbiyah diri dengan seringkali mengingat kematian. Jika sadar bahwa niat beribadah adalah demi Allah semata, maka salah satu pelajaran yang harus sering diulang adalah hikmah tentang kematian. Kematian pasti datang pada setiap jiwa tanpa memandang usia. Seringkali mengingat kematian dan kehidupan setelah mati akan menjaga manusia untuk bertaubat dan berusaha menjadi lebih baik lagi.

3. Memperbaiki diri sebagai jalan menjemput hidayah. Hidayah bukan ditunggu tetapi dikejar dan dicari. Umi Pipik menyinggung tentang istilah: menjilbabi hati. Beliau mengingatkan bahwa perintah berjilbab tertulis nyata dalam Al Quran sehingga wajib dilaksanakan. Berjilbab tidak ada kaitannya dengan akhlak. Adakalanya kita menyaksikan seorang muslimah berjilbab tetapi masih suka berkata kasar, memaki dan melakukan perbuatan tercela lainnya, maka yang salah adalah akhlak manusianya, bukan perintah Allah untuk berjilbab. Jangan pernah beralasan “saya ingin menjilbabi hati dulu, berperilaku lebih baik agar tidak mencemarkan nama muslimah dan jilbabnya”. Sikap yang paling baik adalah berjilbab sesuai perintah Allah dan akhlaknya pun turut berubah lebih baik agar menjadi insan yang dirindukan surga.

Hati saya tergetar ketika salah satu muslimah menanyakan kiat Umi Pipik bisa tegar sepeninggal suami dan membesarkan anak-anaknya seorang diri. Beliau bercerita bahwa pernah terpuruk, protes kepada Allah mengapa ia harus menanggung musibah sedemikian besarnya. Hingga pada satu titik membawanya kembali bangkit untuk menjadi muslimah setegar Siti Hajar. Manakala ditinggalkan di padang pasir dengan sesosok bayi mungil, Sang Bunda Ismail tidak protes kepada Allah, melainkan tetap bertawakal dan berjuang mencari air agar ia dan anaknya tetap hidup. Sehingga perjuangannya dikenang sepanjang masa sebagai ritual sa’i antara Shofa antara Marwa dalam ibadah haji.

Saya pun berjanji dalam hati untuk menjadi muslimah yang lebih tegar, tawakal agar tak memalukan ketika dihisab di hadapan Allah, agar saya bisa menjadi salah satu bidadari surga atas ridha dan perkenanNya semata. Duuh, jadi malu selama ini suka ngedumel, ngomelin Allah ketika ditimpa ujian kecil. Semoga selalu terbuka kesempatan bagi kita untuk memperbaiki diri, aamiin.

 

*Editor: Indoblognet

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Bandung kota kreatif makin kreatif dan dinamis dengan hadirnya Rumah Cantik LBC @rumahcantiklbc persembahan dari K-Link Indonesia untuk para perempuan. 
K-Link Indonesia @klink_indonesia_official memiliki kepedulian tinggi terhadap kemajuan perempuan Indonesia yang mandiri, cantik, cerdas, enerjik, sosial, cinta keluarga dan pastinya cinta pada Tuhan.

Banyak program edukasi dikemas kreatif dan menyenangkan yang diharapkan bisa menjadi solusi berbagai permasalahan perempuan. 
Mari sahabat perempuan di Bandung yang penasaran ingin mengetahui program-program kreatif Rumah Cantik LBC, bisa datang pada Grand Launching Rumah Cantik LBC - K-Link, Minggu, 27 Agustus 2017 di Jalan Karawitan no.18, Bandung. 
#RumahCantikKlink #RumahcantikLBC #klinksolusihidupmu

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top