Indo Blog Net

Lingkungan

Mengupas Tanaman Kelor yang Identik dengan Hal Mistis

Mengupas Tanaman Kelor yang Identik dengan Hal Mistis

Daun kelor sering dikaitkan dengan hal mistis. Namun tanaman ini juga memiliki banyak khasiat yang bisa dimanfaatkan.

Bagikan Jika Bermanfaat

Ini ada satu lagi tanaman yang berhubungan dengan dunia mistis seperti tanaman daun bidara. Tanaman kelor. Entah mengapa banyak tanaman yang selalu dihubung-hubungkan dengan kekuatan jin. Jadi serem-serem gitu, padahal tanaman ini juga punya keunikan dan manfaatnya sendiri. Kelor adalah tanaman yang termasuk dari suku Moringaceae. Mudah sekali tumbuh di mana saja, mempunyai umur panjang dengan bunga yang ada di sepanjang tahun dan sangat tahan dengan cuaca yang ekstrim.

Ciri-ciri Tanaman Kelor

Tanaman kelor ini memiliki ciri khas tersendiri. Batang tanaman kelor berbatang kayu, mempunyai kulit yang tipis dan berdiri tegak dengan permukaan yang kasar. Cabang batang bersifat simpodial dan tumbuh lurus/tegak. Bentuk daun bulat telur dengan ukuran kecil. Daun kelor ini termasuk daun majemuk dengan tangkai daun yang panjang dan letak daun berselang seling dengan ciri beranak daun gasal. Sedangkan bunganya berwarna putih kekuning-kuningan.

Tudung pelepah bunganya berwarna hijau. Bunga ini berbunga sepanjang tahun dengan aroma yang wangi. Bentuk buahnya segitiga memanjang dengan ukuran 20-60 cm. Buahnya dikenal dengan sebutan kelentang. Warna buah hijau saat muda dan setelah tua berwarna coklat. Umumnya bisa disayur. Biji bentuknya bulat, warnanya coklat kehitaman. Sedangkan akarnya termasuk akar tunggang, membesar dengan warna putih.

Kandungan Tanaman Kelor

Kandungan senyawa di dalam pohon kelor ada 46 antioksidan alami yang baik bagi tubuh seperti Vitamin (A, C,E, K, B (Choline),  B1 (Thiamin), B2 (Riboflavin), B3 (Niacin), B6) Alanine, Alpha-Carotene, Arginine, Beta-Carotene, Beta-sitosterol, Caffeoylquinic Acid, Campesterol, Carotenoids, Chlorophyll, Chromium, Delta-5-Avenasterol, Delta-7-Avenasterol, Glutathione, Histidine, Indole Acetic Acid, Indoleacetonitrile, Kaempferal, Leucine, Lutein, Methionine, Myristic-Acid, Palmitic-Acid, Prolamine, Proline, Quercetin, Rutin, Selenium, Threonine, Tryptophan, Xanthins, Xanthophyll, Zeatin, Zeaxanthin, Zinc.

Manfaat Tanaman Kelor

Menurut studi dari India, tanaman kelor bisa bermanfaat sebagai hepatoprotektor yaitu sebagai pelindung hati. Daun kelor bermanfaat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi sehari-hari, dan sekaligus bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Bunga kelor juga bisa bermanfaat sebagai antimikroba, antibakteri, mengatasi flu, masalah saraf, dan sebagai tonik.

Selain itu, bagian biji kelor juga bisa digunakan sebagai penjernih air, kosmetik dan sumber minyak goreng nabati. Biji kelor yang sudah kering mengandung 40% lemak tak jenuh sehingga dapat dipakai sebagai minyak sawit. Sedangkan buah kelor mengandung senyawa alkaloida morongiona yang merangsang sistem pencernaan. Buah kelor juga bisa dimasak sebagai sayur asam, lho.

Mitos Mengenai Tanaman Kelor

Selain pohon kelor baik untuk kesehatan tubuh kita, pohon kelor ini termasuk pohon sakti. Ini karena ada mitos kalau pohon kelor ini bisa mengalahkan kekuatan makhluk halus. Kepercayaan ini sudah mengakar pada masyarakat. Sudah berakar kuat tentang kesaktian pohon kelor ini. Sampai-sampai para jagoan yang mendapatkan kekuatan dari makhluk halus sangat takut dengan pohon kelor ini, mereka takut kehilangan kekuatannya.

Jaman sekarang yang sudah banyak kemajuan segala bidang tapi masih saja banyak yang percaya dengan kesaktian daun kelor ini. Selain bisa mengusir makhluk halus daun kelor juga bisa mencegah datangnya makhluk halus. Di beberapa daerah masih ada di pintu rumah bagian atasnya ditempel daun kelor untuk mencegah masuknya makhluk halus, dan dianggap sebagai penolak bala. Masih percayakah tentang mitos ini?

Terlepas dengan keyakinan kalau daun kelor mempunyai kesaktian, pohon kelor ini mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Karena hampir semua bagian bisa dimanfaatkan. Maka perlu dilakukan budidaya pohon kelor. Seperti di daerah Nusa Tenggara Timur yang sudah memanfaatkan lahan yang ada untuk menanam pohon kelor.

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak

Latest posts by Hastira (see all)

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top