Gaya Hidup

Menguak Manfaat Ikan Teri, Si Kecil Super Manfaat

 

Siapa tak kenal ikan teri? Ketersediaan yang melimpah dan harga yang murah membuat teri populer di kalangan masyarakat. Tak hanya di Indonesia tetapi juga meliputi kawasan Asia Tenggara lainnya seperti Vietnam, Malaysia, Filipina, dan Thailand. Sedemikian populernya teri tak heran bila banyak ragam masakan menggunakan ikan jenis ini. Dari sekedar digoreng hingga menjadi sambal, rempeyek, tumisan, bahkan menjadi bahan dasar kaldu sup.

Tergolong keluarga Engraulidae, teri mudah ditemukan dimana saja, hampir di seluruh perairan dunia. Umumnya di perairan dangkal dengan dasar berlumpur dan beriklim sedang. Sangat jarang dijumpai di area bersuhu sangat dingin atau sangat panas. Teri mudah ditemui dalam gerombolan besar dengan warna tubuh perak kehijauan atau kebiruan. Ukuran maksimal bisa mencapai 40 cm, akan tetapi yang kerap dikonsumsi dan dimanfaatkan hanya yang berukuran 5 cm.

Menguatkan Tulang

Tak dipungkiri tubuh memerlukan asupan kalsium agar tidak terjadi pengeroposan tulang. Tak mau kalah dengan susu atau keju, teri juga mengandung kalsium yang cukup tinggi. Menurut data dari USDA setiap 28 gram teri tanpa tulang, kandungan kalsiumnya mencapai 65,5 mg. Digabung dengan dua mineral esensial lain, seperti magnesium (19,5 mg) dan fosfor (71,2 mg) yang terkandung di dalamnya, teri menjadi salah satu makanan terbaik untuk pertumbuhan dan proses penguatan tulang. Tak hanya baik untuk tulang, kalsium juga baik untuk melindungi gigi dari kerusakan sekaligus menjaganya tetap sehat dan kuat sampai tua.

Baik Untuk Pertumbuhan Anak dan Pembentukan Otot

Protein memang banyak terkandung dalam susu, telur, dan daging. Tapi, jangan salah selain ketiga makanan tersebut teri juga memiliki kandungan protein yang tinggi (8 gr/28 gr teri tanpa tulang). Nah, protein ini sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Kenapa demikian? Sebab protein berfungsi untuk membangun, memelihara, sekaligus memperbaiki jaringan tubuh. Tidak hanya itu protein bermanfaat untuk mengatur daya tahan tubuh, memberikan energi yang menunjang aktifitas harian, dan menghasilkan enzim dan hormon yang diperlukan oleh tubuh anak selama masa pertumbuhan.

Bagi Anda yang gemar fitnes, protein merupakan asupan utama untuk membentuk otot. Agar tujuan tersebut tercapai Anda bisa memasukkan teri yang mengandung protein sebanyak 146 kJ (10% dari kebutuhan sehari-hari) dalam menu diet Anda.

Menyehatkan Jantung

Berdasarkan data dari USDA, setiap 1 oz teri segar mengandung Omega 3 sebanyak 597 mg, dua kali lebih banyak daripada ikan Halibut. Dalam tubuh Omega-3 bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam dalam (LDL), menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskuler dan stroke, serta kadar trigliserida dalam darah. Tak hanya itu, kandungan kalsium dan selenium pada teri berperanan penting dalam sistem kardiovaskuler. Kedua mineral ini bermanfaat untuk memelihara detak jantung dan tekanan darah. Sementara vitamin B6 dan B12 menurunkan kadar homocystein yang berefek buruk bagi kesehatan jantung.

Menjaga Kesehatan Fungsi Syaraf

Selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, vitamin B6 dan B12 juga penting untuk menjaga kesehatan fungsi syarat. Vitamin B6 diperlukan untuk produksi neurotransmitter dan formasi myelin. Neurotransmitter adalah senyawa kimia yang menjadi sel-sel syaraf berkomunikasi satu sama lain sedangkan myelin berfungsi untuk membantu kecepatan transmisi impuls syaraf.Β Vitamin B 12 memiliki peranan penting dalam memelihara selubung myelin yang menutupi serabut-serabut syaraf sekaligus menjaga proses transmisi impuls syaraf berjalan lancar.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dan E dalam teri bermanfaat besar untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin A mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya proses penuaan dini pada kulit. Begitu juga vitamin E yang bermanfaat untuk menjaga elastisitas dan kelembaban kulit, mempercepat penyembuhan luka, melindungan kulit dari efek sinar violet sekaligus melindungi kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

 

 

Image source: media.photobucket.com

 

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, haaai smart people 😍 Asyikkk ya weekend! Have fun ya, guys πŸ˜„
.
Guys, tau gak sih kamuuu, lebih dari 3,8 milyar orang di seluruh dunia menggunakan internet, dimana jumlahnya meningkat 38 juta orang sejak Januari 2017 😁
.
Kenaikan ini menandakan bahwa penetrasi internet di seluruh dunia mencapai 51%, atau bisa dibilang orang yang pakai internet udah lebih banyak daripada orang yang nggak pakai internet, hihi.. Memang sih, tahun 2017 ini sebenarnya peningkatan jumlah pengguna internet jauh lebih lambat daripada tahun 2016 πŸ˜†
.
Daaan, dari 3,8 milyar orang pengguna internet di seluruh dunia, 2,9 milyarnya aktif menggunakan media sosial, lho! Wawww πŸ˜‹ Pastinya kamu termasuk di dalamnya dong, heheee
.
Sumber: youthmanual.com
.
#indoblognet #mbcommunication #internet #survey #sosialmedia #socialnetworking #weekend #saturday #viral

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top