Indo Blog Net

Bisnis

7 Ide Kreatif Mengolah Barang Bekas Menjadi Ladang Uang

ide daur ulang kantong plastik bekas

Persoalan mengenai sampah yang kian hari semakin menumpuk pada akhirnya mendorong kita untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. Salah satunya dengan cara meminimalisir sampah di sekitar kita, lebih tepatnya dengan mengolah barang-barang bekas yang biasanya menjadi sampah. 

Sebab ternyata banyak sekali barang-barang bekas di sekitar kita yang bisa diolah menjadi produk bermanfaat sekaligus memiliki nilai jual yang tinggi. Anda hanya perlu mengembangkan kreativitas agar barang-barang bekas tersebut bisa memiliki daya tarik serta nilai jual yang menjanjikan.

Bisnis barang bekas ini tak hanya menghasilkan uang, namun juga membantu mengurangi penumpukan sampah. Bagaimana, Anda tertarik menjadikan barang-barang bekas di sekitarmu sebagai ladang uang?

Yuk, simak berbagai ide kreatif mengolah barang bekas di bawah ini.

7 Ide Kreatif Mengolah Barang Bekas Menjadi Ladang Uang

Bisnis barang bekas tentunya tak memerlukan modal besar, sebab bahan baku utamanya merupakan barang-barang yang umumnya dianggap sebagai “sampah” karena sudah tak terpakai lagi.

Baca juga: 7+ Ide Bisnis Souvenir Pernikahan yang Unik dan Ramah Lingkungan

Barang-barang bekas inipun tidak sulit didapatkan. Tentunya hal ini jadi keuntungan bagi Anda, bukan? Inilah 7 ide kreatif mengolah barang bekas yang bisa Anda jadikan bisnis:

1. Mengolah kantong plastik bekas

ide daur ulang kantong plastik bekas

Credit: hipwee.com

Tahukah Anda berdasarkan data Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) setiap tahunnya terdapat 10 miliar lembar atau 85.000 ton kantong plastik yang terbuang. Ide kreatif mengolah barang bekas ini tentu saja dapat mengurangi sampah kantong plastik yang terbuang. 

Kantong plastik bekas dapat dengan mudah Anda peroleh. Jadi jika ingin berbisnis mengolah kantong plastik bekas ini, Anda bisa mudah mendapatkan bahan baku dan dengan harga yang sangat murah. 

Siapa sangka kantong plastik bekas ini ternyata bisa disulap menjadi berbagai barang unik dan berguna. Anda bisa mengolahnya menjadi aneka tas cantik, wadah ponsel, wadah botol minum, keranjang, dompet, tas laptop, sandal, dan masih banyak lagi kerajinan tangan menarik lainnya. 

Meski terbuat dari kantong plastik bekas, dijamin kerajinan ini kuat dan awet, lho. Untuk membuat berbagai kerajinan menarik tersebut, kantong plastik bekas biasanya dipilin terlebih dahulu menjadi sebuah tali. Kemudian dianyam, dirajut, atau bisa juga menggunakan teknik sambung lainnya. 

Anda dapat menjual kerajinan tangan terbuat dari kantong plastik bekas dengan harga yang lumayan tinggi. Mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari jenis kerajinan serta tingkat kesulitannya. 

2. Mengolah bungkus

ide bekas produk rumah tangga

Credit: kompasiana.com

Coba perhatikan deh, berapa banyak bungkus-bungkus kemasan produk yang Anda buang setiap harinya. Mulai dari bungkus minuman instan, makanan instan, bungkus snack, hingga bungkus sabun cuci serta produk rumah tangga lainnya.

Jika biasanya bungkus-bungkus tersebut hanya menjadi tumpukan sampah, mengapa tidak menjadikannya ide kreatif mengolah barang bekas menjadi produk bernilai.

Memanfaatkan bungkus bekas produk rumah tangga di sekitar Anda menjadi sebuah karya seni tentunya membutuhkan daya kreativitas tinggi. Bungkus-bungkus bekas ini bisa disulap menjadi aneka tas berbagai macam model, sepatu, dompet, payung, dan lain-lain.

Sama halnya dengan kantong plastik bekas, kerajinan dari bungkus bekas produk rumah tangga inipun umumnya dibuat dengan teknik anyaman.

Agar tampak lebih menarik dan nyaman digunakan Anda dapat menambahkan bahan lainnya, misal pada bagian pegangan tas bisa gunakan bahan kulit atau kain. 

3. Mengolah botol plastik bekas

ide botol plastik bekas

Credit: @robriesgallery

Ide kreatif mengolah barang bekas berikutnya adalah menggunakan botol minuman sekali pakai. Jika dua poin di atas barang bekas diolah menjadi aneka kerajinan unik, barang bekas yang satu ini ternyata dapat diolah menjadi perabotan rumah. Mulai dari kursi, meja, pot tanaman hingga jam dinding, yang bahan baku utamanya berasal dari botol plastik bekas.

Awalnya botol-botol plastik bekas ini dipotong-potong dengan cara manual. Kemudian potongan tersebut dilelehkan. Setelah itu, plastik yang sudah meleleh dicetak menjadi bentuk lembaran seperti papan kayu.

Nah, lembaran plastik inilah yang kemudian menjadi bahan baku pembuatan meja, kursi, pot tanaman serta jam dinding. Harganya pun bisa mencapai ratusan ribu rupiah per barang. 

Omset yang bisa Anda peroleh dari bisnis mengolah barang bekas ini juga termasuk lumayan, lho. Anda bisa meraup untuk hingga puluhan juta rupiah perbulannya.

Baca juga: 8 Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa, Tak Perlu Modal Besar!

Tak hanya dijual di dalam negeri, produk dari botol plastik bekas ini juga sudah terjual hingga ke Eropa. 

4. Mengolah kardus bekas

ide kreatif mengolah kardus bekas

Credit: 99.co

Mengolah kardus juga bisa jadi ide kreatif mengolah barang bekas. Apalagi saat ini penggunaan kardus semakin banyak saja. Sebab kardus banyak digunakan sebagai bahan pembungkus paket saat Anda berbelanja online.

Akan lebih jika kardus bekas ini dimanfaatkan menjadi produk yang bernilai, bukan?

Hal ini juga akan membuat lingkungan lebih bersih karena mengurangi penumpukan sampah kardus. 

Berbekal kreativitas, kardus-kardus bekas ini bisa diolah menjadi barang-barang cantik, seperti cermin hias, aneka mainan anak, berbagai wadah, pigura, celengan, dan masih banyak lagi. 

5. Mengolah kertas bekas

ide kreatif mengolah kertas bekas

Credit: udfauzi.com

Meski saat ini banyak orang yang lebih suka menulis menggunakan gadget, nyatanya sampah kertas bekas masih banyak kita temukan dimana-mana. Untungnya hal ini bisa menjadi ide kreatif mengolah barang bekas menjadi bisnis berkelas.

Kertas-kertas bekas ini bisa diolah menjadi bubur kertas (pulp) yang kemudian dikreasikan menjadi berbagai barang unik, mulai dari celengan, vas bunga, tempat pensil, mangkok, pigura, lukisan, miniatur, dan lain-lain. 

6. Mengolah kain bekas

ide kreatif mengolah kain bekas

Credit: olympics30.com

Selanjutnya Anda juga bisa menjadikan kain-kain yang sudah tak terpakai lagi menjadi ide kreatif mengolah barang bekas. Kain-kain bekas ini biasanya berasal dari pakaian yang sudah tak terpakai lagi maupun dari kain-kain sisa konveksi.

Daripada menjadi tumpukan sampah, kain bekas ini dapat diolah menjadi barang-barang unik. 

Barang-barang yang dibuat dari kain bekas ini diantaranya tas, hiasan dinding, baju boneka, dan lain-lain. Kain-kain bekas atau kain perca ini disusun lalu dijahit, digunting dan disikat.

Setelah itu dikreasikan menjadi sebuah kerajinan, seperti tas, hiasan dinding, dan lainnya. 

Jangan salah, meski produk ini dibuat menggunakan kain bekas namun bisa dijual dengan harga yang cukup mahal, lho.

Untuk tas dapat dijual dengan harga ratusan ribu. Sedangkan untuk hiasan dinding, bisa dibanderol dengan harga mencapai jutaan rupiah.  

7. Mengolah kaleng bekas 

ide kreatif mengolah kaleng bekas 

Credit:

Masih ada lagi nih barang yang berpotensi menjadi sampah ternyata bisa diubah menjadi ide kreatif mengolah barang bekas.

Kaleng bekas yang biasanya diperoleh dari bekas biskuit, minuman, ataupun makanan kaleng ini ternyata bisa diolah menjadi barang-barang unik dan cantik, diantaranya tempat pensil, celengan, nampan, jam dinding, tong sampah, dan sebagainya. 

Kaleng-kaleng bekas yang digunakan tentunya bukan yang sudah rusak kondisinya, seperti berkarat atau rusak. Kaleng bekas ini dibersihkan kemudian dipotong-potong menjadi bentuk lembaran. Dan lembaran ini kemudian dibentuk lagi sesuai kebutuhan.

Namun ada juga kaleng bekas yang masih dalam bentuk aslinya, hanya tinggal dilukis saja agar lebih menarik dan bernilai jual. 

Wah, menarik bukan ide-ide kreatif mengolah barang bekas di atas? Anda tak hanya mendapat keuntungan materi saja tapi juga mendapat kepuasan batin karena telah membantu mengurangi sampah lingkungan 🙂

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top