lomba blog

Mengenal Wajah Jurusan Teknik Lingkungan

kuliah jurusan teknik lingkungan - widyanti yuliandari

Judul Buku: Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan

Penulis: Widyanti Yuliandari

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (GPU)

Terbit: 2016

Tebal: 102 hlm.

ISBN: 978-602-03-2608-5

Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan. Pertama membaca judul buku ini, saya awalnya bertanya-tanya apakah bahasanya akan sangat akademis? Khas para mahasiswa dan dosen yang membahas tentang materi kuliah di kampus. Tapi rasa penasaran saya terjawab ketika menemukan pembuka yang menarik dengan cerita penulisnya yaitu Mbak Widyanti Yuliandari yang menceritakan keriaannya ketika pengambilan contoh uji air di sungai yang menjadi bahan penelitian. Terasa sekali bahwa Mbak Widyanti Yuliandari menikmati sesi perkuliahan karena menjadi lebih berwarna dengan kegiatan outdoor selain perkuliahan di kelas dan di lab.

Teknik Lingkungan adalah sebuah jurusan kuliah yang berbeda dengan jurusan teknik kimia seperti yang selama ini ada dalam bayangan banyak orang. Penulis mengupas tuntas beberapa hal yang berhubungan dengan Jurusan Teknik Lingkungan. Tujuannya agar pembaca yang notabene ingin mengetahui seperti apa sih jurusan teknik lingkungan, bisa mendapatkan pencerahan tentang bagaimana proses di perkuliahan dan progres alumninya di masa depan nanti.

Jurusan teknik lingkungan awalnya lahir dari dua nama yang berbeda yaitu Teknik Kesehatan Masyarakat (Public health engineering) dan Teknik Penyehatan (sanitary engineering). Tergantung dari fakultas mana yang menaungi, tapi kini  Teknik Lingkungan masuk dalam Fakultas Teknik.

Jurusan ini menitikberatkan pada kemampuan merekayasa suatu sistem penyediaan infrastruktur agar pembangunan fisik lingkungan bisa tetap berlangsung dengan meminimalkan dampak lingkungan.  Jadi jika ada yang mengatakan bahwa jurusan ini erat kaitannya dengan Teknik Sipil, itu benar.

Kebutuhan masa depan yang selalu berhubungan dengan pembangunan fisik yang terus menerus membuat Teknik Lingkungan menjadi jurusan primadona dengan prospek masa depan cerah. Mengingat betapa kini banyak pencemaran lingkungan yang terjadi karena ulah manusia yang memanfaatkan sumber daya alam tanpa memikirkan dampaknya. Contoh paling dekat misalnya pembakaran hutan, pencemaran lingkungan, tanah maupun udara. Inilah yang membuat Teknik Lingkungan harus mengambil peran untuk membuat dunia menjadi lebih baik.

Kesehatan manusia kini berbeda dibanding dulu karena pencemaran lingkungan dan tata kelola pemukiman yang tak mengindahkan dampak lingkungan. Hal ini menjadi konsentrasi jurusan Teknik Lingkungan. Inilah yang perlu untuk dipahami oleh mahasiswa bahwa jurusan Teknik Lingkungan adalah perkawinan antara jurusan Teknik Kimia dan Teknik Sipil (hlm. 3) Jadi semua desain rekayasa yang akan dikerjakan oleh alumni jurusan Teknik Lingkungan akan dihubungkan dengan kebutuhan masyarakat nanti.

Buku ini disajikan dengan bahasa sederhana sehingga mudah dipahami. Isinya dipecah menjadi 5 bab, yang pertama membahas tentang jurusan Teknik Lingkungan secara umum, kedua apa saja yang akan dipelajari di jurusan ini, ketiga perguruan tinggi mana saja yang membuka jurusan Teknik Lingkungan. Keempat, pilihan karir yang bisa dilakukan selepas menjadi sarjana lulusan Teknik Lingkungan. Kelima adalah kisah alumni. Ini berhubungan dengan bagaimana para mahasiswa akan mendapatkan pencerahan seputar jenjang karir apa saja yang akan mereka lalui setelah mendapatkan title sarjana.

Selama ini banyak mahasiswa merasa salah jurusan. Ingat bahwa saat mendaftar tes di perguruan tinggi baik lewat jalur umum maupun khusus calon mahasiswa sering dibingungkan dengan pilihan mau ambil jurusan apa? Kalau ditanya begitu biasanya jawabannya datar, karena suka pelajaran kimia penginnya masuk ke Teknik Kimia atau kalau suka kimia dan nggak diterima di jurusan Teknik Kimia maka mengambil pilihan kedua dengan jurusan Teknik Lingkungan, apakah mereka akan salah jurusan? Tergantung bagaimana mereka menyelesaikan studi nanti. Jika memilih tanpa pertimbangan matang apakah yang nanti akan mereka temukan dalam dunia kampus dan bagaimana progress karir masa depan nanti?

Ada salah satu saran dari alumni Teknik Lingkungan yaitu Noka Destalina yang bekerja di LSM. Ia telah melanglang buana ke berbagai negara untuk mengkampanyekan pengetahuan di bidang sanitasi. Menurutnya, “Kalau memang sudah tertarik untuk masuk ke jurusan TL, harus konsekuen di jalurnya. Begitu banyak jenis ilmu yang bisa didapat dan sangat terbuka peluang untuk bisa berkarya di berbagai bidang setelah lulus kuliah nanti”. (hlm. 72). Jadi fokus di jurusan yang sudah dipilih adalah hal yang paling penting agar proses perkuliahan tidak sia-sia.

Ada juga pengalaman dari Arisandi Dwi Harto, S.T., M.T. yang merupakan direktur PT Global Solusi Prima. Beliau membagikan pengalaman tentang suka duka selama menjalani proses seleksi ujian masuk ke kampus impian hingga menjadi alumni dan merintis karir sebagai enterpreneur di bidang teknik lingkungan. Awalnya saya kira jurusan ini tidak akan membuka peluang usaha di bidang bisnis ternyata bisa juga ya. Misalnya saja karier sebagai kontraktor yaitu membangun instalasi pengolahan air limbah bagi rumah sakit maupun biogas peternakan (hlm. 90) Atau  Dewi Dwirianti yang menjadi freelance consultant bidang  AMDAL (hlm. 95)

Melihat kebutuhan prospektif di masa depan adalah bidang yang berhubungan dengan food, energy, dan environment, maka inilah salah satu bukti bahwa kuliah jurusan Teknik Lingkungan akan diminati. Semoga buku ini menjadi pilihan yang tepat untuk menjawab rasa penasaran para calon mahasiswa yang ingin tahu bagaimana wajah Teknik Lingkungan sebenarnya.

 

 

Editor: Indoblognet

Ila Rizky

Blogger | Bookworm
www.ilarizky.com
www.celotehkiky.com

Latest posts by Ila Rizky (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Alhamdulillah aktivasi promosi seminar "Tolak Kanker Payudara dan Kanker Serviks" yang diselenggarakan oleh K-Link Indonesia @klink_indonesia_official berjalan dengan lancar dan sukses (Sabtu, 18/11). Lebih dari 4 jam berkat kekompakan seluruh netizen dan blogger Yogyakarta dan member blogger K-Link dari berbagai kota, seminar ini bisa menjadi trending topik nasional di twitter no.1-3.  Materi yang dihadirkan memang menyentuh sekali dengan kewanitaan, bahwasanya kanker  sudah sangat mengkhawatirkan menyerang sebagian besar kaum wanita. Jika tidak diketahui untuk bisa dicegah sejak dini, akan semakin banyak korban.

Kanker Payudara menyumbang jumlah penderita terbesar, baru kemudian kanker serviks. Sebagian besar kasus terjadi, kanker baru dilaporkan setelah penderita berstadium lanjut. 
Untuk itu, K-Klink Indonesia semakin gigih menjadi bagian dari solusi pencegahan kanker lewat berbagai inovasi produknya yang berkualitas. Gaya hidup sehat, menjauhi stres, mengurangi konsumsi daging mentah/setengah matang, merokok, diantaranya yang dapat dilakukan untuk pencegahan.

Senang sekali bekerja sama dengan blogger2 Yogyakarta yang penuh antusias dan bersemangat ini, datang tepat waktu hingga menuntaskan acara. Semoga  bisa sering2 mengadakan event di sana ya.

#Klinksolusihidupmu #Klinkpedulikanker #klinkmember15olusi #Klinkpedulikankerserviks #klinkpedulikankerpayudara #Indoblognet #bloggeryogya

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top