Indo Blog Net

Kesehatan

Mengenal Kaktus Mickey Mouse dan Cara Merawatnya

cara merawat kaktus mickey mouse

Gemesss… begitu melihat pertama kali kaktus ini. Bentuknya yang unik menyerupai telinga besar milik si Mickey sungguh menggoda. Kaktus yang bernama latin Opuntia Microdasys Pallida ini juga dikenal dengan sebutan si telinga kelinci (Bunny Ears).

Belakangan ini Kaktus Mickey Mouse banyak diburu pecinta kaktus. Bisa jadi kamu salah satunya nih.

Saya beberapa kali membelinya untuk customer @KaktusQulucu. Rupanya kaktus Mickey Mouse ini ada beberapa jenis. Ada yang berbulu kuning, dan merah. Bentuknya juga bervariasi, tergantung selera. Ada yang besar, ada juga yang kecil.

Saya masih mencari tahu tentang jenis Opuntia Microdasys Palida ini. Ada yang bilang, karena pengaruh suhu dan lokasi jadi pertumbuhannya mengecil. Saya memang membeli pada petani yang berbeda tempat, yaitu di Pekanbaru dan Lembang, Jawa Barat yang termasyur sebagai gudangnya penghasil kaktus.

Cara merawat kaktus mickey mouse

Kaktus Mickey yang saya beli dari Lembang, diameter sekitar 6 cm, tinggi 15-20 cm.

Kaktus Mickey yang saya beli dari Lembang, ukurannya besar dan kokoh. Sedangkan yang saya beli dari Pekan Baru-Riau, kecil dan agak ringkih. Tapi keduanya tetap ngegemesin. Mau dimasukkan ke pot karakter atau pot polosan, pesonanya tetap bersuara.

Saya belum mendapatkan informasi tentang perbedaan ukuran ini. Anggaplah dulu beda jenis :).

Baca juga: 9 Jenis Kaktus Hias yang Mudah Dirawat Bagi Pemula

Dari riset google diketahui, kaktus Mickey Mouse asalnya dari Meksiko Utara. Ia menghuni daerah gurun yang notabene gersang. Makanya ia suka sekali bermandi cahaya. Ukurannya jika di tempat asalnya, bisa setinggi 2 meter. Wuiihh tinggi juga ya. Menariknya lagi, ia juga bisa berbunga dengan warna kuning krem. Semoga saja kamu beruntung bisa memiliki kaktus yang berbunga cantik.

pot kaktus lucu

Kaktus mickey mouse yang saya beli dari petani di Pekan Baru. Ukurannya mini, diameter sekitar 1 cm.

Oh ya, perlu kamu ketahui nih. Kaktus Mickey tidak berduri, tetapi memiliki bulu halus (glocid) yang cukup menggelitik kulit yang sensitif. Disarankan, kalau kamu ingin menyentuhnya menggunakan sarung tangan ya.

Saya termasuk yang tidak terlalu suka pakai sarung tangan kalo sedang bermain-main dengan kaktus. Jangan ditiru perilaku yang buruk. Hhehe… makanya suka gatal dan mencekit-cekit.

Baca juga: Mengenal media tanam kaktus dan cara membuatnya

Tapi untungnya mudah ditanggulangi. Cukup dengan mencuci tangan dengan sabun sampai bersih. Setelah itu gunakan lotion deh, dijamin kulit kamu akan halus kembali. Atau bisa juga menggunakan Caladin, terasa lebih nyaman dan gatal-gatalnya cepat hilang.

Dengan bulu halus Mickey semoga tidak membuat kamu jadi parno ya. Justru inilah seni bersahabat dengan kaktus. Selama kamu tidak menyentuh, masih sangat aman kok.

Cara Merawat Kaktus Mickey Mouse

  1. Prinsipnya, kaktus merupakan tanaman gurun dan karakternya suka dengan bermandi cahaya. Itu pasti cara Tuhan yang indah menyuburkan buminya dengan tanaman. Dengan kondisi Indonesia yang beriklim tropis, menurut petani kaktus, ada beberapa penyesuaian.

    Meski senang dengan cuaca panas, tetapi bukan berarti harus dijemur terus menerus. Kamu hanya cukup meletakkannya pada suhu ruang antara 21 sd 37 derajat celsius.

    Hindari terkena sinar matahari langsung, karena bisa berakibat terbakat (sun burn). Jika memungkinkan letakan kaktus di dekat jendela.

  2. Siram setidaknya 2x seminggu pada pagi atau sore hari. Sebaiknya gunakan alat penyemprot seperti spray. Semprotkan pada media tanam di sekelilingnya saja. Sebelum menyiram, kamu bisa mengecek dengan lidi permukaan tanahnya. Jika basah sebaiknya tidak menyiram dulu.
  3. Mengganti media tanam sekitar 3 bulan sekali untuk merangsang pertumbuhan anakan baru. Jika kaktus tumbuh besar, bisa diganti potnya dengan ukuran sesuai. Anakan kaktus bisa tumbuh dari bawah dekat dengan akar induknya, bisa juga pada tubuh induknya.

    Jika kamu ingin mengembangbiakannya, tinggal  memotong  atau gunting yang tajam dan tidak berkarat, kemudian tancapkan di media tanam.

  4. Jika pertumbuhan kaktus membesar, kamu bisa memindahkan pada pot yang sesuai. Jangan terlalu kecil karena bisa menghambat pertumbuhan lantaran nutrisi yang sedikit.  Begitu pula sebaliknya, jangan terlalu besar yang membuka risiko akar busuk arena terlalu lembab.

Semoga ulasan cara merawat kaktus Mickey Mouse bermanfaat ya. Atau kamu yang ingin berbagi pengalaman bercocok tanam kaktus, bisa tambahi ulasan ini.

Kaktus selain memiliki bentuk yang unik dan mudah merawatnya, juga memberikan manfaat kesehatan yang besar untuk membersihkan udara dari zat-zat yang kurang baik, melancarkan pernapasan. Dan, jika diletakkan di samping laptop meja kerja atau belajarmu, tanaman ini bisa mengurangi radiasi cahaya yang merusak kesehatan mata.

Kaktus yang lucu dengan pot yang menarik juga bisa menjadi mood booster. Cocok untuk kamu yang kreatif.

KaktusQuLucu menyediakan berbagai hampers kaktus untuk souvenir dan hadiah untuk orang-orang yang spesial di hati. Bisa cek IG @kaktusQulucu atau menghubungi saya : 081310976735.

kartina Ika Sari
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top