resensi buku teknik lingkungan

Mengenal Jurusan Teknik Lingkungan

Judul: Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan
Penulis: Widyanti Yuliandari
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 2016
Tebal: 106 halaman
ISBN: 978-602-03-2608-5

Menjadi mahasiswa adalah impian setiap orang selepas SMU, dengan harapan ijazah sarjana akan memberikan peluang berkarir yang lebih baik. Tapi, adakalanya seseorang bingung memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuannya. Nah, saya mau berbagi tentang sebuah buku yang baru saya baca mengenai kuliah di Jurusan Teknik Lingkungan.

Buku yang terdiri dari 5 bab ini ditulis oleh Widyanti Yuliandari, seorang penulis yang juga lulusan Teknik Lingkungan dan berkarir sebagai PNS di Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Bab pertama merupakan pengenalan sekilas tentang Jurusan Teknik Lingkungan. Sudah bukan rahasia jika jurusan teknik biasanya identik dengan kaum adam. Namun di Jurusan Teknik Lingkungan justru sebaliknya, didominasi oleh perempuan. Entah apa yang menyebabkannya demikian. Mungkin mata kuliahnya yang banyak disukai perempuan? Atau mungkin anggapan bahwa dunia teknik lingkungan tak sekeras dunia teknik lainnya? Padahal, ternyata belajar di teknik lingkungan itu tidak hanya duduk di ruang kuliah dan laboratorium yang nyaman, lho. Kuliah di teknik lingkungan juga harus siap berkeringat saat praktikum perpetaan di ruang terbuka sekaligus membawa beban peralatannya, juga harus siap kotor saat menganalisa sampah.

Jurusan Teknik Lingkungan jauh lebih mudah dari jurusan teknik lainnya, dan awalnya bernama Teknik Penyehatan. Oleh karena itu, banyak yang menyangka jurusan ini lekat dengan dunia medis. Namun, fakta dan opini mengungkapkan bahwa Teknik Lingkungan merupakan perkawinan dari Teknik Sipil dan Teknik Kimia. Bisa juga dikatakan bahwa Teknik Lingkungan lebih ke arah rekayasa (engineering) yang melingkupi isu-isu lingkungan, seperti:

• Pengolahan dan distribusi air bersih/air minum
• Pengelolaan air limbah
• Pengelolaan sampah/limbah padat
• Pengelolaan limbah B3
• Pengendalian pencemaran udara
• Manajemen keselamatan kerja
• Pengelolaan kualitas lingkungan

Ada sebuah prediksi bahwa bidang usaha yang akan berkembang di masa depan adalah di bidang Food, Energy, and Environtment (FEE). Keberadaan manusia tidak akan lepas dari 3 hal tersebut, sehingga mulai terbukti Teknik Lingkungan makin diminati dan makin banyak peluang kerja dari lulusan Teknik Lingkungan.

Bab kedua menceritakan tentang apa saja yang dipelajari di Jurusan Teknik Lingkungan. Di jurusan ini, mahasiswa mempelajari mata kuliah dasar seperti matematika, fisika, Bahasa Inggris, dan yang lainnya. Beberapa mata kuliah lain memiliki kesamaan dengan Teknik Sipil seperti Perpetaan, Mekanika Tanah, Geohidrologi, Perencanaan Struktur, dan sebagainya. Ada pula mata kuliah pilihan yang berbeda antara Teknik Lingkungan di satu perguruan tinggi dengan lainnya. Berbagai praktikum baik di laboratorium maupun lapangan, juga dipelajari untuk mendukung mata kuliah, seperti: praktikum kimia lingkungan, praktikum mikrobiologi lingkungan, praktikum teknik analisis pencemar lingkungan, dan sebagainya.

Untuk mempersiapkan masa depan yang cerah sebagai lulusan Teknik Lingkungan, IPK yang cemerlang saja tidak cukup. Kemampuan lainnya seharusnya dimiliki untuk memberi nilai tambah, misalnya Bahasa Inggris, kemampuan menggunakan teknologi informasi, komunikasi, bekerjasama dalam tim, leadership, etika, dan skill technopreneur yang diharapkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

Saat ini, Jurusan Teknik Lingkungan sudah ada di banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Hal ini dibahas di bab tiga lengkap beserta alamat kampus dan akreditasinya. Diantaranya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Andalas, Universitas Trisakti, Universitas Bakrie, Universitas Diponegoro, Universitas Islam Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Pasundan, Universitas Sultan Agung, Institut Teknologi Yogyakarta, UPN Veteran Surabaya, Isntitut Teknologi Nasional Malang, Universitas Mulawarman, Universitas Hasanuddin, dan lain-lain.

Berbagai pilihan karir setelah lulus dari Jurusan Teknik Lingkungan dibahas di bab empat. Lulusan Teknik Lingkungan memiliki kesempatan berkarir di berbagai bidang, mulai dari pemerintahan, BUMN/BUMD, pendidikan, NGO, entrepreneur, dan sektor swasta.

Beberapa alumini Jurusan Teknik Lingkungan menceritakan kisah suksesnya di Bab lima buku ini. Salah satunya adalah Arisandi DWi Harto, S.T., M.T. Jurusan Teknik Lingkungan ITS merupakan pilihan keduanya saat mengikuti seleksi UMPTN. Beliau menjalani perkuliahan dengan bekal semangat dan keyakinan. Beliau juga mengikuti organisasi Departemen Kewirausahaan karena bercita-cita menjadi entrepreneur. Sejak semester VI, beliau sudah bekerja paruh waktu sebagai surveyor lapangan di bidang lingkungan dan sosial. Posisi itu dijalani sampai beliau lulus. Karir beliau kemudian meningkat sebagai asisten ahli lingkungan dan beliau mendapat beasiswa pasca sarjana di Jurusan Arsitektur ITS. Beliau kemudian menjadi tenaga ahli dan akhirnya mendirikan perusahaan sendiri bernama PT. Global Solusi Prima di tahun 2011.

Membaca buku ini dari awal sampai akhir cukup membuka mata saya tentang Jurusan Teknik Lingkungan yang sama sekali tidak saya ketahui sebelumnya. Bahasanya cukup mudah dipahami dan tidak terlalu akademis seperti yang saya duga sebelumnya. Mungkin karena penulisnya juga seorang blogger ya, blogger kan biasanya memakai bahasa yang populer.

Jadi, buat adik-adik calon mahasiswa yang tertarik dengan isu lingkungan dan lagi mencari-cari informasi jurusan kuliah yang sesuai, Jurusan Teknik Lingkungan mungkin bisa menjadi salah satu pilihanmu.

Kanianingsih

Ibu 2 anak yang senang menulis di blog. Salah satu blognya beralamat di www.petualanganzara.com

Latest posts by Kanianingsih (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Kemajemukan  adalah anugerah dan takdir terindah dari Tuhan untuk bangsa Indonesia. Ini harus kita kelola dengan baik dalam komitmen yang sama sebagai bangsa merdeka untuk kemajuan negeri ini.

Founder Kader Bangsa Fellowship Program @kaderbangsafellowship Dimas Oky Nugroho Ph.D  @dimas_okynugroho mengajak generasi muda Indonesia untuk  turun tangan, ambil bagian  membangun kemajemukan untuk kesejahteraan dengan kerja sama, gotong royong dan kolaborasi. Merdeka !

Dirgahayu Republik Indonesia Merdeka 72 tahun !

Mari sebarkan pesan cinta Indonesia yang majemuk !

#mudakolaborasimerdeka #mudabersatumerdeka #mudakreatifmerdeka #mudakerenmerdeka #hutri72 #indonesiamerdeka72

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top