Indo Blog Net

Kuliner

Mengenal Boba yang Sedang Tren

minuman boba

Kenapa ya orang sangat suka dengan boba? Itu karena boba memiliki aneka rasa. Dan katanya boba itu dimasukan dalam chunky drinks seperti es teh, jus atau minuman dengan mutiara tapioka. Boba ternyata berasal dari Taiwan dan dikenal dengan sebutan Zenshu Naicha.

Kalau di Amerika lebih dikenal dengan bubble tea dan boba. Pertama ada di Taiwan, mutiara tapioka ini dibuat dari singkong asal Amerika Selatan. Orang pertama yang menjual boba tapioka ini bernama Tu-Tsong-he yang memiliki Hanlin teahouse.

Awalnya ia menjual mutiara tapioka putih, tapi teksturnya keras dan hambar. Akhirnya beralih ke mutiara hitam. Mutiara ini direbus dalam tong besar, disiram dengan sirup karamel yang manis dan direbus selama berjam-jam sampai menjadi mutiara hitam. Pada tahun 1990 boba mulai dikenal hampir semua negara Asia termasuk Indonesia.

Minuman ini punya kekuatan. Kekuatan untuk selalu berinovasi sedemikian rupa sehingga menciptakan inovasi baru dari minuman ini. Rasa yang berbeda, penampilan yang berbeda dengan aneka toping. Kini yang sedang ngetrend adalah boba dengan brown sugar.

Baca juga: Menikmati Kesegaran Es Doger Asli Cirebon, Yuk Cobain!

Pertama kali muncul di negara Taiwan. Nama Gerainya Tiger Sugar. Pada saat itu minumannya diberi nama Brown Sugar Boba Milk. Tiger sugar kini sudah ada di Indonesia sejak tahun 2019. Brown sugar ini sejenis gula yang terbuat dari ekstrak tebu yang dikristalkan.

Kemudian ditambahkan molase sehingga warnanya lebih coklat. Aromanya wangi sehingga sering digunakan untuk membuat kue.

Sudah dijelaskan tadi kalau boba terbuat dari tepung tapioka yang mengandung kandungan karbohidrat yang tinggi. Bola-bola kecil ini akan disimpan dalam kantung dalam keadaan kering. Jika hendak digunakan, maka akan direbus terlebih dahulu dan dikeringkan. Setelah matang yang terlihat teksturnya akan lebih kenyal dan sudah memiliki rasa manis.

Tapi kenyataanya suka ditambahkan gula atau madu. Ada lagi boba yang dikenal dengan popping atau bursting boba. Boba ini boba instan yang dikemas di dalam larutan sirup dengan rasa buah yang manis. Ini sih siap dimakan. Kandungan nutrisi dan si Boba ini, untuk 76 gr boba(1/2 cangkir) mengandung

  • Kalori: 272
  • Lemak: 0 g
  • Sodium: 0,8 mg
  • Karbohidrat: 67,5 g
  • Serat: 0,7 g
  • Gula: 2,5 g
  • Protein: 0,1 g

Beberaopa jenis boba mengandung nutrisi yang berbeda. Beberapa boba dengan tambahan rasa memang mengandung sedikit jus buah, tepung tapioka, ekstrak rumput laut dan beberapa pengawet. Dan dua-duanya memiliki sodium.

Karbohidrat di boba berasal dari pati. Ada gula dan serat kurang dari 1 gram. Tapi kalau mau menikmati boba dalam minuman bubble tea akan ada tambahan gula dalam teh yang meningkatkan jumlah karbohidrat yang dikonsumsi.

Boba tak mengandung lemak tapi sering ditambahkan susu kalau membuat teh boba. Juga krimer atau produksi susu lainnya. Dalam boba kering hanya terdapat protein sebanyak 0,1 gram dan susu atau krimer yang ditambahkan di teh bobanya akan menambah jumlah proteinnya.

Boba tak mempunyai vitamin dan mineral. Akibatnya boba ini miskin nutrisi sehingga manfaat kesehatannya juga kecil. Jadi teh yang ada bobanya itulah yang memberikan manfaat baik selain kalori yang tinggi. Bagi yang alergi dengan umbi-umbian bertepung tentu harus menghidari teh boba ini. Karena gizi yang terkandung sangat kecil makanya jangan terlalu sering minum teh boba ini.

Sudahkah mencicipi teh boba yang sedang negtren ini. Walau kandungan nutrisinaya tak ada tapi banyak digemari kaum muda. Nongkrong di kafe pesennya teh boba. Bagi yang usianya sudah lanjut tentunya harus mikir dua kali lipat untuk minum teh boba ini yang kandungan gulanya tinggi

Sumber gambar  https://kesehatan.kontan.co.id

Latest posts by Hastira (see all)
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top