Indo Blog Net

Film

Mengenal 5 Jaringan Bioskop Besar di Indonesia

Di tengah maraknya, layanan menonton film secara digital (bahkan banyak yang menonton secara ilegal), bioskop tetap menjadi tempat menonton film yang paling mengasyikan dan takan tergantikan. Saya yakini ini karena sepengamatan saya, meskipun pembajakan cukup merajelela, jumlah orang yang menonton film di bioskop masih banyak, terutama saat liburan.

Kondisi ini juga diperkuat dengan makin menjamurnya jaringan bioskop di tanah air. Yah, sudah hampir lebih dari 10 tahun terakhir ini, bisnis bioskop di tanah air tidak hanya dimiliki oleh satu jaringan bioskop.

Dilansir dari berbagai sumber, ada 5 jaringan bioskop besar (atau berpotensi berkembang besar) yang membuat orang kini memiliki lebih banyak tempat alternatif untuk menonton. Kelima jaringan bioskop tersebut adalah sebagai berikut.

1. Cineplex 21 Group

 

Cinema XXI via 21cineplex.com

Bicara bioskop di tanah air, kebanyakan orang masih merujuk ke Cineplex 21. Wajar karena perusahaan inilah yang memelopori jaringan cineplex di Indonesia, bahkan sempat jadi pelaku tungal di ranah bisnis bioskop.

Jaringan bioskop Cineplex 21 adalah yang terluas karena tersebar di berbagai kota seluruh Indonesia. Jaringan bioskop ini belakangan menghadirkan tiga konsep merek yakni Cinema 21, Cinema XXI, The Premiere, IMAX. Perbedaan merek bioskop ini bertujuan untuk menyasar  target pasar yang berbeda.

Merek Cineplex 21 Group via 21cineplex.com

Keunggulan dari Cineplex 21 adalah jumlah bioskopnya yang banyak serta teknologi tata suara Dolby Atmos dan THX.

2. CGV

 

Bioskop CGV via cgv.id

Saya mengenal bioskop ini pertamakali tahun 2006 dengan nama blitzmegaplex. Bioskop pertamanya ada di Paris van Java Bandung. Bioskop ini kemudia hadir di Grand Indonesia dan meraih penghargaan MURI sebagai bioskop dengan layar terbesar saat itu. Jaringan bioskop ini semakin berkembang dengan makin banyaknya bioskop di beberapa kota lain.

Blitzmegaplex  bekerjasama dengan jaringan bioskop besar dari Korea Selatan, CGV. Kerjasama ini menghasilkan nama jaringan bioskop baru, yakni CGV*Blitz pada Agustus 2015. Belakangan, CGV Blitz mengganti nama menjadi CGV saja .

Bioskop CGV Kelas Velvet via cgv.id

Perubahan nama membuat jaringan bioskop ini semakin dikenal apalagi berkat konsep yang selalu mereka tawarkan yang unik. Karena hal ini juga saya lebih sering menonton bioskop di CGV dibanding bioskop lainnya. Oh yah, CGV ini memiliki  auditorium spesial dengan fitur berbasis teknologi terkini untuk sinema, seperti 4DX, Sphere X, Sky Gallery, Gold Class, Sweetbox, dan  Self Ticketing Machine

3. Cinemaxx

 

Suasana Ruang Bioskop via cinemaxxtheater.com

Cinemaxx bisa dibilang sebagai bioskop baru dengan perkembangan yang cukup cepat. Saya menduga kedepan, bioskop ini akan jadi pesaing kuat  Cinema 21 dan CGV. Betapa tidak, jaringan bioskop ini ada dibawah Lippo Group. Beberapa mall yang dimiliki Lippo Group tentu akan menjadi langkah mudah dalam melakukan pentrasi jaringan bioskop.

Auditorium Ultra XD via cinemaxxtheater.com

Rencannya, Cinemaxx aka hadir di 300 lokasi.  Dari 300 lokasi itu, akan hadir 2.000 layardyang tersebar di lebih dari 85 kota di Indonesia. Saat artikel ini dibuat, Cinemaxx yang sudah beroperasi di 20 Kota/Kabupaten. Di tempat tinggal saya (Bandung), Cinemaxx hadir di Istana Plaza, sebuah plaza yang memang sebelumnya tidak memiliki gedung bioskop.

4. Platinum Cineplex

 

Tempat Beli Tiket Platinum Cineplex via platinumcineplex.co.id

Raam Punjabi, pemilik perusahaan hiburan Tripar Multivision Plus ternyata memiliki jaringan bioskop sendiri bernama Platinum Cineplex. Belum banyak yang tahu tentang jaringan bioskop ini. Wajar sih, karena Platinum Cineplex baru hadir di  Baturaja, Bitung, Cibinong, Magelang, Sidoarjo, dan Solo.

Lobby Bioskop Platinum Cineplex via platinumcineplex.co.id

Meski baru hadir di enam kota, Platinum Cineplex bisa berkembang kedepannnya. Apalagi jaringan bioskop ini ternyata sudah hadir di negara Asia Tenggara lain, yakni Indonesia, Timor Leste, Kamboja, dan Vietnam.

5. New Star Cineplex

 

Tampak Muka Ruang Masuk Bioskop NSC via nsc8.com

New Star Cineplex (NSC) tidak sebesar empat nama sebelumnya. Tapi jangan salah, New Star Cineplex ini ternyata sudah hadir di beberapa kota di Jawa, yakni Sidoarjo, Kudus, Pasuruan, Jember, Madiun, Banyuwangi, dan Bojonegoro.

Saya belum tahu sih informarsi lengkap tentang kepemilikian bioskop ini. Yang jelas, sama seperti 4 bioskop sebelumnya, jaringan bioskop ini juga sering menampilkan film terbaru, baik Indonesia maupun film impor. Oh yah, jaringan bioskop ini juga sudah mendukung kualitas suara Dolby Surround 7.1 lho.

Selain kelima jaringan bioskop tersebut, masih ada bioskop indie lainnya yang rerata hadir hanya di satu kota.  Sebut saja bioskop Borobudur Cineplex (Pekalongan), Golden Theater (Kediri & Tulung Agung), Rajawali Cinema (Purwokerto), Denpasar Cineplex (Bali), Hollywood Cinema (Kendari), dan Holiday88 & Studio88 (Pekanbaru).

Bioskop-bioskop indie tersebut katanya semakin populer dan tidak kalah dengan jaringan bioskop besar di Indonesia, semisal sudah menggunakan format digital, yang memang format umum dan modern yang banyak digunakan di bioskop tanah air.

Sumber tulisan via Kaskus

.

Follow Me

hilmangraha

Blogger, Editor, Techno Journalist, Social Media Enthusiast,
hilmangraha
Follow Me
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • 4⃣ Tips For Better Product Photos On Instagram 📸
.
Guys, if you sell your PRODUCT ONLINE, having high quality product photos is incredibly important
.
The quality of your product photos directly affects the perceived quality of your products 🎁
.
Here are a few TIPS will help you capture better product photos for Instagram
.
1⃣ Lighting is Everything
.
Lighting is the most important thing when it comes to your product photos 🌞
.
Start by finding the best natural light in your space. When you’re at home or in an office, the best natural is usually by the window or door
.
2⃣ Background Basics
.
If you need a seamless background for any sort of vertical product shots where you don’t want to see the wall in the background, seamless photo backdrop paper is the best option
.
You can find a range of sizes and color options to fit your brand but if you really want your products to stand out we recommend using a neutral white or gray background for basic product photos 🤓
.
3⃣ Styled and Lifestyle Combinations
.
Having a combination of the two types of photos can be ideal for product based businesses
.
Lifestyle photos can be more relatable for your audience because when people see other people using / wearing products, they can envision the product in their own lives 😍
.
On the other hand, styled photos can be a more focused and clean way of showcasing a product so that the focus is really on the product’s features
.
4⃣ Consistent Style
.
Using consistent lighting, consistent editing, and consistent colors, and consistent props will help you create a consistent style that makes your brand more memorable. Consistency breeds credibility 💕💕
.
Credit: elledrouin.com
.
💌 For BUSINESS INQUIRIES, please email to mitrabranding@indoblognet.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top