Indo Blog Net

Gadget

5 Tips Mengatur Penggunaan Gadget Pada Anak Agar Tak Kecanduan

Penggunaan Gadget Pada Anak

Kemajuan teknologi yang berkembang dengan pesat membuat manusia menjadi sangat akrab dengan gadget dalam kehidupan sehari-harinya. Saat ini bahkan anak-anak kecil pun banyak yang sudah pandai menggunakan gadget. Umumnya anak-anak menggunakan gadget untuk bermain game atau menonton video.

Penggunaan Gadget Pada Anak

Sebenarnya amankah anak-anak yang masih usia dini menggunakan gadget? Apa saja dampak negatifnya dan bagaimana tips mengatur penggunaan gadget pada anak? Simak terus untuk tau jawabannya!

Usia Berapa Anak Boleh Menggunakan Gadget?

Penggunaan gadget pada anak sebenarnya bukan hal yang dilarang, sebagaimana dinyatakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, bahwa anak-anak berhak menggunakan gadget. Meski demikian penggunaannya perlu diatur oleh orangtua, salah satunya dengan memberikan gadget di usia yang tepat.

Sebaiknya anak baru boleh menggunakan gadget saat usianya menginjak 12 atau 13 tahun, sebab pada usia ini anak sudah cukup memiliki nalar untuk mempertimbangkan mana yang baik dan buruk untuk dirinya.

Baca juga: Cara Bijak Mendidik Anak Zaman Now

Hal ini ternyata tak jauh berbeda dengan aturan yang ditetapkan oleh Bill Gates, salah satu orang terkaya di dunia yang merupakan pakar teknologi sekaligus pencipta Microsoft. Bill Gates baru memberikan smartphone untuk ketiga anaknya saat usia mereka telah menginjak 14 tahun.

Menurutnya, di usia ini anak sudah lebih baik dalam memahami mana konten positif dan negatif yang terdapat di dunia maya. 

Penggunaan gadget pada anak bisa mengakibatkan kecanduan dan anak menjadi sulit fokus dalam belajar. Ini dibuktikan melalui sebuah polling yang dilakukan oleh Common Sense Media terhadap 1.240 orangtua dan anak. Dalam polling tersebut 50 persen anak mengaku telah kecanduan gadget, dan 66 persen orangtua menganggap anak mereka berlebihan dalam menggunakan gadget.

Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak 

Meski penggunaan gadget memberikan banyak manfaat, namun tak bisa dipungkiri penggunaan gadget pada anak seringkali lebih banyak memberikan dampak negatif daripada positifnya. Berikut beberapa dampak negatif dari penggunaan gadget pada anak:

  • Kecanduan  

Penggunaan gadget pada anak yang tidak dikontrol oleh orangtua dapat menyebabkan kecanduan. Penggunaan gadget yang berlebihan memiliki dampak negatif sama halnya dengan obat-obatan terlarang. Agus Syafii, Konsultan keluarga dan juga owner Rumah Amalia Ciledug mengatakan bahwa pemicu anak kecanduan gadget adalah orangtuanya sendiri.

Ini disebabkan orangtua yang terlalu sibuk dengan gadget termasuk saat sedang bersama anak, dan juga membebaskan anak menggunakan gadget seharian tanpa ada kontrol (batasan). Sehingga gadget digunakan secara berlebihan, serta tidak adanya filter konten yang ditonton anak. 

  • Menghambat Perkembangan Anak      

Otak sedang berkembang pada masa kanak-kanak, dan berlangsung hingga usia 21 tahun. Penggunaan gadget yang berlebihan saat otak anak sedang berkembang bisa mengakibatkan keterlambatan kognitif.

Selain itu, penggunaan gadget yang berlebihan pada anak juga membuat anak-anak menjadi malas (kurang) bergerak. Akibatnya perkembangan fisik, psikologi, serta kecerdasan anak jadi terhambat. 

  • Mengganggu Konsentrasi Belajar  

Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak ternyata memengaruhi daya konsentrasi belajar mereka. Sebagaimana dikatakan oleh Robertus Budi Setiono, Direktur Sekolah Global Sevilla, bahwa daya konsentrasi anak-anak zaman sekarang hanya sekitar 10 menit saja. Padahal anak-anak zaman dulu (sebelum adanya gadget) mampu berkonsentrasi hingga 30 menit. 

Menurunnya konsentrasi belajar anak juga disebabkan karena anak mengalami gangguan tidur yang dipicu oleh penggunaan gadget yang berlebihan, terutama di malam hari menjelang waktu tidur. Anak-anak membutuhkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas agar otaknya bisa berfungsi dengan baik saat belajar. 

  • Kurangnya Kemampuan Bersosialisasi   

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di California, penggunaan gadget pada anak dapat mengurangi kemampuan mereka dalam bersosialisasi. Sebab anak yang terlalu banyak menggunakan gadget akan kesulitan membaca emosi orang yang ada di hadapannya (kurangnya kepekaan sosial). Sedangkan anak-anak yang tidak menggunakan gadget justru lebih baik dalam membaca emosi orang lain. 

  • Terpapar Radiasi    

Handphone maupun tablet memancarkan frekuensi sekitar 800 hingga 2540 MHz. Radiasi yang dipancarkan gadget dapat mempengaruhi kesehatan, seperti menyebabkan susah tidur, mengalami gangguan penglihatan, hingga meningkatkan risiko kanker. Berdasarkan sebuah penelitian, orang dewasa akan menyerap radiasi tersebut sebanyak 25%, anak usia 10 tahun sebanyak 50%, dan anak usia 5 tahun menyerap sebanyak 75%. 

Baca juga: 3 Tips Mendidik Anak yang Memberi Pengaruh Besar dalam Keluarga

Tips Mengatur Penggunaan Gadget Pada Anak Agar Tidak Kecanduan

Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak dapat mengakibatkan anak menjadi kecanduan. Tentunya kecanduan gadget akan membahayakan kesehatan anak dalam jangka panjang. Maka sebelum anak mendapatkan dampak negatif akibat dari kecanduan gadget, orangtua perlu mengetahui bagaimana mengatur penggunaan gadget pada anak. Mari simak tips-tips berikut ini!

1. Berikan contoh yang baik

Anak-anak akan belajar dari apa yang ia lihat dari lingkungan sekitarnya, khususnya orangtuanya. Jika mereka melihat orangtuanya terus menerus menggunakan gadget, termasuk saat sedang bersama anak-anak, akhirnya anakpun akan mengikuti kebiasaan tersebut.

Berikan contoh pada anak bagaimana cara bijak menggunakan gadget. Saat kita membatasi anak untuk menggunakan gadget sebaiknya kitapun membatasi penggunaan gadget terutama saat sedang bersama mereka. 

2. Batasi penggunaan gadget

Batasi penggunaan gadget pada anak dengan memberinya jadwal penggunaan gadget. Buat jadwal kapan mereka boleh menggunakan gadget. Misalnya, penggunaan gadget hanya satu jam perhari setelah selesai belajar dan mengerjakan tugas sekolahnya.

Di luar waktu tersebut orangtua harus disiplin dan tegas untuk tidak memberikan gadget pada anak, sehingga anak-anak terbiasa dengan jadwal yang sudah ditetapkan. 

3. Berikan pemahaman mengenai gadget

Berikan pemahaman pada anak mengapa penggunaan gadget perlu dibatasi. Berikan penjelasan pada mereka mengenai dampak negatif dari penggunaan gadget yang berlebihan terhadap tumbuh kembang serta kesehatan mereka dalam jangka panjang. Adanya batasan mengenai penggunaan gadget yang ditetapkan orangtua semata-mata untuk kebaikan mereka.

4. Perbanyak aktivitas bebas gadget

Tingkatkan aktivitas anak yang membuatnya aktif bergerak tanpa tergantung dengan gadget. Berikan mereka mainan-mainan edukatif atau buku yang bisa mengasah kecerdasannya. Ajak anak beraktivitas di luar rumah, misalnya dengan mengikutsertakannya pada les menari, menyanyi, atau menggambar sesuai dengan bakat dan kemauan mereka.

Selain itu sesekali biarkan mereka asyik bermain di luar rumah bersama teman-temannya, atau saat weekend ajaklah mereka mengenal alam semesta, menikmati pemandangan alam, atau wisata outbond.

5. Luangkan waktu bersama anak

Salah satu alasan yang membuat anak-anak berlebihan menggunakan gadget adalah kurangnya waktu anak bersama orangtuanya. Jadi, usahakan untuk banyak meluangkan waktu bersama anak (khususnya ibu) agar mereka tidak merasa kesepian maupun kurang kasih sayang.

Baca juga: Jadi Orangtua Asyik di Zaman Now

Yuk Moms, atur penggunaan gadget pada anak agar mereka bisa tumbuh lebih baik dan sehat serta terhindar dari dampak negatif yang disebabkan oleh gadget.

See me on

Arifah Abdul Majid

[Content Writer] - [Work at home mom] - [Natural lover]

Contact me at: [email protected]
Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top