Parenting

Mengatasi Sikap Saling Cemburu Antara Kakak dan Adik

Mengatasi Cemburu Antara Kakak dan Adik

Anak terkadang memiliki rasa cemburu pada saudaranya yang lain. Ada banyak yang menyebabkannya, sebagai orang tua kita juga harus tahu cara mengatasinya.

Bagikan Jika Bermanfaat

 

Rasa cemburu bisa dimiliki oleh semua orang, termasuk anak-anak. Ketika cemburu hadir, anak seolah merasa bahwa sesuatu yang didapatkannya tidak cukup jika dibandingkan milik saudaranya. Terkadang anak akan cemburu ketika orang tua menurutnya lebih memberikan kasih sayang kepada sang kakak atau lebih condong bercengkerama dengan si adik.

Mengatasi Cemburu Antara Kakak dan Adik

Salah satu anak pasti merasa iri karena merasa kurang mendapat cinta, kasih sayang, dan perhatian dari orang tua. Apabila perasaan yang kurang baik ini tumbuh hingga anak dewasa, dampaknya rasa cemburu sang anak akan menjalar. Tak hanya pada saudaranya saja melainkan kepada orang-orang di sekitarnya.

Perasaan cemburu yang terus menerus juga memicu timbulnya perselisihan dan perkelahian antar saudara. Tidak akan terbangun keselarasan dan kekompakan antara si kakak dan adik. Orang yang pencemburu pun cenderung selalu curiga terhadap semua hal. Lantas bagaimana mengatasinya, ya? Berikut ulasannya.

Kenali Penyebab Rasa Cemburu

Teladan orang tua

Sikap cemburu bisa saja diajarkan dari keluarga. Anak merasa tidak puas dengan apa yang ia miliki, selalu iri melihat barang milik orang lain yang menurut anak lebih bagus. Tak ada kebanggaan terhadap kondisinya di kala itu. Berbahaya jika sikap ini tertanam hingga anak-anak dewasa. Akan selalu timbul cekcok dan mungkin juga bisa diturunkan ke generasi di bawah anak nantinya.

Anak merasa haknya dilanggar

Saat anak merasa ada yang melanggar haknya atau apa yang seharusnya ia dapatkan namun tak diberikan, maka akan tumbuh rasa cemburu dalam diri anak kepada siapapun yang ia anggap mengambil haknya.

Orag tua yang berlaku tak adil

Dalam suatu kasus misalnya. Tatkala orang tua membeli makanan lantas memberikan kepada salah satu anaknya dengan sembunyi-sembunyi. Apa kira-kira reaksi anak lainnya ketika tahu hal tersebut? Ya, mereka akan cemburu berat dan iri. Mungkin juga merasa orang tua bersikap tidak adil terhadapnya.

Akibat Rasa Cemburu

  1. Muncul kecurigaan antar kakak beradik;
  2. Saling berbohong dan berprasangka buruk;
  3. Tali persaudaraan putus;
  4. Memancing kemarahan satu sama lain.

Mengatasi Saling Cemburu antara Kakak dan Adik

Tumbuhkan kepercayaan diri anak

Rasa cemburu yang muncul dalam diri anak akan membuat anak merasa tidak disayangi lagi oleh orang tuanya. Akibatnya rasa percaya diri sang anak terhadap Ayah dan Ibu pun tak lagi ada. Karena itulah orang tua perlu menumbuhkan kembali percaya diri anak yang hilang. Katakan pada mereka bahwa semua anak sama-sama disayangi.

Tidak ada istilah anak emas atau anak kesayangan. Hindari membandingkan seorang anak dengan anak lain atau saudaranya sendiri. Sikap membandingkan justru melunturkan kepercayaan diri anak. Nah, apabila sikap percaya diri sang anak sudah kembali, maka apapun yang mereka dengar atau hadapi, tidak akan membuat anak cemburu. Keyakinan dan percaya diri dalam dirinya membuat mereka yakin bahwa orang tua akan selalu menyayanginya.

Tumbuhkan rasa bangga dalam diri buah hati

Terkadang kakak suka cemburu melihat adiknya seolah lebih banyak bermain dengan Ibu atau Ayah. Mereka seolah lebih banyak menghabiskan waktu bersama. Ini membuat kakak merasa kesal bahkan mungkin ada sesal di hatinya memiliki seorang adik.

Jika sudah begini, orang tua harus dapat memberikan pengertian pada si kecil (kakak) bahwa stastus anak sebagai kakak sangatlah penting. Kakak memiliki tanggung jawab yang besar untuk selalu melindungi sang adik. Buatlah anak bangga terhadap statusnya di dalam keluarga (sebagai kakak atau adik).

vandraichi

Ibu dari putri cantik bernama Raisya, suka nulis cerpen anak dan ngeblog.
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • @Regran_ed from @greenpramukasquarejakarta -  GET READY FOR THIS!

INSTAGRAM PHOTO CONTEST📣📣📣 Hi GP Squad, bertepatan dengan hari jadi Green Pramuka Square yang ke-2 pada 22 Desember 2018 mendatang kita akan bagi-bagi hadiah. Salah satunya lewat "Amazing Photo Contest" yang akan dibagi menjadi 2 kategori: Selfie/Wefie dan Food Photography. Periode lomba 23 November - 15 Desember 2018.

Mau tahu mekanismenya seperti apa, simak di bawah ini: 
1. Untuk kategori selfie/wefie, kamu bisa memanfaatkan area atau spot GPS. Boleh saat sedang berbelanja, makan atau nonton
2. Untung kategori Food Photography, kamu bisa memanfaatkan tenant restoran di GPS. Dan jangan lupa harus diberi keterangan atau hastag nama menu makanan dan restorannya, ya!
3. Follow akun socmed GPS (FB, Twitter dan IG) @greenpramukasquarejakarta
4. Upload foto kamu dengan mention ke IG kita, dan ajak 5 orang teman kamu buat ikutan
5. Biar keikutsertaan kamu makin afdol, jangan lupa kasih hastag #greenpramukasquarejakarta #2thnGreenPramukaSquare dan #amazinggreenpramukasquare
6. Akan dipilih 3 orang pemenang dengan foto dan caption menarik dengan hadiah sebagai berikut:
Juara 1 Rp 1.000.000
Juara 2 Rp  750.000 
Juara 3 Rp  500.000

Dan dari semua hadiah yang menanti, akan ada Grand Prize berupa Smartphone XIAOMI REDMI 6 dan 5 buah bingkisan menarik untuk hadiah hiburan. Yakin nggak mau ikutan? Kita tunggu foto-foto ciamik kalian, GP Squad.

Swipe left, for more info!

#amazingphotocontest #selfiecontest #wefiecontest #foodphotography #2thngreenpramukasquare #2ndanniversary #greenpramukasquare #greenpramukasquarejakarta - #regrann

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top