Indo Blog Net

kesehatan

Mengatasi Demam Pada Anak Gak Perlu Obat, Kok!

Mengatasi Demam Pada Anak Gak Perlu Obat, Kok!

Orang tua pasti khawatir ketika anaknya demam. Tapi ternyata demam bisa disembuhkan tanpa obat. Begini penjelasannya.

Bagikan Jika Bermanfaat

Memiliki anak yang sehat dan selalu ceria pastinya merupakan dambaan setiap ibu, ya. Termasuk saya 🙂 Tapiii, ada kalanya anak jadi kehilangan keceriaannya, gak bisa beraktivitas dan bermain seperti biasanya, huhu.. Biasanya ini terjadi saat anak sedang demam.

Kalau anak saya lagi demam, dia jadi manjaaa dan males ngapa-ngapain. Makan gak nafsu, main gak mau, pengennya cuma tiduran aja. Duh, kalau udah kayak gitu saya juga jadi ikutan gak nyaman dan gak tenang. Adakah Mommies yang juga mengalami hal yang sama?

Nah, maka dari itu di postingan ini saya akan bahas mengenai demam. Yuuuk, mari kita kupas tuntas mengenai demam, hingga bagaimana cara mengatasi demam pada anak. Cekidot, ahhh!

Demam Pada Anak

Tau gak sih, kalau demam itu sebenarnya bukan penyakit lho, melainkan proses mekanisme tubuh ketika melawan suatu penyakit. Demam ini bisa dianggap sebagai sinyal tubuh yang sedang melakukan perlawanan terhadap suatu gangguan (penyakit). Semacam sistem kekebalan tubuh.

Demam ditandai dengan adanya kenaikan suhu tubuh. Saat tubuh anak terasa panas, cobalah cek suhu tubuhnya menggunakan termometer. Anak dianggap demam apabila suhu tubuhnya berada di atas normal, yaitu melebihi 38 derajat celcius.

Penyebab Demam Pada Anak

Nah, setelah kita tau bahwa demam itu sebenarnya bukanlah penyakit, sekarang kita perlu tau nih hal apa aja sih yang menjadi penyebab demam pada anak. Dengan mengetahui penyebabnya, kita jadi lebih tau bagaimana cara mengatasi demam pada anak.

1.  Infeksi virus  

Infeksi virus merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Umumnya infeksi virus seperti batuk, pilek, flu, atau diare tanpa darah. Ciri demam yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya demam tinggi terjadi pada 1-2 hari pertama, kemudian menurun di hari ke 3-4.

Dengan penanganan yang tepat, demam yang disebabkan oleh virus sebenarnya bisa disembuhkan tanpa harus dibawa ke dokter ataupun diberi obat-obatan kimia serta antibiotik.

2.  Infeksi bakteri   

Demam pada anak yang disebabkan oleh infeksi bakteri terhitung jauh lebih sedikit (jarang terjadi) dibanding dengan demam yang disebabkan oleh virus. Ciri dari demam yang disebabkan oleh bakteri yaitu: pada hari ke 1-2 demam tidak terlalu tinggi, tetapi pada hari ke 3-5 demam semakin tinggi.

Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, misalnya: infeksi saluran kencing (ISK), tifus, bronkitis, pneumonia atau meningitis. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri sebaiknya harus dikonsultasikan ke dokter, karena diperlukan penanganan yang lebih intensif.

3.  Reaksi setelah imunisasi

Selain infeksi virus dan bakteri, ada juga nih demam yang muncul setelah anak imunisasi. Karena ada beberapa jenis vaksin yang bisa menimbulkan demam sebagai efek sampingnya, seperti vaksin Campak dan DPT.

Tapiii, kita gak perlu terlalu khawatir kok saat anak demam setelah imunisasi, karena hal ini bisa dibilang reaksi yang umum terjadi pada anak. Kecuali jika demam tidak kunjung turun setelah beberapa hari, segeralah bawa ke dokter.

Cara Mengatasi Demam Pada Anak Secara Alami

Setelah kita tau apa aja penyebab demam, sekarang yuk kita bahas mengenai cara mengatasi demam pada anak, tentunya dengan cara yang alami, yaaa. Karena ini yang saya berusaha terapkan dalam kehidupan saya. Sebisa mungkin saya berusaha hindari obat-obatan kimia, dan memilih cara-cara alami untuk kesehatan.

Sejak anak saya lahir hingga saat ini usianya sudah hampir 8 tahun, saya terbilang sangat sangat jarang memberi obat penurun panas saat ia demam. Lalu apa yang saya lakukan saat anak demam?

1.  Kompres air hangat

Kalau zaman saya kecil dulu, kompres air dingin jadi salah satu cara yang dipercaya bisa mengatasi demam. Padahal yang lebih tepat adalah dengan kompres air hangat, lho.

Pembuluh darah akan melebar saat dikompres air hangat, sehingga memicu keluarnya keringat dan mempermudah pengeluaran panas dari tubuh. Inilah yang kemudian membuat suhu tubuh akan menurun secara alami.

Caranya: rendam sapu tangan handuk/waslap ke dalam mangkuk berisi air hangat, peras sapu tangan, dan tempelkan ke bagian dahi.  

2. Minum Madu

Masya Allah, siapa coba yang gak kenal dengan khasiat dari madu 🙂 Saya percaya bahwa madu memiliki khasiat untuk kesehatan. Sebagaimana disebutkan dalam salah satu ayat Al-Qur’an, tepatnya di Surat An-Nahl ayat 69 bahwa di dalam madu terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.

Madu mengandung zat antibiotik, berbagai mineral dan vitamin yang baik bagi tubuh. Jadi, saat tubuh sedang tidak fit, insya Allah madu bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat kesembuhan.

Kalau anak saya sedang demam, saya berikan madu alami sebanyak 1-3 sendok makan perhari. Biasanya saya campur dengan setengah gelas air.

3. Pijat dengan essential oils

Essential oils yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi demam, misalnya: peppermint oil, lemon oil, dan lavender oil. Kalau saya lebih suka essential oils yang udah diblend dalam satu botol sih, lebih praktis dan ekonomis, hehe.. Cara pakainya, cukup dioleskan ke bagian punggung, perut, dada, serta telapak kaki.

4. Perbanyak istirahat

Istirahat saat sakit itu penting banget, lho. Banyak istirahat bisa membantu memulihkan kondisi tubuh yang sakit. Begitupun saat anak sedang demam, istirahat bisa membantu menurunkan suhu tubuh kembali normal.

Kalau anak susah untuk tidur, ajaklah ia berbaring sambil kita membacakan buku cerita untuknya atau memutar musik yang lembut agar ia tenang.

5. Balurkan Minyak Kutus-kutus

Selain keempat cara di atas, saya juga gak lupa untuk pakai Minyak Kutus-kutus untuk mempercepat kesembuhan. Sebelumnya saya juga pernah ulas secara lengkap mengenai minyak ajaib ini di artikel tentang Manfaat Minyak Kutus-kutus Bisa Mempercepat Kesembuhan? Itu Fakta!

Mengatasi Demam Pada Anak Gak Perlu Obat, Kok!

Berdasarkan pengalaman saya selama setengah tahun biasa menggunakan Minyak Kutus-kutus, minyak ini bisa membantu mempercepat proses penyembuhan saat sakit, lho. Alhamdulillaah.

Minyak Kutus-kutus terbuat dari 69 jenis tanaman yang terdiri dari 5 unsur pohon kehidupan (daun, batang, akar, bunga dan buah), Daun Ashitaba, Daun Neem, temulawak, pule, gaharu, purwoceng, bunga lawang serta sejumlah minyak esensial seperti minyak zaitun, minyak gaharu, minyak cendana, dan lain-lain.

Cara pemakaian Minyak Kutus Kutus:

1.  Sebelum Minyak Kutus-kutus dibalurkan ke tubuh, awali dengan minum segelas air hangat. Air hangat merupakan katalisator yang mempercepat reaksi kerja Minyak Kutus Kutus.

Minyak kutus kutus berfungsi sebagai exoderm, sedangkan pori-pori atau kulit berfungsi sebagai endoderm, yang ketika bertemu akan mengalami proses detoksifikasi di dalam tubuh dan dikeluarkan melalui keringat serta urine. Proses inilah yang kemudian bisa mempercepat metobolisme tubuh dan membuat aliran darah menjadi lancar.

2.  Balurkan Minyak Kutus Kutus di sejumlah titik saraf pada telapak kaki dan sela-sela jari kaki.

3.  Balurkan di tulang punggung dari tulang ekor ke atas sampai tengkuk.

4.  Balur pada kedua daun telinga luar dan dalam.

5.  Kemudian balur pada bagian tubuh yang sakit atau bermasalah.

6.  Setelah pembaluran, istirahat selama 20 hingga 30 menit. Untuk memberikan  kesempatan agar minyak dapat meresap sampai ke syaraf melalui pori-pori.

7.  Setelah itu, minum segelas air hangat kembali untuk menyempurnakan proses pembaluran.

Cara diatas merupakan proses yang paling lengkap dari penggunaan Minyak Kutus-kutus untuk memperoleh hasil maksimal dalam mempercepat penyembuhan.

Mengatasi Demam Pada Anak Gak Perlu Obat, Kok!

Dan jangan lupa untuk menyertakan doa (paling penting ini, ya!) dalam setiap usaha yang kita lakukan untuk sembuh. Hanya Allah Yang Maha Menyembuhkan.

Okay, itulah beberapa cara alami yang saya lakukan untuk mengatasi demam pada anak. Yuk, beralih ke pengobatan alami yang tanpa menggunakan bahan-bahan kimia. Insya Allah lebih aman dan lebih baik bagi tubuh kita.

Gimana, apa kalian punya cara-cara alami lainnya untuk mengatasi demam pada anak? Boleh share pengalaman kalian di kolom komentar, yaaa 🙂

See me on

Arifah Abdul Majid

[Content Writer] - [Work at home mom] - [Natural lover]

Contact me at: [email protected]
Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Sebuah karya yang luar biasa kreatif dibuat karena cintanya yang kuat pada Indonesia.

Semoga karya Kak @ekagustiwana ini benar-benar bisa membawa energi kedamaian bagi bangsa ini.

Baik Pak Jokowi - Amin dan Pak Prabowo - Sandi adalah orang-orang yang hebat, berani maju untuk membangun Indonesia.

Jangan biarkan mereka beradu dan rakyat Indonesia berpecah belah karena adu domba mereka yang tak ingin melihat Indonesia maju.

Mari selamatkan generasi yang akan datang dari mentalitas pecundang yang suka dan senang membuat perpecahan.

Percayalah tak ada keberkahan dan kemajuan, jika bangsa ini dibangun dari kebencian dan dendam.

Salam damai untuk Indonesia terus berjaya ❤

#Indonesiadamai #Indonesiajaya #Indonesiabersatu #pemiludamai

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top