Menulis Yuk

5 Alasan Mengapa Kalian Perlu Menulis

 

Tentu kalian masih ingat bagaimana sebuah catatan tertulis menandai perubahan era dari prasejarah ke masa sejarah. Demikian pula bagaimana sebuah surat-menyurat antara Kartini dan temannya membawa perubahan pada status sosial perempuan di Indonesia. Meskipun mungkin imbasnya tidak sebesar hingga mengubah sejarah, Kalian perlu untuk membiasakan diri menulis oleh karena hal-hal berikut:

Menulis itu Bisa Menyebarkan Pengetahuan dan Hasil Penelitian

Ada banyak orang pintar di Indonesia. Namun ternyata tidak banyak buku-buku teks untuk kalangan mahasiswa yang beredar di Indonesia, baik yang menjabarkan sebuah teori ataupun yang berisikan studi kasus dan pengalaman akan sebuah permasalahan. Jumlah artikel maupun jurnal ilmiah  di Indonesia juga masih kalah dengan negara lainnya, termasuk dengan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand. Menurut data dari Scopus, Indonesia pada tahun 2016 berada pada posisi ke-57 berdasarkan jumlah publikasi karya, dimana total karya ilmiah yang diterbitkan jurnal internasional sebanyak 32.355 jurnal. Sementara peringkat pertama yang diraih Amerika Serikat telah menghasilkan 8.626.193 publikasi ilmiah. Jumlah publikasi ilmiah tidak hanya menunjukkan kualitas pendidikan di Indonesia, namun juga menjadi wadah untuk menyebarkan pengetahuan dan hasil penelitian ke masyarakat.

Menulis itu Membuat Pikiran Terus Bekerja

Ketika kalian menulis, baik membuat sebuah karya fiksi ataupun nonfiksi, maka sel-sel otak akan bekerja. Sel-sel saraf otak yang terus berlatih dan terstimulasi akan mencegah dementia atau kepikunan.  Saat kalian membuat cerita pendek dan menciptakan karakter-karakter di dalamnya, tentu kalian juga berpikir dan membayangkan seperti apakah karakter tokoh utama yang bersifat protagonis atau antagonis, demikian juga bagaimana ciri fisiknya. Hal tersebut mungkin nampak sederhana, namun bisa membuat sel otak kalian selalu aktif.

Menulis itu Melepas Emosi yang Tertahan

Saat kalian sedang marah, kecewa, sedih dan sulit mengungkapkannya, maka cara terbaik adalah menyalurkannya lewat tulisan. Baik berupa cerita pendek, novel, puisi, ataupun lirik lagu. Tak heran jika ada seorang penyanyi yang dikenal melakukan berbagai hal agar ia berada di sebuah emosi tertentu yang menginspirasinya untuk membuat lirik lagu. Tidak perlu melakukan hal seekstrem itu sih, saat kalian gembira atau sedih tentu inspirasi itu akan keluar dengan sendirinya.

Menulis itu Relaksasi

Tidak perlu obat penenang agar membuat kalian bisa merasa rileks. Cobalah untuk menulis, tentang masa kecil kalian yang menyenangkan atau sebuah imajinasi tentang sebuah pasangan yang jatuh cinta dan kehidupan yang bahagia. Tidak perlu terburu-buru dan merasa terbebani. Menulislah dengan suka cita, dengan ditemani musik ataupun saat suasana hening. Maka saat menulis tersebut pikiran kemudian menjadi rileks dan kalian akan merasa santai.

Menulis itu Bisa Membawa Rejeki

Saat ini menulis bisa menjadi hobi yang membawa rejeki. Ada banyak media yang menerima tulisan kalian dan berani membayar dengan honor lumayan. Atau kalian bisa menuliskannya di blog pribadi kalian dan menguangkannya (monetization). Belum lagi dengan banyaknya lomba penulisan artikel yang digelar oleh berbagai institusi dengan hadiah menggiurkan, baik berupa uang hingga mobil. Sembari berlatih menulis, kesempatan mendapatkan honor lumayan atau penghargaan pun bisa didapat asal kalian mau bekerja keras dan pantang menyerah. Profesi menulis ini juga bukan sebatas menulis artikel di blog, Kalian juga bisa menjadi copy writing dan penulis skenario sebuah film baik untuk layar gelas maupun layar lebar.

Jadi tetap bersemangatlah menulis dan raih berbagai manfaatnya!

 

 

Image source: pixabay.com

Editor: Indoblognet

Puspa

Saya suka membaca dan menulis apa saja.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Cara termudah untuk menghasilkan konten visual yang bagus adalah: buat konten yang memiliki keterikatan dengan audiens, mengandung unsur emosional, dan juga orisinal .
.
.
DOUBLE TAP IF YOU AGREE
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #trendingpost #popularpost #viralpost #content #brandingcontent

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top