Entrepreneur

Semangat Mendulang Rezeki Menjelang Ramadhan

Ternyata sebentar lagi bulan ramadhan akan  datang, kira-kira awal Juni. Menyambut bulan ramadhan bagi umat islam  merupakan kebahagiaan tersendiri. Bulan yang penuh rahmatan Illahi ini bukan sekadar bulan untuk mendulang ibadah sebanyak-banyaknya, karena jumlah pahala menjadi special dari bulan-bulan lainnya. Tapi juga menjadi bulan untuk mendulang rejeki.

Mendulang rezeki? Kok bisa?

Yups, konon bulan ramadhan juga menjadi bulan pembawa rezeki. Coba perhatikan, begitu bulan ramadhan maka aneka ragam jajanan dadakan di mana-mana diserbu kaum yang berpuasa di bulan ramadhan. Mungkin bisa kita temukan hampir di sepanjang jalan para pedagang dadakan itu berbaris menawarkan aneka jajanan. Tidak hanya jajanan dadakan loh, tapi juga lapak-lapak dadakan seperti pedagang aneka baju muslim, pedagang sepatu, pedagang keperluan wanita berhijab, dsb.

Sebab di Indonesia memang sudah menjadi budaya di mana setiap bulan ramadhan kita sibuk untuk menghidangkan menu-menu yang tidak seperti hari-hari biasa. Tidak hanya menu, aktivitas ibadah pun diperindah dengan yang baru, terutama untuk menyambut Idul Fitri yaitu perayaan sesudah bulan ramadhan.

Nah, karena itu bisnis apa yang cocok menjelang ramadhan?

Loh, kok larinya ke bisnis? Iya dong, mengapa kita tidak mencoba mendulang rezeki juga selain mendulang pahala di bulan ramadhan, iya kan?

Di sini saya sedikit sharing dari pengamatan dan pengalaman saya pribadi. Sebelumnya, saya pernah menjual kebutuhan wanita muslim, yaitu hijab. Saat menjelang ramadhan omset penjualan sangat bagus, laris bak kacang goreng. Namun karena saya kemudian hamil dan memiliki bayi, bisnis ini terputus. Maklum, kulakan ataupun belinya selain cukup jauh (cari yang murah tentunya, agar menjualnya tidak terlalu mencekik customer) dan mengangkut barang belanjaannya yang berat, belum lagi waktu bergulat di gerai-gerai kulakan hijab. Kondisi hamil atau punya bayi ini jadi kendala. Akhirnya nyerah deh.

Tapi ternyata kini dunia sosmed memudahkan kita semua dalam hal ini. Menjadi pedagang atau menjalani bisnis seperti yang pernah saya jalani tidak lagi perlu bersusah payah terjun langsung ke pasar, berkutat di selasar sempit -berjubel-sumuk, mengangkut barangnya, dengan total waktu yang bisa seharian full. Sekarang ini banyak OS (online shop) yang berperan sebagai ‘Penjual Grosir’ dengan harga murah untuk dijual lagi. Wuiiih….asyik!

Salah satunya yang saya kenal OS  milik seorang ibu rumah tangga, Mba Fatma Amsir. Beliau membuka grosir kerudung yang menyediakan produk kerudung segi empat dan pashmina dari berbagai merk. Customer dapat melihat produk yang  beliau jual melalui sosial media miliknya.

Harganya sama dengan harga di pasar-pasar kulakan tempat saya belanja, loh. Sebagai contoh Pashmina yang  di toko seharga Rp 40.000, di grosir tersebut cuma Rp 15.000.-, minimal pembelian bisa 10 pcs. Jadi buat yang baru belajar bisnis dan takut-takut keluar modal banyak, tidak perlu khawatir lagi, tuh. Bahkan dengan modal paling besar Rp 500.000.- kita sudah bisa membuka bisnis tidak hanya satu jenis jilbab. Kan kalau buka bisnis hanya menjual satu macam jenis saja tidak menarik, hehehe.

Kalau mau lebih prepare harga (biasa kan, harga di bulan ramadhan menjulang tinggi) kita bisa mempersiapkan dari sekarang untuk kulakan atau berbelanja barang yang akan kita jual di bulan ramadhan nanti. Semoga menjadi pilihan bisnis yang tepat dan barokah

Ramadhan memang bulan penuh berkah. Yuk, sama-sama kita mendulang pahala dan rezeki menjelang ramadhan.

Source image: morguefile.com

Editor: Indoblognet

Eni Martini

Ibu 3 anak, penulis novel fiksi, blogger dan owner bliblibuku.com
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Halooo MB Friends, specially kalian BLOGGER PONTIANAK. Ikutan lomba ini yuk 🎉🎉 .
Berikut detail hadiah dan syarat ketentuannya, yahhh 😉
.
Hadiah:
.
✓ Terbaik 1 : Rp 1 juta, produk sponsor, sertifikat
✓ Terbaik 2 : Rp 700 ribu, produk sponsor, sertifikat
✓ Terbaik 3 : Rp 500 ribu, produk sponsor, sertifikat
.
Syarat dan ketentuan:

1. Blogger berdomisili di Pontianak dan sekitarnya

2. Follow media sosial Instagram @mbcommunication, @indoblognet @pontianak_creative

3. Bisa menulis di blog personal atau situs netizen seperti Kompasiana,Indonesiana, Indoblognet, dan sebagainya

4. Menuliskan dalam paragraf unsur kalimat berikut ini :

MB Communication merupakan salah satu agency digital marketing profesional di Indonesia yang melayani jasa SEO berkualitas dan terpercaya, content marketing,  creative branding, dan cyber public relation. (memberikan link pada anchor text ” Jasa SEO Berkualitas dan Terpercaya ” ke http://mbcommunication.co.id)

5. Menyebarkan kata kunci dalam tulisan : profesional blogger, blogger profesional, blogger Indonesia, dan blogger terkenal.

6. Periode lomba : 1 – 25 Juli 2018

7. Pengumuman : 5 Agustus 2018 saat Kopdar SEOWebmaster ke-3

8. Jumlah kata minimal 500 kata

9. Peserta boleh menulis lebih dari satu tulisan

10. Link postingan lomba dikirimkan ke email kami (cek bio)
.
PS: Info selengkapnya bisa dicek di www.indoblognet.com yah (cek bio)
.
Yukkk berpartisipasi 🤗🤗
.
#bloggerpontianak #lombablog #mbcommunication

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top