Indo Blog Net

Kuliner

Mencicipi Segarnya Sambal Matah Bali

Mencicipi Segarnya Sambal Matah Bali

Sambal matah adalah sambal khas Bali yang rasanya sangat lezat. Sambal ini bahkan disukai banyak orang dan kita bisa membuatnya sendiri. Begini caranya.

Bagikan Jika Bermanfaat

Sambal matah Bali ini baru pertama kali aku coba saat liburan keluarga ke Bali beberapa waktu lalu. Waktu itu makan ayam betutu dengan sambal matahnya. Pilihnya sih yang rasanya sedang. Aku lirik suamiku ternyata mau coba juga padahal dia paling gak suka makan bawang yang tidak digerus atau diuleg. Rasanya sih menurut aku enak, segar rasanya. Beda dengan sambal dari Jawa yang lebih kental rasa manisnya.

Sambal Khas Pulau Bali

Sambal matah ini memang khas pulau Bali. Matah itu artinya mentah. Hal ini karena sambal disajikan dalam keadaan mentah dan tanpa ditumbuk seperti sambal lainnya. Dan cabai yang digunakan adalah cabai rawit yang terkenal pedasnya. Cabai rawit merah, hijau dan cabai merah keriting. Hampir semua masakan Bali selalu didampingi dengan sambal matah.

Jadi sambal matah Bali itu sambal mentah yang di dalamnya berisi bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, terasi, garam, sereh, jeruk lemon dan minyak kelapa. Dipotong-potong dan dicampur tanpa digerus. Sambal matah ini digunakan untuk bumbu masakan seperti pada ayam goreng atau ikan goreng, juga bisa digunakan sebagai pelengkap makanan.

Ciri khas sambal matah adalah rasa pedasnya. Sambal matah selalu dibuat dalam keadaan segar sehingga tidak bisa disimpan terlalu lama. Karena akan mengeluarkan bau tak sedap dan tidak bisa dipanaskan.

Bahan-bahan mentah yang ada dalam sambal matah Bali mempunyai khasiat yang bagus buat tubuh manusia. Bahan bawang merah punya khasiat yang bagus kalau dimakan dalam keadaan mentah yaitu kandungan sulfur yang bisa mencegah kanker, menurunkan kadar koleseterol sehingga mengurangi serangan jantung, meningkatkan insulin sehingga bisa mengontrol kadar gula darah tubuh.

Bawang putih mengandung vitamin dan mineral  seperti  kalsium, potasium, vitamin C dan antioksidan. Jeruk lemon juga memberikan rasa khas pada sambal matah. Jeruk lemon ini punya kadar vitamin C yang tinggi sehingga bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh, menjaga fungsi pencernaan dan membantu detoksifikasi.

Sereh juga mengandung mineral yang bisa berguna untuk meningkatkan kolesterol sehat, detoksifikasi, anti kanker dan mencegah gangguan perut.

Resep Mudah Sambal Matah Bali

Nah, yang mau membuat sambal matah, resepnya cukup sederhana dengan bahan yang mudah didapat dan tak perlu repot untuk menguleg.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 15 buah cabai rawit merah
  • 8 buah bawang merah
  • 2 batang serai (ambil bagian dalamnya yang putih)
  • 1 sendok makan air jeruk lemon
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Daun jeruk purut secukupnya

Cara membuatnya:

  • Cuci bersih cabai, bawang, serai, dan daun jeruk purut. Iris halus semuanya, kemudian taruh dalam mangkuk.
  • Tambahkan garam, gula, dan air jeruk lemon. Aduk rata sambil ditekan-tekan.
  • Panaskan minyak. Siramkan minyak panas ke dalam campuran cabai. Aduk rata. Sambal matah  pun siap disajikan.

Nah, sambal matah ini memang mudah membuatnya dan sangat praktis. Tak perlu diuleg sehingga cepat dalam membuatnya. Siapapun bisa untuk membuatnya. Dan untuk di daerah panas sambal ini akan terasa segar karena ada jeruknya.

Sambal matah pun bisa menemani semua jenis makanan, bukan hanya ayam betutu saja. Tapi memang khasnya sambal matah ini adalah sebagai pendamping ayam betutu. Ayo cicipi sambal Matah segar dan pedas yang membuat mata menyala, hehe..

Sumber gambar: fimela.com

 

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak

Latest posts by Hastira (see all)

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top