Indo Blog Net

Kuliner

Mencicipi Kehangatan Mie Ongklok Khas Wonosobo

mencicipi kehangatan mie ongklok khas Wonosobo

Salah satu kuliner Indonesia berbahan dasar mie. Mie ongklok unik karena memang ada asal muasalnya sehingga diberi nama ongklok.

Bagikan Jika Bermanfaat

Ini merupakan salah satu kuliner Indonesia berbahan dasar mie. Mie ongklok namanya. Unik namanya karena memang ada asal muasalnya sehingga diberi nama ongklok. Mie ongklok ini mie khasnya daerah Wonosobo. Daerah yang terkenal dengan udaranya yang dingin, sehingga kuliner mie yang hangat ini cocok untuk dinikmati di sana.

Nah, disebut dengan mie ongklok karena saat dimasak mienya diongklok-ongklok. Diongklok itu caranya diaduk tapi dengan cara dilempar ke atas dengan mengunakan saringan, dan saringannya ini menggunakan  bambu (walau ada yang juga yang bukan bambu).

Mie Ongklok Khas Wonosobo

Bambunya inilah yang dikenal dengan nama ongklok. Jadi mie ongklok itu adalah mie yang ditaburi dengan potongan sayuran kubis, daun kucai, tempe, tahu dan diguyur dengan kuah kental berwarna kecoklatan.

Kuahnya yang kental ternyata dibuat dari saripati singkong, gula merah, ebi dan ditambah lagi dengan bumbu kacaang, serta bawang goreng. Tak hanya itu, Mie Ongklok ini juga dilengkapi dengan sate sapi, yang keempukannya menyatu dengan kuah mie.

Ada kisah lain tentang mie ongklok ini. Menurut cerita dari masarakat sana, mie ongklok ini berasal dari seorang pria bernama pak Muhadi. Tadinya dia bekerja di warung bakmi. Setelah tidak bekerja lagi, dia menciptakan resep secara tak sengaja.

Beberapa kali mencoba akhirnya menemukan resep yang pas untuk mie ongklok itu. Dengan melihat potensi alam di Wonosobo, seperti kucai dan daun kol yang merupakan hasil pertanian di sana, sehingga bahan pembuat mie ini terbilang sangat mudah didapat di sana.

Resep Mie Ongklok

Berikut resep sederhana untuk bisa membuat mie ongklok sendiri yang bisa kita coba di rumah.

Bahan yang dibutuhkan

• 300 gram mie basah
• 10 kucai, iris halus
• 750 ml kaldu daging
• 3 sendok makan tepung kanji
• 3 sendok makan kecap manis
• 2 sendok makan minyak untuk menumis
• Ebi secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

• 2 siung bawang putih
• ¼ sendok teh merica
• ½ sendok teh garam halus

Cara membuatnya

• Pertama panaskan minyak goreng kemudian tumis bumbu halus yang telah disiapkan tadi.
• Tunggu hingga harum kemudian masukkan kaldu daging. Tambahkan pula ebi dan tepung kanji yang sebelumnya telah dilarutkan dengan air. Aduk hingga kuah tersebut mengental lalu angkat.
• Sembari menunggu kuah mi ongklok kental, siapkan air panas untuk merebus mie dan kucai. Nah setelah air medidih kemudian masukkan mie, kol dan kucai dalam saringan lalu rebus hingga matang.
• Tuangkan rebusan mie kucai dan irisan kol ke dalam mangkuk.
• Selanjutnya siramkan kuah mie ongklok yang telah dibuat sebelumnya.
• Untuk menambah cita rasa, taburkan irisan bawang goreng dan sedikit kecap manis.
• Tambahan sate sapi pun akan menjadi lauk pelengkap yang membuat sajian ini sempurna.

Jangan ditanya lagi deh tentang gizinya, hehe. Kucai dan daun kol merupakan sumber mineral. Sedangkan tempe dan tahu sumber protein nabati yang bagus buat tubuh. Jadi bisa memenuhi gizi dan sekaligus juga mendapatkan manfaatnya.

Hmm, nikmatnya merasakan kehangatan mie ongklok.

Walau bukan dari daerah asalnya, resep ini bisa membuat rasa penasaran kalian terhadap kehangatan Mie Ongklok terselesaikan, kok. Jangan lupa ditemani minuman hangat di tengah hujan. Nikmatnyaaa..

Sumber gambar: lifestyle.sindonews.com

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak

Latest posts by Hastira (see all)

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top