Indo Blog Net

Kuliner

Mencari Tahu Tentang Sushi, Makanan Khas Jepang

sushi makanan khas jepang

Kedua anakku sangat suka dengan negara Jepang. Apapun tentang Jepang mereka suka. Dari dramanya, animenya, kulinernya, cosplaynya, dan budaya. Pokoknya semua tentang Jepang mereka suka.

Mereka suka menikmati beberapa masakan Jepang di beberapoa resto yang mereka datangi. Beberapa kali mereka juga mengajak aku dan suami menikmati makanan Jepang. Nah, saat makan sushi ini, ternyata lidahku tak bisa menikmatinya. Dan begitu juga suamiku.

Padahal makana Jepang seperti ramen aku suka, mungkin karena berbahan dasar mie seperti kalau kita bikin mie rebus, jadi lidahku masih bisa menerima. Karena itu aku ingin tahu sekali makanan apa sushi ini dan bagaiaman sejarahnya.

Makanya aku tuliskan di sini, siapa tahu ada pembaca yang sama denganku yang belum tahu tentang sushi. Walau aku kurang suka, tapi tak ada salahnya mengenal sushi makanan asal Jepang ini.

Sekilas Tentang Sushi

Sushi itu terdiri dari nasi yang dibentuk beserta lauknya. Lauknya bisa berupa makana laut, daging, sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Nasi sushi ini diberi bumbu campuran cuka beras (mizkan), garam dan gula.

Karena ada cukanya makanya rasanya agak masam. Sushi sendiri merupakan kata sifat yang artinya masam. Dulunya sushi dibuat oleh penduduk Cina pada abad ke dua sebelum masehi. Masyarakat Cina itu memang suka sekali mengawetkan makanan.

Nah saat itu memang ikan sengaja dimasukkan ke dalam beras. Tujuannya untuk rasa dan kondisi ikan.

Metode ini kemudian menyebar ke seluruh dataran Cina. Juga akhirnya menyeberang ke negara Jepang. Tapi di Jepang mengalami modifikasi.

Baca juga: Mencicipi Kehangatan Mie Ongklok Khas Wonosobo

Mulanya hanya terdiri dari beras dan ikan saja. Tapi pada abad 18 sushi diolah menggunakan cuka anggur. Akibatnya makanan bisa langsung dimakan tanpa harus menunggu lama seperti di Cina. Awal abad 19 kemudian ada perubahan besar dalam hal pengolahan sushi ini.

Caranya menyajikan potongan daging ikan diletakan di atas sepotong nasi yang berbentuk persegi panjang. Teknik ini dikenal dengan nigiri sushi. Dari tahun ke tahun akhirnya sushi ini semakin berkembang dan pengaruh barat juga mempengaruhi penyajian sushi

Manfaat Sushi Khas Jepang

Kalau makan sushi juga ada manfaat yang bisa didapat oleh tubuh kita, seperti:

  1. Memiliki kandungan asam omega 3. Sushi biasnya mengunakan ikan jenis tuna atau salmon. Ikan-ikan ini kaya sekali akan omega 3. Hal ini bisa mencegah hipertensi, menurunkan kadar kolseterol jahat. Apalagi kalau ikannya dimakan mentah, kandungan omega 3 lebih banyak.
  2. Cuka beras. Cuka bears yanga dalam nasi ini berguna sebagai antibaketri yang bisa mencegah hipertensi.
  3. Bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Bukan saja sushi tapi pendamping sushi seperti gari ada manfaatnya untuk meningkatkan ketahanan tubuh.
  4. Melancarkan pencernaan. Hal ini karena sushi biasa menggunakan kecap asin atau soyu. Dimana soya ini bermanfaat memperlancar pencernaan dan menjaga kesehatan lambung.
  5. Meningkatkan metabolisme. Nori pada sushi ini bemanfaat untuk metabolisme tubuh karena mengandung viamin dan mineral. Nori ini adalah rumput laut untuk membungkus sushi.
  6. Ada zat antibakterinya. Hal ini karena adanya wasabi sebagai bahan pembuat sushi yang digunakan untuk menambah cita rasa. Wasabi ini bisa membunuh kuman dalam tubuh dan mempunyai kadar vitamin C yang tinggi.
  7. Mencegah kanker. Kalau makan sushi pasti minuman yang mendampinginya adalah ocha. Ocha ini teh hijau khas orang Jepang. Pernah nyoba rasanya sih hambar menurutku. Ocha juga banyak mengandung antioksidan.

Ternyata manfaatnya banyak juga ya. Tapi bagaimana ya kalau rasa sushi bagiku kurang cocok di lidah. Untungnya sekarang di resto-resto yang menyediakan sushi ada juga makanan lainnya sehingga kalau anak-anak memilih menu sushi, aku akan pilih menu yang lain.

Sumber gambar: halodoc.com

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top