Blogging

Promosikan Dirimu Melalui Signature Email

Tugas seorang blogger bukan hanya menerbitkan artikel yang menarik dan bermanfaat. Masih ada tugas lanjutan yang tidak kalah penting yaitu mempromosikan blognya. Promosi dapat dilakukan secara online misalnya menebarkan artikel di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Selain itu juga mempromosikannya secara offline misalnya memasang url blog di mug, kaos, topi, pin, kartu nama, dan lain sebagainya. Benda-benda ini dapat dijadikan souvenir atau hadiah saat blogger menyelenggarakan lomba blog. Dengan cara itu maka blog akan semakin dikenal dan dikunjungi oleh pengguna internet.

Selain yang saya sebutkan di atas, blogger bisa memanfaatkan email untuk mempromosikan apa saja. Termasuk keahlian yang dimiliki atau produk dan jasa yang ingin disampaikan agar diketahui oleh penerima email. Agar apa yang dipromosikan dapat tersebar secara otomatis dan permanen, maka blogger atau siapa saja yang ingin berpromosi, perlu melakukan setting emailnya khususnya pada submenu Signature/tandatangan pada menu General.

Untuk mengubah blok tandatangan agar lebih informatif silakan mengikuti langkah berikut ini sambil memperhatikan gambar peraga.

Gambar halaman email

1. Silakan masuk akun email dengan menggunakan username dan password yang berlaku. Setelah halaman email terbuka, tekan gambar roda gigi yang terletak di sebelah kanan atas.

2. Muncul kotak kecil di bawah gambar roda gigi, tekan menu Setting. Untuk jelasnya silakan mempedomani gambar di atas.

Halaman Setting Email

3.  Setelah menu Setting ditekan maka Anda dibawa ke halaman baru berjudul Setting. Di halaman ini terdapat beberapa menu dimulai dari menu General (paling kiri) dan diakhiri dengan menu Themes (paling kanan) Silakan scroll halaman ini ke bawah sampai menemukan submenu Signature.

4. Pada submenu Signature centang bulatan yang terletak di bawah bulatan bertuliskan No Signature. Dengan mencentang bulatan ini maka kolom signature terbuka.

5. Isi kolom yang tersedia dengan data yang ingin Anda promosikan kepada penerima email.  Bisa dimulai dengan nama dan dilengkapi dengan data lain misalnya nomor HP, WA, nama dan url blog, akun media sosial, toko online. Selain itu blogger juga bisa menyebutkan produk yang ingin dipasarkan atau layanan jasa  yang  mungkin dibutuhkan oleh penerima email. Usahakan blog dan akun media sosial diberi link agar penerima bisa klik link untuk mengakses blog atau media sosial Anda.

Silakan menyimak contoh isi blok tandatangan saya yang sudah saya besarkan di bawah ini. Di kolom signature saya isi url blog dan media sosial. Buku-buku karya saya juga saya sebutkan agar penerima email mengetahui. Siapa tahu mereka tertarik dan ingin membelinya.

Isi blok signature

6. Setelah data diisi, lakukan pemeriksaan ulang apakah data sudah komplit dan tidak ada kesalahan tik dan lain-lainnya. Setelah oke jangan lupa tekan tombol Save Changes yang ada di bagian paling bawah halaman setting ini.

Selain melakukan pengisian data di blok tandatangan Anda juga bisa melakukan pengubahan menu yang lainnya. Misalnya jika Anda akan bepergian ke luar kota, luar pulau atau luar negeri bisa mengirim pesan kepada sahabat atau kerabat dengan memanfaatkan submenu Vacation responder. Isinya adalah pemberitahuan otomatis tentang kegiatan atau keberadaan Anda. Jika mereka mengirim beberapa pesan melalui email maka submenu ini akan mereply pesan setiap 4 hari sekali. Bunyi pesan dapat Anda atur sesuai selera dan keperluan. Misalnya :”Saat ini saya sedang berada di Honolulu-Hawaii. Pesan Anda akan saya tindaklanjuti segera setelah saya kembali ke Surabaya. Terima kasih”. Dengan memanfaatkan Vacation responder ini maka profesionalitas dan kredibilitas Anda terpelihara dengan baik. Selain itu bisa tercegah kekecewaan client atau konsumen yang akan membeli produk atau memanfaatkan jasa Anda.

Semoga bermanfaat.

Abdul Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi.
Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway.
Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik

Latest posts by Abdul Cholik (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, haaai smart people 😍 Asyikkk ya weekend! Have fun ya, guys 😄
.
Guys, tau gak sih kamuuu, lebih dari 3,8 milyar orang di seluruh dunia menggunakan internet, dimana jumlahnya meningkat 38 juta orang sejak Januari 2017 😁
.
Kenaikan ini menandakan bahwa penetrasi internet di seluruh dunia mencapai 51%, atau bisa dibilang orang yang pakai internet udah lebih banyak daripada orang yang nggak pakai internet, hihi.. Memang sih, tahun 2017 ini sebenarnya peningkatan jumlah pengguna internet jauh lebih lambat daripada tahun 2016 😆
.
Daaan, dari 3,8 milyar orang pengguna internet di seluruh dunia, 2,9 milyarnya aktif menggunakan media sosial, lho! Wawww 😋 Pastinya kamu termasuk di dalamnya dong, heheee
.
Sumber: youthmanual.com
.
#indoblognet #mbcommunication #internet #survey #sosialmedia #socialnetworking #weekend #saturday #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top