Ekonomi

Membidik Peluang Bisnis Kopi Fine Robusta Lampung Omset Ratusan Juta

Robusta merupakan kopi terbanyak dihasilkan dari pertanian kopi  Indonesia.  Di pasaran ekspor, Robusta  mendomininasi lebih dari 40 persen. Kebanyakan didatangkan dari negara di Asia-Pasifik dan Afrika. Indonesia masuk peringkat 5 besar produsen kopi dunia, yang  sebagian besar disumbang dari Robusta Lampung. Selama ini Robusta Lampung selain diserap untuk pasar ekspor, juga industri kopi kemasan.

Sifat robusta yang tak banyak karakter, tingkat kekentalan yang lumayan tinggi, bercita rasa pahit dan aroma yang tak sesedap Arabika, memang pada akhirnya hanya memberikan ruang bagi Robusta  digunakan sebagai blend atau umumnya di kafe-kafe digunakan sebagai campuran espresso. Dari segi harga jual juga jauh lebih rendah dari jenis kopi lainnya, yang pada akhirnya berdampak bagi kehidupan petani kopi Robusta– kurang sejahtera. Sementara di sisi lain, pasar kopi Arabika kerap tidak stabil. Dan, di sinilah Robusta dengan sejumlah keunggulannya yang tahan hama dan cuaca bisa ambil peranan untuk setidaknya menjadi alternatif pilihan.

Petani kopi di Liwa, Lampung Barat. Foto: Ferry Ardianto

Tahun 2014, sejumlah peneliti kopi di Uganda  melakukan terobosan untuk mengangkat Robusta agar  naik kelas, minimal bisa dinikmati ala specialty sebagaimana halnya jenis kopi lainnya. Tahun 2015, dibentuklah  Center Of Robusta Excellence (CORE) di Uganda. Negara di Afrika Timur ini memang dikenal sebagai penghasil kopi yang berkualitas. Dalam perjalanannya CORE didukung penuh oleh Agribusiness Initiative Trust (ABI) dan Coffee Quality Institute (CQI) yang membantu mengawasi sistem Q-Grading dan menentukan standar R-grading untuk robusta.

Hmm…perhatian pada Robusta makin serius. Gairah ini berimbas juga ke Indonesia. Sejumlah pegiat kopi mulai “berani” memperlakukan biji kopi Robusta seperti specialty Arabika. Biji kopiMereka melakukan pembinaan kepada petani bagaimana bertanam kopi yang baik, menyiapkan infrastruktur bertanam yang bagus serta proses paska panen yang demikian cermat. Biji kopi Robusta dipetik dalam kondisi merah merekah. Petani setidaknya dari total hasil panen, diharapkan bisa memilah-milah yang biji kopi yang petik merah sempurna: tidak busuk atau cacat karena serangga untuk diolah menjadi fine Robusta. Dengan begitu bisa menjadi tambahan penghasilan dari yang biasanya mereka jual.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alhasil, Alhamdulillah Fine Robusta kini telah dijajakan di sejumlah kafe di Lampung. Peluaag bisnis Fine Robusta perlahan tapi pasti mulai terbuka dan menciptakan demand tersendiri, khususnya untuk pasaran di kafe-kafe dan roastery. Tidak jarang pula, pebisnis kopi Lampung  melayani permintaan dari luar pulau. Dalam setiap pameran, Fine Robusta pun mendapatkan sambutan antusias penikmat kopi.

Didi Harry Librianto, pebisnis kopi yang juga Ketua Asosiasi Kopi Bubuk Lampung rajin mengikuti berbagai pameran di luar Lampung untuk memperkenalkan Fine Robusta.

Selebriti Chicco Jerikho dalam rangkaian promosi Filosofi Kopi 2  sempat mampir ke kafe Dr.Coffee yang terletak di Jalan Pagar Alam (Gang PU) No.44. Di sana ia mem-brewing  Fine Robusta dari Ulubelu, Tanggamus dengan metode V-60 yang lazim digunakan oleh specialty Arabika. Ia tak menyangka Robusta jenis Fine bisa senikmat specialty, dengan rasa manis yang khas.  Si Ben Chicco bersemangat mendorong fine Robusta Lampung lebih berkembang dan meluas baik di pasar domestik maupun manca negara.

 

Dan, kabar membahagiakannya lagi, menurut Ketua Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) A. Syafrudin ketika Konvensi Kopi Teh dan Cokelat Indonesia (KKTC) 2017 di La Piazza Kelapa Gading pada Kamis (18/5)  mengatakan, dalam waktu dekat, kita punya 6 kopi  fine robusta dari beberapa pulau yaitu Bengkulu, Tanggamus-Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan dari Manggarai Flores yang saat ini sedang dalam proses sertifikasi menjadi specialty robusta.

Baca juga : Fine Robusta Niche Market yang Seksi

Coffee Business Meeting, Pertemukan Buyer dan Seller Fine Robusta Lampung

Saatnya Anda penikmat kopi, pebisnis kopi, pemilik kafe atau kedai kopi, roastery atau barangkali Anda sedang mencari peluang berbisnis kopi, kami tawarkan Anda solusi : Fine Robusta. Harga jualnya lumayan bikin penjual dan petani semringah.

Coffee Business Meeting merupakan event bisnis kopi yang mempertemukan buyer dan seller di industri hilir. Program ini diinisiasikan oleh MB Communication bekerja sama dengan Asosiasi Ekspor Kopi Indonesia (AEKI). Untuk pelaksanaan di Lampung, didukung penuh oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung. “Kami sangat peduli pada petani kopi Lampung. Bicara kopi, adalah bicara bagaimana bisa menyejahterakan petani kopi. Bukan hanya menguntungkan pedagangnya saja.” ujar Wherlian Ali, Kabid Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung.

Keuntungan mengikuti Coffee Business Meeting :

Hanya investasi sebesar 3,8 juta* (luar Lampung), dan khusus Lampung 750 rb**, Anda akan memperoleh berbagai keuntungan:

1. Bisnis mapping peluang bisnis dan pasar Fine Robusta di pasar domestik maupun ekspor dari narasumber ahli dan berpengalaman, lengkap dari
– kalangan birokrasi : Gubernur Lampung, Ridho Ficardo
– Ahli robusta bersertifikat internasional, Karjo Matajat
– eksportir kopi dan produser film ‘Filosofi Kopi” dan program TV “Viva Barista” (Moeyono Soesilo/CEO Taman Delta Indonesia), Moelyono Soesilo
– serta pebisnis kafe, barista berprestasi dan bintang “Filosofi Kopi 2” dan pemilik Cafe Smith, Muhammad Aga.

2. Demo penyajian Fine Robusta dari berbagai daerah di Lampung

3. Pameran kopi Fine Robusta dan Robusta Premium dari berbagai daerah di Lampung

4. Table top buyer & seller

5. Wisata Perkebunan Kopi di AEKI Liwa

6. Sharing dengan petani kopi di Liwa (social activities)

7. Kunjungan ke Petani Kopi Luwak “Ratu luwak” dan Kelompok Tani Kopi Wanita berprestasi

8. Cupping Contest yang dinilai langsung oleh pakar kopi internasional Pranoto Soeroso.

Anda bisa mencicipi dan deal Business dengan petaninya.

Special Benefit !! Coaching fotografi produk kopi untuk promosi dan branding, spesial dari fotografer legendaris Ferry Ardianto.

Hasil foto Anda akan dipamerkan dan dibukukan..

Harga sudah termasuk : hotel di Bandar Lampung dan Liwa, transportasi lokal, makan dan snack selama acara, coaching fotografafi, dan termasuk kelebihan dari 8 point di atas (Luar Lampung). Khusus untuk dalam Lampung, tidak termasuk menginap di hotel Bandar Lampung.

Untuk penerbangan atau keberangkatan ke Lampung bisa kami bantu atur.

Daftar sekarang juga >> https://rebrand.ly/CoffeeBusinessMeeting  

DL pendaftaran : 20 Juli 2017

Contact info:
– Sari 0896-0772-7680
– Arifah 0857-2200-9785
– Debi 0813-1055-8638

Info :
https://jelajahiindonesiamu.com/coffee-business-meeting-pe…/

 

 

kartina Ika Sari

kartina Ika Sari

writerpreneur, founder MB Communication, Indoblognet.com & jelajahiindonesiamu.com
kartina Ika Sari

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Yuhuu ikutan yuk...lumayan banget nih hadiahnya ! #Repost @ifisinema (@get_repost)
・・・
Ikuti #Mygeneration Experience Quiz
Hadiah Rp.5.000.000,- untuk 1 orang Pemenang!
.
Caranya:
.
1. Repost/Regram foto di atas
2. Tag, Mention dan Follow akun instagram @IFISinema @Mygenerationfilm
3. Click link di bio akun @IFISinema
4. Ceritakan secara singkat pengalaman paling konyol kalian bersama para sahabat dalam 1 paragraf caption
5. Ajak 1 orang teman kamu untuk turut berpartisipasi dalam kuis
6. Gunakan hashtag #mygeneration #mygenerationfilm #meversustheworld #ekspresimillennial #IFISINEMA
7. Jangan Private akun IG agar postingan bisa kami nilai
8. Pemenang diumumkan pada tanggal 4 Oktober 2017 di akun instagram @IFISinema @Mygenerationfilm
.
Contoh:
Pengalaman paling konyol gue dan para sahabat adalah ngumpet di kuburan sampe maghrib gara-gara ngindarin guru yg lagi razia siswa bolos.
.
Ayo @tag1orangtemankamu ikut partisipasi di kuis ini, caranya bisa dilihat di akun instagram @IFISinema @Mygenerationfilm
.
#mygeneration #mygenerationfilm #meversustheworld #ekspresimillennial #IFISINEMA #filmindonesia #filmbioskop #teenlife #serbakuis #giveaway

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top